Tokoh yang Menginspirasi Desain Karakter Mobile Legends - Bagian 1

Desain karakter Mobile Legends banyak terinspirasi dari tokoh budaya pop yang terkenal hingga saat ini. Mulai dari karakter game lain, anime, hingga tokoh hidup dijadikan model. Siapa saja?

Tokoh yang Menginspirasi Desain Karakter Mobile Legends - Bagian 1

Tokoh yang Menginspirasi Desain Karakter Mobile Legends - Bagian 1

Desain karakter Mobile Legends banyak terinspirasi dari tokoh budaya pop yang terkenal hingga saat ini. Mulai dari karakter game lain, anime, hingga tokoh hidup dijadikan model. Siapa saja?

[read_more id="306638"]

Pernahkah kamu menyadari bahwa desain karakter Mobile Legends terlihat tidak asing? Beberapa karakter yang ada di game MOBA untuk android dan iOS ini ternyata terinspirasi dari beberapa tokoh populer di dunia. Tampaknya desainer Moonton tahu persis karakter budaya pop dari anime, film, game, bahkan dunia asli yang digemari semua orang. Untuk itulah banyak karakter di Mobile Legends memiliki desain yang akrab.

[duniaku_baca_juga]

Sebelumnya saya sudah pernah membahas beberapa desain karakter Mobile Legends yang mirip dengan karakter dari game Overwatch. Namun tidak semua karakter di game ini terinpirasi game FPS milik Blizzard Entertainment tersebut. Nah kali ini saya akan mengupas tuntas siapa saja tokoh yang menjadi dasar pembuatan desain karakter Mobile Legends: Bang Bang. Berikut ini adalah daftarnya:

[page_break no="1" title="Layla"]

Tokoh yang Menginspirasi Desain Karakter Mobile Legends - Bagian 1

Karakter pertama Mobile Legends, Layla yang bisa kamu dapatkan secara gratis diawal ini bukan merupakan desain orisinal. Jika kamu lihat dari desain Layla, ia memiliki jaket hitam, bra hitam, dan celana pendek yang juga berwarna hitam. Layla memiliki rambut berwarna biru gelap yang diikat menjadi dua bagian dan membawa senjata laser besar dan berat. Jika diperhatikan karakter ini mirip dengan karakter anime Black Rock Shooter!

BRS sendiri merupakan karakter dari dunia lain yang mendiami tubuh seorang gadis bernama Mato Kuroi. Diceritakan ia mencari sahabatnya yang juga dirasuki mahkluk dari dunia lain bernama Dead Master. Karakter BRS sendiri memiliki kemampuan yang mirip dengan Layla, keunggulannya adalah kecepatan menembak yang sangat cepat. Karakter BRS sendiri dikenal luas oleh banyak masyarakat, hingga muncul dalam media OVA, game, dan manga.

Namun Layla tidak memiliki kemampuan bertempur jarak dekat seperti BRS. Jika dalam OVA Black Rock Shooter, karakter BRS memiliki kemampuan bertarung dari dekat menggunakan pedang dan juga pukulan serta tendangan.

[page_break no="2" title="Yun Zhao"]

Tokoh yang Menginspirasi Desain Karakter Mobile Legends - Bagian 1

[duniaku_adsense]

Kalau karakter Fighter yang satu ini, pasti para pembaca sudah mengetahui donk dari mana inspirasi desainnya? Jika pembaca menebak desain karakternya adalah sosok legenda Zhao Yun dari serial Romance of Three Kingdom, maka kamu benar! Yun Zhao dianggap sebagai pendekar anak naga di Mobile Legends. Kata anak naga ini berasal dari tipe senjata yang dipakai Zhao Yun dalam bertempur yaitu tipe tombak naga (dragon's spear).

Kemiripan kedua karakter ini adalah dari namanya, hanya nama marga Zhao dipakai di belakang. Selain itu desain karakter Yun Zhao memakai desain kostum Yun Zhao yang ada di kisah serial dramanya. Yun Zhao juga ahli bela diri yang menggunakan tombak sebagai senjata utamanya.

Zhao Yun merupakan tokoh sejarah yang hidup di era tiga kerajaan, membela kerajaan Shu Han. Karena kepiawaiannya sebagai prajurit perang, ia diangkat oleh sang raja menjadi salah satu dari lima jenderal harimau. Nama aslinya adalah Zilong. Namanya mulai dikenal luas setelah ia berhasil menjemput anak sang raja dari kereta yang dikepung pasukan musuh.


 

Mau tahu karakter-karakter lain yang menjadi dasar desain Mobile Legends? Simak daftar karakter lainnya di halaman selanjutnya ya!

[page_break no="3" title="Balmond"]

Tokoh yang Menginspirasi Desain Karakter Mobile Legends - Bagian 1

[duniaku_baca_juga]

Desain karakter Mobile Legends yang berwarna merah ini jelas sangat mirip dengan karakter Moghul Khan atau Axe dari serial Defense of the Ancients. Keduanya berasal dari tokoh Warcraft yang bernama Grommash Hellscream, yaitu Orc Warrior pengguna kapak yang memiliki badan merah menyala karena pengaruh darah Mannoroth.

Baik Balmond dan Axe memiliki kemampuan yang hampir mirip. Dengan menggunakan serangan putaran kapaknya, Balmond dan Axe mampu menyerang semua musuh didekatnya. Serangan demi serangan yang mereka hasilkan cukup memberikan damage yang kuat. Terakhir keduanya juga memiliki pukulan yang membuat musuh sekarat tewas seketika.

Sayangnya, Balmond tidak memiliki kemampuan untuk menantang musuhnya seperti yang dimiliki Axe. Namun dua skill yang dimiliki Balmon dan juga desain penampilannya sudah mewakili Axe seutuhnya kok.

[page_break no="4" title="Alucard"]

Tokoh yang Menginspirasi Desain Karakter Mobile Legends - Bagian 1

[duniaku_adsense]

Karakter Alucard dari Mobile Legends ini sebenarnya sudah menggambarkan sosok vampir keren yang membawa pedang sebagai senjatanya. Ada suatu cerita yang menyatakan Alucard adalah anak vampir terkuat, Count Dracula, yang menikah dengan seorang manusia. Ia digambarkan memiliki rambut putih menyala dan membawa pedang untuk membasmi vampir dan mahkluk iblis lainnya.

Namun untuk desain karakternya sendiri, sosok Alucard ini justru mirip dengan karakter Nero dari serial Devil May Cry. Nero sendiri merupakan karakter pembasmi iblis yang merupakan manusia separuh iblis. Ia menggunakan pakaian serba merah, memiliki rambut putih, dan juga memiliki tangan iblis bernama Devil Bringer.

Dilihat dari penampilannya, Alucard sangat mirip dengan Nero. Baik dari segi kostum maupun senjata dan tangan iblis yang mereka miliki. Keduanya juga pandai bertarung jarak dekat menggunakan pedang. Selain mirip dengan Nero, Alucard juga mirip dengan Dante, paman dari Nero. Meskipun demikian, Dante tidak memiliki tangan iblis.

[page_break no="5" title="Akai"]

Tokoh yang Menginspirasi Desain Karakter Mobile Legends - Bagian 1

[read_more id="308616"]

Banyak sekali karakter yang menggunakan bintang panda sebagai dasar desain karakternya. Akai sendiri mirip dengan tokoh Po dari Kung Fu Panda. Keduanya tidak menggunakan pakaian, hanya celana ketat berwarna cokelat. Keduanya pun sangat jago bela diri, meskipun Akai menggunakan bola besi sebagai senjata utamanya.

Tokoh Po diceritakan tidak memiliki kemampuan bela diri, tetapi ia ditakdirkan menjadi pendekar naga yang menjaga perdamaian para binatang lainnya. Sedangkan sang musuh yang bernama Tai Lung berusaha mengambil gulungan naga keramat yang dijaga oleh Shifu. Semua binatang ahli kung fu tak ada yang bisa menghadapi Tai Lung saat itu. Hanya satu yang bisa, Po. Karena Po memiliki banyak lemak banyak, pukulan Tai Lung tak ada yang melukainya.

Itulah yang menjadi dasar Akai, seorang Tanker yang mampu menahan semua pukulan musuh-musuhnya. Selain itu, Akai juga menggunakan teknik menindih musuh, seperti yang dilakukan Po saat menindih Tai Lung.

[page_break no="6" title="Chou"]

Tokoh yang Menginspirasi Desain Karakter Mobile Legends - Bagian 1

Dari wajah dan kostum, Chou merupakan karakter yang terinspirasi dari legenda hidup Bruce Lee. Keduanya juga memiliki jurus kung fu yang sama yaitu Jeet Kune Do. Beberapa logat Chou saat bertempur juga mirip Bruce Lee, seperti teriakan "Watatata." Keduanya juga memiliki tinju dan tendangan mematikan, sehingga ditakuti musuh-musuhnya.

Bruce Lee merupakan ahli bela diri dari Amerika, tetapi memiliki darah orang Hong Kong. Sejak dari kecil ia sudah cinta terhadap bela diri. Hal itulah yang membuatnya terus berlatih hingga menciptakan pola bela dirinya sendiri. Namanya mulai melejit setelah membintangi banyak film layar lebar. Banyak aktor yang akhirnya juga berguru kepadanya, salah satunya adalah Chuck Norris.

Salah satu kostum Bruce Lee yang paling melegenda adalah kostum trainer berwarna kuning yang ia kenakan dalam film Game of Death. Film itu sendiri menjadi film terakhir dari Bruce Lee, sebelum akhirnya ia meninggal di usia 32 tahun. Kostum itu juga yang dikenakan Chou.


 

Itulah desain karakter Mobile Legends yang terlihat jelas terinspirasi dari media budaya pop lain. Apakah kamu tahu contoh selain enam di atas? Sampaikan di kolom komentar!

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

Latest