Mori Calliope dari Hololive Membuat Persona 3 Trending Global Twitter

Virtual Youtuber yang satu ini pingin main Persona 3

Mori Calliope dari Hololive Membuat Persona 3 Trending Global Twitter

Ada kejadian menarik pada Kamis malam (3/12/2020) waktu Indonesia. Mori Calliope, virtual youtuber dari Hololive, bikin heboh saat dia menayangkan stream yang intinya benar-benar cuma minta izin main Persona 3!

Gimana sih situasinya? 

1. Stream yang benar-benar ajaib

Judul stream Calliope adalah "ATLUS, PLEASE LET ME PLAY PERSONA 3 please."  Itu sudah mewakili keseluruhan stream ini, karena isinya memang Calliope memohon supaya diizinkan main Persona 3.

Yang bikin stream ini ajaib adalah durasinya. Stream ini berjalan sampai hampir 90 menit, dan isinya benar-benar Mori meminta dia bisa main Persona 3 selama itu! Sudah begitu musik pengiringnya adalah "Burn My Dread," lagu pembuka Persona 3 yang diputar terbalik. 

Saat artikel ini ditulis, video ini sudah ditonton lebih dari 260 ribu kali. 

Baca Juga: Siap-Siap! Ini Dia Tanggal Debut Para Member Hololive Indonesia Gen 2!

2. Sempat trending global

Mori Calliope dari Hololive Membuat Persona 3 Trending Global Twittertrends24.in

Tercatat di Trends 24 kalau upaya Calliope ini membuat Persona 3, serta tagar #CallioP3 yang digunakan Calliope untuk stream tersebut, sempat jadi trending dunia.

Kata kunci ini juga sempat ada di sepuluh besar Twitter Amerika Serikat.

3. Tanggapan Atlus?

Saat stream berakhir sih, Mori tampaknya belum memperoleh izin main game ini. 

Dilansir Polygon, perwakilan Atlus menyampaikan kalau trendingnya tagar Calliope adalah pertama kalinya mereka mendengar permintaan dari sang virtual youtuber, dan Atlus belum menolak permintaan livestream.

Sang perwakilan lalu mengatakan akan melihat situasi tersebut.

4. Kenapa harus minta izin?

Sempat ada masa di mana Hololive mengalami masalah hak cipta karena anggota-anggota agensi itu ada yang main game tanpa memperoleh izin terlebih dahulu. Cover bahkan mengeluarkan pernyataan minta maaf mengenai ini pada 30 Juli 2020 dulu. 

Buntut dari masalah hak cipta itu adalah banyak video dari anggota Hololive yang akhirnya harus di-private atau bahkan dihapus.  

Pada Desember 2020 ini, sejumlah video yang sempat di-private ada yang sudah kembali. Tapi masih ada juga yang statusnya masih private dan belum bisa ditonton kembali, seperti stream-stream game From Software, seperti Dark Souls dan Sekiro

Setelah situasi itu, Cover memang lebih hati-hati, sehingga semua game yang dimainkan anggota Hololive harus menerima izin terlebih dahulu.

Mari kita lihat apakah upaya Calliope ini akan membuat dia memperoleh izin resmi dari Atlus.

Atlus sih sejauh ini biasanya menerapkan aturan ketat untuk streaming game mereka. Hana Macchia dari Nijisanji ID pernah memainkan Persona 4 Golden, tapi stream itu memiliki limitasi seperti tidak boleh dimonetisasi dan ending-nya tidak boleh diperlihatkan. 

Persona 5 dan Persona 5 Royal juga memiliki limitasi tersendiri untuk streamer.

Nah menurut kamu gimana soal situasi ini? Sampaikan di kolom komentar!

Baca Juga: Viral! Hololive Sports Festival Jadi Tagar Populer Dunia di Twitter!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU