Inilah Lagu K-pop Terbaik 2017 Versi Pakar Musik Billboard!

Baru-baru ini tangga musik internasional, Billboard merilis 20 lagu K-pop terbaik yang dirilis tahun 2017 versi pakar musik. Kira-kira lagu apa saja ya yang masuk?

Inilah Lagu K-pop Terbaik 2017 Versi Pakar Musik Billboard!

Inilah Lagu K-pop Terbaik 2017 Versi Pakar Musik Billboard!

Baru-baru ini tangga musik internasional merilis 20 lagu K-pop terbaik 2017 versi pakar musiknya.

Billboard baru saja mengumumkan jika mereka telah membuah daftar lagu-lagu pop asal Negeri Ginseng terbaik yang dirilis sepanjang tahun ini. Dan tentu saja lagu-lagu yang masuk dalam daftar tersebut dipilih berdasarkan analisa dari sejumlah pakar musik seperti Tamar Herman, Caitllin Kelley, dan Jeff Benyamin.

[duniaku_baca_juga]

Berikut adalah 20 lagu K-pop terbaik 2017 versi pakar musik Billboard!

[page_break no="20" title="EXO - Ko Ko Bop"]

Di posisi paling bontot lagu K-pop terbaik 2017 versi pakar musik Billboard diduduki oleh lagu EXO yaitu Ko Ko Bop.

Menurut Tamar Herman, genre electro-reggae yang diusung untuk lagu ini sangatlah pas dengan waktu lagu ini dirilis yaitu di puncak musim panas bulan Juli.

Selain itu, Ko Ko Bop dinilai menambah warna baru pada musik K-pop, namun tetap mempertahankan musk tersebut yang berfokus pada dance. 

[page_break no="19" title="Dreamcatcher - Chase Me"]

Dreamcatcher adalah girl group yang sangat menarik menurut Caitlin Kelley. Dreamcatcher adalah grup pertama di K-pop yang mengusung konsep spooky. 

Penggabungan trash metal dan K-pop membuat unsur seram pada lagu ini yang dijamin akan membuat kalian merinding jika mendengarkan lagu ini di malam hari.

[page_break no="18" title="Akdong Musician - Dinosaur"]

Mengangkat tema tentang ketakutan di masa kecil dan "mengaum" pada ketakutan tersebut ketika besar, kakak beradik ini mampu mengombinasikan dengan sempurna petikan senar akustik yang lembut ke dalam nuansa nostalgia yang membuat pendengar ikut menari bersama mereka.

[page_break no="17" title="NCT 127 - Cherry Bomb "]

NCT 127 hanyalah grup rookie namun mereka berhasil membuat penonton terpukau dengan penampilan mereka di panggung.

SM Entertainment membuktikan bahwa meskipun mereka merupakan agensi hiburan yang besar, namun mereka tak berhenti melakukan eksperimen. Hal tersebut terlihat dari konsep NCT yang terdiri dari berbagai sub-unit yang masih terus bertambah hingga sekarang.

[page_break no="16" title="Suran (feat. Dean) - 1+1=0"]

Di posisi 15 lagu K-pop terbaik 2017 versi pakar musik Billboard ditempati oleh lagu Suran dan Dean yaitu "1+1=0"

Judul lagu ini adalah permainan kosakata, di mana angka 0 terdengar seperti "kerja" dalam Bahasa Korea. Liris dari lagu yang ditulis oleh Dean ini mengkritisi kehidupan masyarakat Korea yang pedih, di mana mereka berfokus pada pekerjaan dan meninggalkan kehidupan pribadi mereka.

[page_break no="15" title="Pristin - Wee Woo"]

Mulai dari suara disko-gitar yang membuka lagu ini, Pristin adalah salah satu rookie yang paling mengesankan di dunia K-pop. Para anggota Pristin ini bernyanyi, melakukan rap, dan menemukan jalan untuk menghasilkan salah satu lagu yang paling memuaskan di tahun ini.

Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa mereka memiliki sebuah "tangan utama" yang menulis single debut mereka ini. Ini merupakan suatu hal yang langka di insdustri K-pop.

[page_break no="14" title="Girls’ Generation - All Night"]

2017 merupakan tahun ke 10 girl group ini debut di industri musik Korea dan mereka tidak membuat para pendengar kecewa dengan single apik ini.

Meski telah 10 tahun berkarir, SNSD tetap memiliki trik-trik baru di lagu mereka yang mengejutkan.

[page_break no="13" title="Loco feat. Dean - Too Much"]

Tempo yang easy-listening pada lagu ini membuat pengulangan frase "too much" terasa seperti disonansi lirik. Sementara beat RnB yang samar-samar diimbangi dengan bunyi xylophone dan nuansa jazz adalah keindahan dari lagu ini.

[page_break no="12" title="Loona / Odd Eye Circle - Sweet Crazy Love"]

Nama Loona sudah lama "bergaung" di industri musik Korea, namun mereka belum juga memulai debut resminya hingga kini. Trio ini membuat suara sopran mereka berputar-putar indah pada irama RnB "Sweet Crazy Love."

[page_break no="11" title="Sons of People - Never"]

Lagu ini merupakan lagu terkuat yang dirilis tahun ini. Meski "Never" hanya pernah sekali ditampilkan dalam Produce 101 Season 2, namun berkat kepopularitasnya, lagu ini masih didengarkan publik hingga sekarang.

Dengan vokal berlapis dan kemampuan rap yang dipadukan dengan instrumen merdu, lagu ini menjadi salah satu momen terbaik K-pop di 2017.

[read_more id="355043"]


Ini dia TOP 10 lagu K-pop terbaik 2017 versi pakar musik Billboard! Yuk buruan lanjut ke halaman 2!

[page_break no="10" title="NU’EST W - Where You At"]

Cerita Cinderella versi K-pop ini benar-benar berakhir bahagia ketika NU'EST mengeluarkan salah satu lagu terbaik mereka tahun ini.

[duniaku_baca_juga]

Elemen elektronik yang disajikan memiliki gambaran emosional yang mendalam. Namun penekanan lagu ini pada zippy synthesizers terlihat menggantikan posisi vokalis Hwang Minhyun.

Huruf "W" pada NU'EST W sendiri memiliki makna "Wait" yang berarti menunggu kepulangan Minhyun yang kini masih aktif sebagai member Wanna One.

[page_break no="9" title="Subin - Circle’s Dream"]

"Circle’s Dream" adalah bukti perpaduan apik ketika musik indie bertemu dengan K-pop, di mana permain staccato digabungan dengan perkusi.

Bagian chorus yang berbunyi “dumdididumdum” yang memorable dan adiktif membuat lagu ini layak untuk menjadi salah satu lagu dengan vokal terbaik di tahun ini menurut Tamar Herman.

[page_break no="8" title="EXID- Night Rather Than Day"]

"Night Rather Than Day" dibuat dengan musik jazz yang digabungkan dengan unsur dansa. Single ini masih mengusung tema seksual seperti di lagu EXID sebelumnya "Hot Pink" yang ditekankan ada liriknya yang berbunyi "datang di malam hari tidak di siang hari."

Di balik itu semua, album dari lagu ini yaitu "Eclipse" berhasil menduduki peringkat ke empat tangga album dunia.

[page_break no="7" title="The Rose - Sorry"]

Ada beberapa lagu K-pop yang setelah dirilis langsung menjadi hit tak terkecuali lagu pop-rock dari The Rose ini.

Dengan vokal yang menggugah dan instrumental melankolis membuat ketegangan emosi yang memilukan hati.

[page_break no="6" title="IU - Palette"]

IU menyukai hal-hal yang sedikit kuno yang sangat bertolak berlakang dengan insdustri hiburan Korea yang selalu dinamis dan selalu menginginkan perubahan.

Namun IU membuktikan bahwa musiknya sangat pas di tahun 2017 yang merupakan comeback pertamanya setelah hiatus selama 4 tahun dengan "Palette". Sebait lirik di lagu ini ditulis oleh G-Dragon (Big Bang), namun tetap mempertahankan warna lagu IU yang menggembirakan.

[page_break no="5" title="BTS - Spring Day"]

Sebagai pembuka jajaran TOP 5 lagu K-pop terbaik 2017 versi pakar musik Billboard ada lagu dari BTS!

Sementara "DNA" dan "Mic Drop" berhasil memecahkan berbagai rekor, pencapaian BTS yang berhasil masuk dalam Hot 100 mulai diprediksi ketika "Spring Day" termasuk dalam jajaran Bubbling Under Hot 100.

Lirik lagu ini menggambarkan kenangan mereka yang kehilangan seseorang di musim dingin, namun mereka menyadari kehangatan dan kenyamanan pada akhirnya.

[page_break no="4" title="Red Velvet - Red Flavor"]

Kalian akan kesuliatan menemukan lagu lain yang menggembirakan dan adiktif seperti "Red Flavor" dari Red Velvet ini.

Setelah meramaikan dunia K-pop dengan "Rookie", Red Velvet kembali di bulan Juli untuk mengantarkan lagu yang manis sehingga membuat penggemar ketagihan dan mengharapkan sesuatu yang menyenangkan seperti ini di musim panas berikutnya.

[page_break no="3" title="Sunmi - Gashina"]

"Gashina" memiliki arti yaitu: meninggalkan, duri dan pengihinaan untuk wanita. Dan lagu Sunmi ini mungkin sangat menyita perhatian mereka yang menjadi "korban" dari mereka yang tak layak mendapatkan cinta.

Tarian dari lagu ini yang membentuk jari tangan menjadi seperti pistol menjadi tarian yang paling banyak ditiru. "Gashina" yang mertunjukan solo pertamanya sejak pembubaran "Wonder"> Girls" menduduki posisi puncak Gaon Digital Chart dan duduk di posisi tiga World Digital Songs.

[page_break no="2" title="Heize - Don’t Know You"]

2017 tak diragukan lagu menjadi tahun yang luar biasa bagi para solois, salah satunya bagi Heize. Penyanyi yang memulai karirnya dengan mengikuti ajang survival show Unpretty Rapstar ini menemukan "jalannya" ketika memproduksi lagu bersama dengan duo GroovyRoom, yang menciptakan atmosfr RnB dan menyempurnakan vokal penyanyi tersebut.

Dari antara semua lagunya tahun ini "You Don't Know" adalah yang paling menonjol. RnB dalam lagu ini berpadu sempurna dengan vokal Heize yang membuat emosi pendengar bercampur-aduk.

[page_break no="1" title="Wanna One - Energetic"]

Dan inilah best of the best dari lagu K-pop terbaik 2017 versi pakar musik Billboard!

Pemenang Produce 101 Season 2 yang sekarang tergabung menjadi Wanna One menerapkan ilmu yang mereka dapat selama mengkuti survival show tersebut ke dalam single debut mereka "Energetic."

"Energetic" menggunakan EDM di hampir keseluruhan lagu tersebut, namun ada sedikit bagian di mana mereka mencerminkan kepribadian dari masing-masing member Wanna One.

Menurut Jeff Benyamin "Energetic" adalah permata electro-pop yang diproduksi secara tradisional, yang berhasil membawa grup yang membawakannya sebagai superstar.

Mulai dari proses di mana "Energetic" dipilih sendiri oleh penggemar sebagai single debut Wanna One hingga perilisannya membuat "Enegetic" lebih dari sekedar lagu pop yang kuat. Lagu ini memiliki cerita dan makna yang mendalam, yang mewakilkan ciri khas lagu K-pop dan memberi sejarah baru dalam industri K-pop.

[read_more id="355355"]


Nah itu tadi 20 lagu K-pop terbaik 2017 versi pakar musik Billboard! Setujukah kalian dengan pendapat mereka?

Diedit oleh Fachrul Razi

Review

Latest