Comscore Tracker

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

Kamu bisa tidur gratis di Galdin Quay Hotel! Dapatkan Ultima Blade di chapter 3! dan Ascension Grid mana yang perlu diambil lebih dulu?

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

Salah satu game PlayStation 4 (dan Xbox One) yang paling ditunggu bulan Desember ini adalah Final Fantasy XV. Penantian panjang selama sepuluh tahun akhirnya terbayar sudah. Final Fantasy XV hadir dengan sangat berbeda dibandingkan para pendahulunya. Saya harus angkat topi untuk keberanian Square Enix berinovasi, menghadirkan Final Fantasy generasi baru ini.

Slogan Final Fantasy XV adalah "This is a fantasy, based on reality". Inilah Final Fantasy yang diracik untuk veteran maupun pemula. Menyambut dirilisnya game ini, saya menuliskan 25 Tips Final Fantasy XV. Ini adalah panduan awal bagi kamu yang ingin memulai game ini.

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

Tips Final Fantasy XV yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Memulai Game ini!

1. Mainkan Tutorial

Battle system Final Fantasy XV sangat berbeda dengan game-game pendahulunya. Kamu harus membiasakannya. Untuk itu mainkan dulu Tutorial di awal game ini. Tutorial ini akan mengajarkan beberapa hal basic terkait battle system, seperti cara menyerang dan menghindar/block yang cukup dengan menahan tombol (bukan klik berkali-kali), menarget lawan, mengganti senjata, mengeksploitasi kelemahan lawan, bahkan menggunakan magic dan Elemancy System juga diajarkan di sini.

2. Tidur dan Makan

Bukan hanya battle system-nya saja yang berbeda, Final Fantasy XV juga memiliki cycle leveling yang unik. Noctis dkk. mendapatkan experience point ketika mengalahkan musuh dan menyelesaikan quest, namun exp point tersebut tidak langsung ditambahkan ke karakter. Mereka harus tidur dulu agar exp point ini didistribusikan ke tiap karakter (untuk naik level).

Ada dua pilihan untuk tidur: camping dan tidur di penginapan (caravan, motel, hotel). Tidur di penginapan tentu lebih nyaman dibanding camping, oleh karena itu lebih mahal (sementara camping gratis). Kenyamanan tidur di penginapan ditukar dengan exp modifier.

Artinya jika camping, exp yang didapatkan oleh Noctis dkk adalah 1x, maka dengan tidur di penginapan, exp yang mereka peroleh bisa bervariasi, tergantung dari tingkat kenyamanan penginapan tersebut. Di Caravan, exp modifier-nya 1.3x, di Motel 1.5x, dan di Hotel bisa 2x.

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

Makan juga hal lain yang sangat esensial. Dengan makan, maka Noctis dkk. akan mendapatkan berbagai buff, seperti ATK/DEF UP, EXP UP, penangkal status buruk, mengingkatkan rate drop item, meningkatkan regenerasi, menambah kemungkinan critical, dsb. Makan ini bisa dilakukan di restoran, tentu saja dengan membayar sejumlah gil yang tidak murah.

Beruntung Noctis punya pelayan setia, Ignis, yang sangat jago memasak. Jika camping, tiap malam Ignis akan memasakkan sesuatu untuk Noctis dkk. Kemampuan memasak Ignis akan meningkat tiap kali camping, dan menu-menu yang dia masak akan lebih bervariasi seiring dengan seringnya Noctis dkk mencicipi makanan di restoran.

[read_more id="282398"]

3. Jangan Bergadang!

Seperti kebanyakan game open world lainnya, Final Fantasy XV memiliki cycle siang dan malam. Tips Final Fantasy XV kali ini terkait dengan cycle tersebut. Pada level-level awal, sebisa mungkin hindari eksplorasi saat malam hari. Pasalnya, monster-monster yang lebih kuat (Deamon) muncul di waktu malam hari. Tentu Noctis dkk akan sangat kerepotan jika harus menghadapi Iron Giant level 30 di awal-awal game. Seperti kata Bang Haji: "Bergadang, jangan bergadang, kalau tiada artinya..."

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

4. Selalu Camping di Tempat Baru

Kamu akan menemukan banyak tempat camping baru bertebaran di seluruh dunia. Begitu menemukan, segera camping. Camping di tempat baru akan memberikan 1 AP (Ability Point) yang digunakan untuk membuka skill baru di Ascension Grid. Selain itu, terkadang anggota party (Gladio, Prompto, Ignis) akan meminta sesuatu ke Noctis (quest personal, yang sangat mudah), yang jika dikerjakan akan memberikan bonus AP lebih banyak lagi (hingga 20 AP per quest).

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

5. Hunting untuk Gil, Quest untuk EXP

Sebagai seorang putera mahkota, saya heran kenapa Noctis tidak punya banyak uang! Sulit sekali untuk membeli barang/stock Potion, Elixir, dan Phoenix Down di awal-awal game. Apalagi membunuh musuh tidak memberikan uang/gil seperti dalam game-game pendahulunya. Nah, tips Final Fantasy XV kali ini terkait dengan gil dan EXP. Untuk mendapatkan gil, pergilah ke restoran dan selesaikan hunting quest. Hunting tidak hanya memberikan exp (dengan mengalahkan musuh yang sedang di-hunt), namun reward-nya berupa gil juga sangat banyak.

Nah, jika kamu butuh EXP lebih banyak, selesaikanlah quest-quest yang lain. Cari tanda tanya kuning di peta yang menandakan adanya quest baru. Memang quest-quest awal game ini cukup membosankan (mencari kodok, mengantarkan barang, mencari mineral), namun lama-kelamaan quest-quest ini akan berkembang menjadi lebih menarik. Jangan lupa untuk tidur, setidaknya di motel (300 gil) untuk mendapatkan EXP modifier 1.5x.

Lanjut ke halaman berikutnya untuk tips-tips Final Fantasy XV lainnya...

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

6. Regroup A.S.A.P

Sedini mungkin bukalah Tech Regroup milik Ignis di Ascension (Techniques Tree). Seperti yang kita tahu, item seperti Potion, Elixir, dan Phoenix Down sangat berharga (dan mahal), khususnya di awal-awal game. Regroup adalah solusi untuk mengisi HP semua karakter secara instan dalam pertarungan. Oleh karenanya Regroup ini sangat penting dan harus segera dibuka as soon as possible!

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

7. Stamina Tanpa Batas

Kamu tidak akan selalu mengendarai Regalia yang mewah atau menunggangi Chocobo. Ada kalanya kamu harus berlari. Sayangnya stamina Noctis terbatas. Sebentar lari, dia pasti sudah kecapaian. Tapi ada satu cara untuk membuat Noctis terus berlari dan staminanya terus terisi. Pertama pilih Option dan nyalakan HUD untuk Stamina Bar. Kemudian saat Noctis berlari (dengan menekan tombol L3 di PS4), kamu bisa melihat stamina Noctis turun, dan ketika hampir habis, kembali tekan L3 untuk mengisi ulang stamina-nya dan Noctis akan terus berlari.

8. Auto Crossbow & Bioblaster di Chapter 1

Selain jago fotografi, Prompto juga piawai dalam menggunakan senjata-senjata khusus yang disebut Machinary (skill Edgar dari Final Fantasy VI). Dua di antaranya, Auto Crossbow dan Bioblaster bisa diperoleh di chapter 1 game ini. Caranya, pergilah ke Praire Outpost (terletak di utara Hammerhead), terus naik ke atas menuju Keycatrich Trench. Sebelum masuk ke dalam dungeon, kamu bisa menemukan Bioblaster di atas bukit. Sementara itu, Auto Crossbow terletak di dalam dungeon. Go ahead, tidak terlalu sulit, kok!

9. Mari Berburu Cactuar

Cactuar adalah monster yang bisa memberikan EXP sangat banyak di awal-awal game (sebanyak 3.333 EXP point). Monster ini sudah bisa ditemui di awal chapter 1. Dia muncul pada pagi hari hingga sore (sangat langka) di barat laut (NW) Hammerhead (atau di utara Longwythe). Kabarnya monster ini hanya muncul sekali sehari (waktu respawn minimum 15 menit). Meski tubuhnya mungil, namun serangan Cactuar cukup sakit (damage konstan 1,000 HP). Persiapkan dirimu, jangan lupa makan dulu untuk buff ATK dan DEF.

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

[read_more id="282417"]

10. Tidur Gratis di Galdin Quay Hotel

Hotel paling mewah yang bisa kamu jumpai di awal game ini terletak di Galdin Quay. Untuk menginap di sana, Noctis harus merogoh kantong 10,000 gil! Mahal? Tentu saja! Galdin Quay Hotel memiliki EXP modifier 2x. Ini adalah sarana tercepat untuk naik level. Tapi tahukah kamu, kalau kamu bisa tidur gratis di hotel mewah ini?

Caranya, di chapter 1 bergegaslah selesaikan semua quest utama (warna merah) hingga kamu mencapai Galdin Quay Hotel. Di sana Noctis dkk akan bertemu dengan Dino, seorang jurnalis. Dino akan memberikan quest A Gentlemen’s Agreement. Sebelum kamu selesaikan quest ini, tabung EXP sebanyak mungkin. Selesaikan semua hunting dan quest tanpa tidur di manapun (untuk makan di restoran saja). Jangan lupa untuk berburu Cactuar juga sebanyak-banyaknya. Setelah cukup banyak, kembalilah ke Dino dan selesaikan quest-nya. Noctis dkk akan GRATIS tidur di Galdin Quay Hotel. 2x EXP!!

Masih banyak lho tips-tips Final Fantasy XV lainnya... Lanjut ke halaman 3!

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

11. Koleksi CD Musik

Menjelajah Eos yang indah sambil mengendarai Regalia itu menyenangkan. Tapi akan lebih menyenangkan lagi jika ditemani oleh musik-musik familiar dari game-game Final Fantasy terdahulu. Ketika sampai di kota/outpost baru, selalu kunjungi item shop. Cek apakah ada CD Final Fantasy yang belum kamu punya. Kamu bisa memainkan CD tersebut di Regalia dengan menekan tombol atas. Untuk mengganti CD, tahan tombol kiri atau kanan. Untuk ganti track, tekan tombol kiri atau kanan.

Di chapter 3, kamu bisa membeli Portable MP3 Player di toko Regalia. Jika kamu sudah membelinya, kamu bisa mendengarkan lagu-lagu kesenanganmu ini sambil bertualang. Cukup tahan tombol R2 (di PS4) untuk memunculkan menu MP3 Player. Sekarang kamu bisa hunting sambil mendengarkan 'Man with a Machine Gun'.

12. Fast Travel

Ada dua mekanisme fast travel yang perlu kamu kuasai. Pertama fast travel ketika menaiki Regalia. Ketika hendak mengunjungi suatu daerah (yang sudah pernah kamu kunjungi sebelumnya), biasanya akan muncul opsi untuk melakukan fast travel dengan membayar 10 gil. Ini murah daripada kamu harus menghabiskan waktu 7 menit dengan sia-sia. Apalagi jika malam hari, dan ada kemungkinan Deamon muncul.

Mekanisme kedua adalah ketika menjelajah normal. Jika kita tekan shortcut peta (R3 di PS4), maka ada opsi untuk fast travel ke tempat istirhat kita terakhir (bisa jadi penginapan atau tempat camping) dan fast travel ke Regalia. Mekanisme ini gratis dan bisa dieksploitasi. Misalnya ada quest yang sangat jauh dan mengharuskanmu kembali. Sebelum mengambil quest tersebut, tidur di tempat diaktifkannya quest. Lalu naik Regalia ke tempat quest. Begitu selesai, kamu bisa fast travel untuk kembali ke tempat pengaktifan quest tadi. Simple, tapi efektif.

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

13. Ascension - Apa yang Perlu Diambil?!

Grid mana saja yang perlu diutamakan? Jawabannya adalah fokus ke combat! Ini adalah 10 grid yang harus segera dibuka:

  1. Regroup (18 AP, Techniques tree): Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ini akan memosisikan Ignis sebagai Healer tim.
  2. Airstep (6 AP, Combat tree): Sangat berguna untuk memperpanjang combo di udara. Kombinasikan dengan senjata tipe spear.
  3. Light Phase (8 AP, Combat tree) & Ultralight Phase (32 AP, Combat tree): Mengurangi cost MP saat bertahan.
  4. Warp Factor (24 AP, Combat tree): Boost damage warp strike damage!
  5. Stalker (26 AP, Combat tree): Boost damage blindside, serangan dari belakang (efisien menghadapi musuh-musuh besar)
  6. Link Up (8 AP, Teamwork tree): Boost damage link-strike.
  7. Health Level (10 AP, Stats tree): Murah, tapi meningkatkan HP sepanjang progress game.
  8. Accessory Slots (16 AP x4, Stats tree): Karena Noctis dkk butuh memasang aksesoris lebih dari satu!
  9. First Shot, Reflex & Analyse (6 AP x3, Teamwork tree): Buat Gladio, Prompto, dan Ignis lebih berguna dengan ini.
  10. Death Drop (28 AP, Combat tree): Noctis bakal sering menggunakan ini. Dijamin!

14. Investasi AP di Exploration Tree

Tips Final Fantasy XV: Perlukah menginvestasikan AP di Exploration Tree Ascension? Camping dapat AP, memancing dapat AP, memasak makanan favorit dapat AP, menunggangi Choboco dapat AP, dsb., memang tampak sangat menggiurkan. Mendapatkan AP cuma-cuma dengan melakukan hal-hal umum yang memang pasti akan dilakukan. Tapi apakah perlu?

Di awal permainan, saya sarankan HANYA investasikan di Roadrunning (32 AP). Ini membuat kamu mendapatkan AP gratis ketika mengendarai Regalia selama satu menit (fast travel tidak dihitung). Jangan masukkan AP ke Chocobump di chapter 1 ataupun 2, karena *SPOILER ALERT* kamu baru bisa menyewa Chobobo pada chapter 3. Selebihnya investasikan AP ke Ascension Grid lain yang lebih penting saja.

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

15. Upgrade Tanki Bensin Regalia

Regalia adalah mobil mewah yang sangat boros BBM. Untuk mengatasi hal ini, begitu kamu bisa pergi ke Lestallum (di chapter 3), bergegaslah ke sana dan belilah Auxiliary Tank dan Airflow Compensator di Coernix Station, Lestallum. Segera kembali ke Hammerhead dan minta Cindy meng-install komponen-komponen tersebut di Regalia. Dijamin, Regalia kini makin iriiit!

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

PS: Jangan lupakan quest-quest dari Cindy, yang berhadiah komponen untuk meningkatkan performa Regalia.

Lanjut ke halaman 4 untuk tips-tips Final Fantasy XV berikutnya!

16. Maksimalkan Skill Survival Gladiolus

Item restoratif sangat berguna dalam game ini. Harganya juga tidak murah! Beruntung Gladio memiliki skill Survival, di mana dia bisa mendapatkan item (random, tergantung skill) tiap akhir battle. Skill Survival ini hanya akan naik dengan Noctis dkk. berjalan kaki. Semakin lama hal ini akan semakin susah, karena Noctis dkk. akan lebih mengutamakan naik Chocobo ketimbang jalan kaki.

Untuk mengatasi hal ini, ambil lakban dan rekatkan analog kiri ke atas; dan rekatkan analog kanan ke atas, lalu kamu tinggal tidur. Biarkan Noctis berputar-putar di kota/field selama semalaman. Besok paginya, lepas lakban, camping, profit!

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

17. Mancing Mania!

Skill Noctis adalah memancing. Aspek memancing ini cukup menarik, karena kamu bisa mendapatkan item-item langka dari memancing. Tapi bagi banyak orang, memancing dianggap sangat sulit. Berikut guide memancing di Final Fantasy XV:

  • Sebisa mungkin pilih ikan yang sedang sendirian. Lemparkan umpan ke ikan tersebut.
  • Pastikan ikan itu tertarik (ada notifikasi merah di atas layar TV seperti ketika ada musuh).
  • Jika tidak ada ikan yang tertarik, ulangi lagi.
  • Ini kunci penting: Umpan harus digerakkan perlahan-lahan menjauh dari ikan incaranmu. Ikan harus dibuat excited, seolah-olah umpannya adalah sosok yang hidup.
  • Begitu kena, ikuti saja kemauan ikan tersebut. Ketika bergerak ke kanan, ikuti ke kanan. Ke kiri, ikuti ke kiri. Sesekali tarik pelan-pelan (dengan tekan R1 di PS4, jangan ditahan R1-nya!).
  • Ketika ikan loncat, perhatikan arahnya, tekan sesuai arah tersebut.
  • Gunakan umpan yang tepat. Jika tidak ada ikan yang tertarik, cobalah gunakan umpan yang lain.
  • Umpan yang berat, akan tenggelam dan menarik minat ikan yang berada di dalam/dasar air.

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

18. Tambahkan Item dalam Elemancy

Elemancy adalah salah satu kemampuan Noctis. Di sini, Noctis bisa menciptakan sihir dari meracik elemen-elemen yang dia temukan sepanjang perjalanan. Untuk mencapai hasil yang maksimal, jangan lupa campurkan item (bisa restoratif, bahan makanan, bahkan loot dari musuh) ke dalam proses elemancy ini. Dijamin racikan sihir Noctis akan lebih mematikan (dan bisa juga berdampak positif, seperti menyembuhkan).

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

19. Target Bagian Tubuh Musuh

Dalam pertarungan, khususnya ketika melawan monster-monster yang berukuran besar, Noctis bisa menyerang bagian-bagian tubuh musuh. Bereksperimenlah dengan menyerang bagian-bagian tubuh lain (tangan, tanduk, kepala, kaki). Serangan yang tepat akan mempermudah jalannya pertarungan. Tak hanya itu, kamu juga bisa memperoleh item khusus jika berhasil menghancurkan bagian tertentu musuh.

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

20. Selalu Cek Area Gelap di Peta

Bukalah peta. Kamu lihat area-area berwarna gelap di sana. Artinya itu adalah area yang belum kamu jelajahi. Panggil Chocobo-mu, dan mulai jelajahi area tersebut. Siapa tahu kamu bisa menemukan dungeon rahasia!

Mencari cara mendapatkan Ultima Blade? Simak di halaman terakhir!

21. Mari Panen AP

Kamu bisa memperoleh 1 AP untuk tiap musuh yang terbunuh oleh serangan Warp Strike Noctis (R1 + segitiga di PS4). Oleh karenanya, perhatikan musuhmu. Jika darahnya tinggal sedikit, sikat dengan Warp Strike. Menyikapi hal ini, ada cara mudah untuk farming AP. Kembalilah ke Hammerhead. Kunjungi bagian utara (atau tempat di mana Cactuar biasa muncul). Di sana banyak sekali monster-monster level rendah yang muncul. Sikat habis mereka dengan Warp Strike. Satu serangan, mati, dapat 1 AP. Dalam setengah jam, kamu bisa panen lebih dari 100 AP.

[read_more id="282861"]

22. Simpan Oracle Ascension Coin

Pokoknya jangan dijual. Simpan saja! Nanti di Altissia, koin-koin ini akan sangat berguna.

23. Eksplorasi - Open World

Chapter 3 berjudul Open World. Sesuai judulnya, ini menandakan kalau dunia Final Fantasy XV sudah bisa dijelejahi dengan bebas sejak chapter ini. Take your time, selesaikan side quest, hunting, dan silakan jelajahi dunia Eos yang sangat cantik. Tips Final Fantasy XV: kunjungi Lestallum terlebih dulu untuk membuka berbagai fitur baru!

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

24. Ultima Blade di Chapter 3

Begitu banyak hal yang bisa kamu lakukan setelah chapter 3 terbuka. Satu hal yang saya sarankan adalah bergegas dapatkan Ultima Blade. Untuk mendapatkannya, ikuti tips Final Fantasy XV ini:

  • Pergi ke Hammerhead dan serahkan Engine Blade (pedang awal Noctis) ke Cid untuk di-upgrade (kamu bisa memulainya di chapter 2).
  • Item pertama yang diminta Cid untuk meng-upgrade Engine Blade adalah Rusted Bit. Item ini bisa diperoleh di Hammerhead (cari di bengkel Cid di area sekitarnya).
  • Item kedua yang diminta Cid untuk meng-upgrade Engine Blade adalah Glass Gemstone. Item ini bisa didapatkan di Lestallum, terletak di meja di bangunan-bangunan bagian depan.
  • Item terakhir untuk mengubah Engine Blade menjadi Ultima Blade adalah Sturdy Helixhorn. Yang ini agak tricky.
  • Sebelum meninggalkan Lestallum, pastikan Noctis dkk. melihat seorang ibu yang sedang makan rice bowl (terletak di cafe bagian depan Lestallum, dekat tempat Regalia parkir). Ignis akan mempelajari resep Mother and Child Rice Bowl, yang salah satu efeknya adalah 50% drop rate.
  • Pergilah ke restauran di Old Lestallum dan mulailah hunting The Last Spiracorns.
  • Kamu akan menghadapi tiga Spiracorn dan dua Duplicorn. Sturdy Helixhorn adalah item yang di-drop oleh Duplicorn dengan cara Noctis mematahkan tanduknya. Drop rate-nya HANYA 10%.
  • Tips Final Fantasy XV dari saya adalah habisi tiga Spiracorn (biarkan kedua Duplicorn) dan lari, kemudian save (di luar radius area kuning). Kemudian coba patahkan tanduk Duplicorn (dengan target tanduk, dan Warp Strike!). Jika tidak dapat, ulangi lagi. Butuh kesabaran tinggi.
  • Untuk hasil maksimal, saran saya equip-kan Hardedge (pedang besar) ke Noctis. Hardedge memiliki kemampuan untuk menghancurkan bagian tubuh lawan (break). Tingkatkan juga damage Warp Strike Noctis. Jangan lupa camping dan biarkan Ignis memasak Mother and Child Rice Bowl untuk meningkatkan drop rate.
  • Jika kamu sudah mendapatkan Sturdy Helixhorn, bawalah item tersebut ke Cid dan biarkan dia meng-upgrade Engine Blade menjadi Ultima Blade. Ingat, Cid butuh waktu beberapa hari untuk melakukan upgrade ini. Jadi silakan hunting monster lainnya dulu.

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

25. Tonton Brotherhood dan Kingsglaive

Final Fantasy XV sesungguhnya memiliki cerita yang baik. Sayangnya bagian awal game ini tidak menceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Pemain dibiarkan clueless, hanya dijejali oleh tokoh Noctis sang anak raja, bersama tiga bodyguard-nya yang punya misi untuk entah apa. Tidak jelas. Tidak ada ikatan emosional dengan para bodyguard Noctis ini. Lalu apa yang terjadi dengan dunia Eos? Apa itu Lucis? Siapa itu Niflheim?

Tips Final Fantasy XV terakhir ini agar kamu bisa menikmati cerita game ini secara utuh. Luangkanlah waktu untuk menonton lima episode animasi pendek Brotherhood: Final Fantasy XV: Before the Storm, Dogged Runner, Sword and Shield, Bittersweet Memorie, dan The Warmth of Light. Animasi ini mengisahkan tentang hubungan antara Noctis dengan para bodyguard-nya (brother-nya). Semua episode ini bisa ditonton gratis di YouTube atau via PlayStation Network. Kabarnya ada episode keenam, yang fokusnya ke Lunafreya Nox Fleuret, namun hanya dirilis di versi The Ultimate Collector's Edition Final Fantasy XV.

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

25 Tips Final Fantasy XV Lengkap yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Main!

Jika ingin lebih dalam lagi, untuk mengetahui sejarah Eos dan peperangan antara Lucis dan Niflheim, tonton juga film Kingsglaive: Final Fantasy XV. Film ini menceritakan kondisi Crown City Insomnia dan apa yang sebetulnya terjadi di sana pada saat chapter 1 dan chapter 2 Final Fantasy XV.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek