Kompilasi Berita Android Terbaik Sepanjang 2011!

Sepanjang tahun 2011, Android semakin menancapkan taringnya di dunia OS Mobile. Mulai dari gadget, aplikasi, hingga game menjadi "Trending Topic" sepanjang tahun ini. Tetapi dari semua itu, ada 10 berita paling "trending" tentang Android pada tahun 2011 lalu. Apa saja?

Kompilasi Berita Android Terbaik Sepanjang 2011![/caption]

Tahun 2011 akan berakhir dalam beberapa hari lagi. Bisa dibilang, tahun ini adalah tahunnya mobile, terutama untuk Android, karena selama tahun ini banyak sekali berita-berita ataupun kejutan yang diberikan oleh Google terhadap OS mobile mereka ini. Bukan hanya itu, tahun 2011 juga diwarnai dengan banyaknya game-game berkualitas yang akhirnya dikonversi ke mobile, mulai dari serial Final Fantasy hingga akhir tahun ditutup dengan GTA III yang merayakan usia kesepuluhnya di Android.

Dalam artikel ini, saya akanmemberikan list 10 berita yang menjadi "trending topic" untuk Android di tahun 2011 lalu. Silahkan menyimak!

10. Selamat Tinggal Sony Ericsson

Kompilasi Berita Android Terbaik Sepanjang 2011![/caption]

Sebagai salah satu pengguna Sony Ericsson, saya cukup kaget sekaligus kecewa juga saat mendengar berita ini. Yap, Sony sudah memutuskan untuk "bercerai" dengan Ericsson, dan membeli setengah saham kepemilikan yang dimiliki Ericsson. Kabar ini juga seolah-olah mengakhiri kisah mesra Sony dan Ericsson setelah bersama kurang lebih 10 tahun.

Bagi yang punya ponsel Sony Ericsson, simpan baik-baik ya karena kalian mungkin dalam waktu dekat tidak akan melihat lagi logo lingkaran khas Sony Ericsson terpampang di ponsel ataupun tablet yang akan diproduksi oleh Sony..

 9. Samsung Kalahkan Apple dalam Hal Jumlah Penyebaran Smartphone

Kompilasi Berita Android Terbaik Sepanjang 2011!

Dengan OS Android yang semakin merajalela, dan Samsung yang semakin getol mengeluarkan seri-seri baru mulai dari Galaxy Young untuk kelas entry level hingga Galaxy Note, bisa dibilang tahun 2011 adalah milik Samsung. Pada kuartal ketiga tahun ini saja, Samsung berhasil menjual sekitar 27.8 Juta unit smartphone ke seluruh dunia, meningkat hampir empat kali lipat dari penjualan kuartal ketiga tahun 2010 yang hanya sekitar 7.5 Juta unit. Bandingkan dengan Apple yang berada di tempat kedua dengan total penjualan sekitar 17.1 Juta unit di waktu yang sama.

Hal ini menempatkan Samsung sebagai market leader di pasar Smartphone dengan market share sekitar 23.8%, disusul oleh Apple yang meraih angka 14.6% dan Nokia sebanyak 14.4%. Sisa 47.3% lainnya dibagi antara Sony Ericsson, HTC dan Motorola.

 8. Penjualan HTC Dilarang di US

Kompilasi Berita Android Terbaik Sepanjang 2011!

Di belahan dunia lain, HTC bisa dibilang cukup laris dan sejajar dengan Sony Ericsson dan Motorola, meskipun tidak setangguh Samsung. Namun, di US HTC tidak akan bisa kamu dapatkan. Yap, berita ini adalah salah satu berita yang cukup mengejutkan dimana ITC (International Trade Comission) Amerika Serikat mengabulkan tuntutan Apple agar tidak mengimpor ponsel HTC di negara mereka.

Tentu ada alasan dibalik itu semua, salah satunya adalah karena Apple menganggap HTC sudah melanggar beberapa hak paten mereka, seperti klik nomor telepon di dalam email untuk langsung menelepon dan format data yang digunakan. Menurut kabar yang beredar, HTC dan Google diberi kesempatan hingga April 2012 untuk menghapus fitur-fitur yang melanggar tersebut dari smartphone mereka.

7. Tren Processor Dual Core

Kompilasi Berita Android Terbaik Sepanjang 2011![/caption]

Saya teringat akan perkataan salah satu dosen saya sewaktu kuliah dulu, bahwa dalam beberapa tahun kedepan, komputer yang sedang saya hadapi didalam lab akan bisa masuk kantong. Dan hal tersebut sudah mulai terjadi pada tahun 2011 lalu dengan banyaknya smartphone dan tablet Android yang hadir dengan menggunakan kekuatan prosesor dual core, sebut saja Optimus 2X dan Galaxy S2.

Belum lagi sudah banyak riset yang dilakukan untuk membuat chip yang lebih powerfull lagi untuk ditanamkan dalam smartphone atau tablet, sebut saja Nvidia dengan Tegra 3-nya. Bisa saja, di tahun 2012 nanti akan banyak bermunculan smartphone yang menggunakan prosesor yang lebih dari dua, dan smartphone dual core akan menjadi barang yang jamak ditemui di setiap ponsel Android.

 6. Material untuk Layar dan Resolusi yang Lebih Tinggi

Kompilasi Berita Android Terbaik Sepanjang 2011!

Smartphone tahun 2011 lebih "cerah" dibandingkan smartphone yang dirilis setahun sebelumnya. Banyak teknologi untuk layar yang dikembangkan oleh vendor-vendor smartphone, mulai dari Super Amoled, Super Amoled Plus, HD Super Amoled, NOVA dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, materialnya pun lebih kuat dan tahan banting.

Sudah pernah tahu video diatas? Disini terlihat material layar Gorilla Glass yang sangat kuat sedang diuji dengan sebuah palu!

 5. Android Merajai Market Share di US

Kompilasi Berita Android Terbaik Sepanjang 2011![/caption]

 Berjayanya Samsung tentu berimbas kepada OS Mobile mana yang paling banyak digunakan dalam tahun 2011 lalu. Yap, Android merajai market share di US dalam hal OS Mobile yang paling banyak ter-install di Smartphone dengan angka sekitar 53% atau lebih dari setengah warga US menggunakan Android sebagai OS di Smartphone mereka. Angka ini meningkat sekitar 28% dari tahun lalu, yang mana tahun lalu Android hanya memperoleh Market Share sekitar 42%.

Menyusul di tempat kedua adalah iOS, yang tertanam di 29%dari total smartphone di US. Angka ini juga meningkat sekitar 38% dari tahun lalu, dimana tahun lalu iOS hanya mendapatkan jatah market share sekitar 21% saja.

Hmm, tentu yang menarik melihat peringkat ketiga dari daftar ini, RIM dengan Blackberry-nya. Tahun 2011 lalu Blackberry hanya mendapatkan jatah market share sekitar 10% saja! Tentu hal ini sangat menurun drastis dari pencapaian tahun lalu, dimana tahun lalu Blackberry sempat berjaya dengan meraih angka 25% dari total smartphone yang ada di US.

 4. Harga Smartphone Android Semakin  "Merakyat"

[/caption]

Dilihat dari tren tahun 2011 lalu, harga smartphone Android semakin turun dan semakin murah menjelang tutup tahun. Bukan hanya itu, banyaknya pilihan yang tersedia juga semakin membuat Android "merakyat". Bayangkan, hanya dengan budget sekitar 1 Juta saja, orang sudah bisa mendapatkan sebuah smartphone Android entry level yang cukup canggih. Bandingkan saja harganya dengan iOS atau Blackberry yang masih melambung harganya dan masih menjadi barang yang "eksklusif".

Bukan tidak mungkin, tren "turun harga" ini akan berlanjut tahun depan, dan akan menjadikan Android sebagai penguasa di OS Mobile. Semakin murah gadget-nya, semakin banyak orang yang memakai, tentu akan semakin banyak pula OS Android yang beredar di pasaran bukan?

3. Market Share HTC Lampaui Nokia dan RIM

Kompilasi Berita Android Terbaik Sepanjang 2011!

Sebelum ada Android, nama HTC mungkin masih asing di telinga beberapa orang. Namun semua berubah ketika HTC mulai "ramah" terhadap Android. Dan, "keramahan" tersebut berbuah manis, dimana pada tahun 2011 lalu market share HTC diseluruh dunia meroket, dan melampaui market share dari Nokia dan RIM. HTC melejit dengan angka penjualan sekitar US $33.8 Juta, melampaui Nokia yang mendapatkan angka sekitar US $32.4 Juta dan RIM dengan pencapaian US $28.5 Juta.

2. Google dan Samsung Luncurkan Galaxy Nexus

Kompilasi Berita Android Terbaik Sepanjang 2011![/caption]

Berita yang menjadi runner up list ini adalah brita peluncuran Galaxy Nexus oleh Google dan Samsung. Bersenjatakan prosesor dual core 1.2 GHz dan layar super AMOLED 4.65 inchi, Galaxy Nexus diluncurkan bersamaan dengan peluncuran OS Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich. Dengan ini, resmilah juga smartphone ini menjadi smartphone pertama yang mendapatkan Ice Cream Sandwich.

Namun beberapa user yang menggunakan Galaxy Nexus ini masih mengeluhkan beberapa kelemahan, diantaranya  adalah video youtube yang terkadang masih muncul secara pixelated meskipun sudah dalam resolusi HD dan resolusi layar yang masih kurang memuaskan dan kalah jika dibandingkan dengan Galaxy S II.

1. Peluncuran Android 4.0 aka Ice Cream Sandwich

Kompilasi Berita Android Terbaik Sepanjang 2011!

Yap, bersamaan dengan peluncuran Galaxy Nexus, Google juga mengumumkan penerus dinasti Android mereka. Mengambil code name Ice Cream Sandwich, Google mengklaim bahwa OS ini bisa membuat antarmuka Android menjadi lebih "enchanting, beautiful and seductive".

Setelah pertama kali ditanamkan di Galaxy Nexus, beberapa smartphone lain akan segera mencicipinya mulai akhir tahun ini dan awal tahun depan, contohnya Sony Ericsson yang akan menggelontor keluarga Xperia terbaru mereka dengan update ini pada sekitar bulan Maret 2012 nanti.

Mungkin itu yang menjadi "trending topic" untuk Android di tahun 2011 lalu. Adakah trending topic yang lain? Silahkan di-share di comment ya..:D

Sumber: Pandaapp

ARTIKEL TERBARU