Inilah 6 Kekuatan Super yang Malah akan Membuat Pemiliknya Pusing!

Tidak semua kekuatan super bisa membantu pemiliknya. Ada beberapa kekuatan yang malah akan membuat pemiliknya pusing. Apa saja contohnya?

Inilah 6 Kekuatan Super yang Malah akan Membuat Pemiliknya Pusing!

Inilah 6 Kekuatan Super yang Malah akan Membuat Pemiliknya Pusing!

Tidak semua kekuatan super bisa membantu pemiliknya. Ada beberapa kekuatan yang malah akan membuat pemiliknya pusing. Apa saja contohnya?

[page_break no="1" title="Kemampuan Berpindah Waktu"]

Inilah 6 Kekuatan Super yang Malah akan Membuat Pemiliknya Pusing!

[duniaku_baca_juga]

Kekuatan super yang satu ini sepertinya idaman banyak orang. Bagaimana tidak? Pastinya semua orang memiliki penyesalan di masa lalu. Mungkin kamu berpikir, "Seharusnya saya lebih rajin waktu di sekolah dulu." Atau "Mungkin kalau waktu itu saya nembak gebetan saya, kehidupan saya bakal beda." Atau "Kalau saya kembali ke masa lalu dengan kecerdasan saya sekarang, saya pasti dikenal sebagai orang genius."

Masalahnya, kekuatan yang satu ini sebenarnya akan bikin pusing. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi kalau kamu melintasi waktu. Tidak satu pun bagus.

-Kemungkinan pertama: kejadian-kejadian di dunia ini sudah ditentukan. Walau kamu kembali ke masa lalu, takdir memastikan upayamu tidak akan memberi hasil apa-apa. Pada akhirnya segalanya akan tetap berjalan seperti seharusnya. Bahkan bisa saja kamu justru menyebabkan terjadinya kejadian yang ingin kamu cegah.

-Kemungkinan kedua: apapun yang kamu lakukan di masa lalu justru akan menyebabkan masa depanmu musnah. Seharusnya, satu perubahan minor di masa lalu saja bisa berdampak besar ke masa depan. Orang yang seharusnya ada di posisi A tahun 1996 tapi kamu ubah jadi di posisi B bisa jadi nasibnya akan berubah total.

Perubahan nasib orang ini juga akan mempengaruhi nasib orang-orang yang seharusnya berkaitan dengan dia. Bisa jadi dia tidak akan menemui istrinya, sehingga anak-anaknya tidak pernah lahir. Bisa jadi ia akan bekerja di karir yang berbeda, mempengaruhi nasib kantor yang seharusnya ia pimpin.

Kalau mempengaruhi satu orang saja bisa menyebabkan perubahan drastis, bisa-bisa saat kamu kembali ke masa depan wujud bumi sudah berbeda dari yang kamu ingat.

[page_break no="2" title="Kemampuan Melihat Makhluk Gaib"]

Inilah 6 Kekuatan Super yang Malah akan Membuat Pemiliknya Pusing!

[duniaku_adsense]

Ya, bisa melihat makhluk gaib adalah kekuatan super. Biar bagaimanapun tidak semua orang bisa melakukannya. Dan ya, ada orang-orang di dunia nyata yang dianugerahi kemampuan ini.

Rasanya kamu bisa membayangkan sendiri bagaimana kekuatan ini bisa bikin pusing pemiliknya. Makhluk gaib sering kali tidak mengenali ruang pribadi. Pusing juga kalau kamu harus melihat atau mendengar mereka di tempat-tempat yang seharusnya kamu gunakan beristirahat, seperti kamarmu.

Ada juga risiko kalau mereka malah akan konstan menghubungimu. Kalau yang muncul hantu-hantu moe sih tidak apa-apa, tapi rasanya kok yang akan kamu lihat ya hantu yang lebih mendekati gambaran tradisional.


Itu baru dua. Apa lagi contoh kekuatan super yang bisa membuat pemiliknya pusing sendiri? Baca lanjutannya di halaman berikut!

[page_break no="3" title="Melihat Masa Depan"]

Inilah 6 Kekuatan Super yang Malah akan Membuat Pemiliknya Pusing!

[read_more id="304333"]

Kekuatan super yang satu ini juga bisa bikin pusing. Konsekuensinya bahkan diperlihatkan juga pada beberapa karakter, termasuk Cassandra dari mitologi klasik Perang Troya.

Kamu bisa melihat masa depan. Manfaatnya sudah jelas. Kamu mungkin bisa menebak siapa yang akan menang dalam pertandingan sepak bola. Kamu mungkin bisa tahu apa sebaiknya kamu pergi ke suatu acara atau diam saja di rumah. Kamu bahkan mungkin bisa tahu pilihan karir dan akademik terbaik yang bisa kamu ambil. Dan semua ini bisa kamu lakukan tanpa membahayakan arus waktu seperti time travel.

Masalahnya, kadang kekuatan seperti ini juga membuatmu bisa melihat bencana dan kematian orang. Di situlah kamu akan mulai pusing.

Bila bencana ini besar, apa yang bisa kamu lakukan? Kamu mungkin bisa membujuk keluargamu untuk pergi. Tapi bagaimana dengan orang-orang yang tidak kamu kenal? Apakah mereka akan percaya? Atau mereka hanya akan menertawakanmu?

Lalu kalau yang kamu ramalkan itu aksi terorisme. Apa kira-kira masyarakat yang rasional akan percaya kamu punya kekuatan super? Atau jangan-jangan mereka malah akan mengira kamu bagian dari kelompok teror itu?

Jadi ya. Kekuatan yang satu ini memang memiliki manfaat besar. Tapi risikonya juga besar dan bisa membahayakan keselamatanmu serta kesehatan mentalmu.

[page_break no="4" title="Membaca Pikiran"]

Inilah 6 Kekuatan Super yang Malah akan Membuat Pemiliknya Pusing!

[duniaku_baca_juga]

Kekuatan super yang satu ini sepertinya enak untuk dimiliki. Bayangkan saja, kamu tidak perlu lagi ragu apa ada temanmu yang diam-diam menyukai kamu. Kamu juga bisa dengan mudah mengetahui kebohongan seseorang. Ada penjahat yang tertangkap tapi tutup mulut soal rencananya? Kamu tinggal membongkar ingatannya dan menemukan sendiri jawabannya.

Masalahnya, ini jenis kekuatan yang bisa dengan mudah membunuhmu. Terutama kalau level kekuatanmu terlalu tinggi dan tidak ada yang bisa mengajarimu untuk mengendalikannya.

Semua orang di dunia ini selalu berpikir di dalam batin. Kalau kamu berada di ruangan penuh orang, lalu kamu mendengar suara batin mereka serentak, bayangkan saja betapa sakitnya. Bisa jadi kamu malah harus lari ke tempat terpencil hanya supaya tidak mendengar suara hati orang.

Selain itu, jalan pikiran seseorang itu tidak sederhana seperti yang disajikan di film. Dalam satu detik kamu bisa memikirkan siapa yang menang dalam pertandingan bola nanti malam, detik berikutnya kamu ganti memikirkan tugas sekolah yang belum dikerjakan, lalu kamu bisa beralih lagi memikirkan gebetan.

Satu faktor lagi: pada dasarnya manusia memiliki pikiran-pikiran gelap. Sebagian berani melakukannya, sebagian lagi hanya berfantasi. Tidak enak kalau harus berurusan dengan hal-hal yang seharusnya rahasia ini.


 

[duniaku_adsense]

Masih penasaran apa lagi kekuatan super yang bisa membuat pemiliknya pusing? Ayo cek dua kekuatan terakhir yang dibahas di halaman tiga!

[page_break no="5" title="Kulit Sekeras Baja"]

Inilah 6 Kekuatan Super yang Malah akan Membuat Pemiliknya Pusing!

[duniaku_adsense]

Kulit sekeras baja terlihat sebagai kekuatan super yang menggiurkan. Lihat saja Luke Cage. Kalau dipukul, justru yang memukulnya yang terluka. Kalau ditembak, pelurunya akan hancur tanpa menyakitinya.

Masalahnya, tetap ada kemungkinan kamu cidera. Terutama kalau organ-organ internalmu masih normal, seperti Luke. Nah kalau kamu mengalami cidera dalam, bagaimana menolongnya?

Saat Luke cidera, dia harus dihilangkan sementara dulu kekuatannya baru dia bisa dioperasi. Kalau tidak, membedah tubuhnya saja luar biasa sulit. Bagaimana caranya membedah seseorang yang kulitnya bahkan tidak bisa ditembus gergaji?

Selain itu, kamu juga mungkin akan mengalami masalah yang sama dengan yang diderita David Dunn dari Unbreakable: tubuhmu menjadi terlalu berat hingga kamu akan tenggelam dengan mudah di air.

[page_break no="6" title="Paket Komplit Superman"]

Inilah 6 Kekuatan Super yang Malah akan Membuat Pemiliknya Pusing!

[read_more id="304399"]

Dari semua kekuatan super sih, paket komplit yang dimiliki Superman mungkin yang paling diinginkan orang. Kulit sekeras baja? Ada. Bisa terbang? Bisa. Super kuat? Jangankan kuat, kamu juga adalah salah satu makhluk paling perkasa di bumi. Musuhmu terlalu tangguh untuk dilawan dengan tangan kosong? Kamu punya mata laser dan nafas es.

Masalahnya, seperti kata Paman Ben-nya Spider-Man, with great power comes great responsibility. Saat kamu terdorong untuk menggunakan kekuatanmu menyelamatkan orang, maka akan ada golongan lain yang bertanya kenapa kamu tidak menyelamatkan mereka.

Dan ya, hal buruk terjadi di dunia setiap hari. Mulai dari krisis Timur Tengah, masalah rasial di Amerika, aksi teror di berbagai negara, hingga kasus-kasus yang lebih lokal terjadi di Indonesia.

Kalau kamu mencoba menangani teror itu, apakah aksimu akan berakhir baik? Ataukah kamu justru akan memicu konflik yang lebih besar? Apakah kamu akan dianggap sebagai pahlawan, atau justru dijelek-jelekkan oleh media massa modern?

Kalau kamu memikirkan hal-hal seperti tadi, terlihatlah kenapa Superman dianggap sebagai panutan oleh para pahlawan DC - bahkan oleh Batman yang kadang tidak menyukainya. Superman selalu siap membantu walau beban moral dari aksinya tak bisa dibilang ringan.


 

Itulah enam kekuatan super yang bisa membuat pemiliknya pusing. Masing-masing memiliki manfaat sendiri-sendiri, namun efek sampingnya akan menguji fisik dan mentalmu.

Bagaimana pendapatmu? Apa menurutmu kamu bisa menangani efek samping dari masing-masing kekuatan ini? Kekuatan apa yang kamu inginkan? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar!

 

Artikel terkait

Latest