Comscore Tracker

10 Game PlayStation One yang Paling Memorable Hingga Saat Ini

Konsol PlayStation milik Sony sudah berusia 20 tahun saat ini, dan inilah 10 game PlayStation One yang paling memorable (terutama bagi warga Indonesia) hingga saat ini.

10 Game PlayStation One yang Paling Memorable Hingga Saat Ini

Konsol PlayStation milik Sony sudah berusia 20 tahun saat ini, dan inilah 10 game PlayStation One yang paling memorable (terutama untuk warga Indonesia) hingga saat ini.

Tak terasa, 9 September 2015 menjadi pertanda 20 tahun kehadiran Sony PlayStation di Amerika Utara. Dan pada tahun 1995 lalu juga bocah-bocah di Indonesia mulai mengenal konsol legendaris berwarna abu-abu ini. Hingga saat ini konsol tersebut sudah menemani kita dengan lebih dari 7.500 judul game! Dari banyaknya judul game PlayStation itu, tentu donk ada beberapa judul game yang paling kita favoritkan. Dan kami dari pihak duniaku.net telah merangkum 10 judul game PlayStation yang paling memorable di Indonesia hingga saat ini.

[page_break no="1" title="Crash Team Racing"]

10 Game PlayStation One yang Paling Memorable Hingga Saat IniCrash Team Racing atau yang kita kenal sebagai CTR merupakan game PlayStation bergenre racing yang paling memorable hingga saat ini. Merupakan game spin-off dari Crash Bandicoot yang merupakan game petualangan. Disini Crash, Coco, beserta karakter-karakter lain termasuk sang antagonis utamanya yaitu Dr. Nitro beradu menggunakan kart mereka masing-masing. Di track yang kamu pilih, akan ada box berisi power up yang bisa menjadi senjatamu untuk mengalahkan pembalab lainnya. Game ini sangat seru jika dimainkan berdua dalam satu layar TV yang dibagi 2. Entah mengapa, meskipun seri-seri racing dari Crash Bandicoot bermunculan, seri CTR pertamalah yang paling sukses hingga saat ini.

[youtube_embed id="IDe3N_kKHJ4"]

[page_break no="2" title="Metal Slug"]

10 Game PlayStation One yang Paling Memorable Hingga Saat IniBeralih ke game PlayStation paling memorable selanjutnya adalah Metal Slug. Game shooter milik SNK ini langsung menjadi game favorit di kalangan gamer tahun 90-an. Berawal dari seorang pejuang bernama Marco Rossi harus berjuang melawan Jendral Morden dan pasukan pemberontak lainnya yang melakukan kudeta. Sendiri layaknya Rambo, kamu harus berjuang menyelesaikan setiap stage yang dijaga oleh boss. Menariknya game ini menampilkan banyak jenis senjata yang bisa kamu dapatkan dari power-up yang muncul. Ada juga tank yang bisa kamu kendarai, yaitu Metal Slug itu sendiri. Game ini juga sangat asyik jika dimainkan berdua bersama teman atau saudara. Tapi momen paling diingat adalah ketika karakter kita mati dan masih menyisakan banyak bom, pasti kamu bakal merasakan penyesalan. Haha..

[youtube_embed id="34sU5DVIGMM"]

[page_break no="3" title="Bishi Bashi Special"]

10 Game PlayStation One yang Paling Memorable Hingga Saat IniBagi pecinta game casual, Bishi Bashi Special merupakan game paling populer di konsol PlayStation. Game ini seru dimainkan bersama teman-teman yang lain (maksimal tiga pemain), mereka akan saling beradu memenangkan beberapa mini game yang bisa dipilih bersama. Ada puluhan mini game yang bisa dipilih, masing-masing memiliki gameplay dan ketentuan yang berbeda. Salah satu mini game yang paling baik adalah "PERM Mania" atau yang disebut Afro Disco. PERM Mania memaksa pemain untuk menirukan ritme lagu dari pengajar, cukup dengarkan ritmenya lalu tekan tombol X sesuai ritme yang diajarkan. Siapa yang mendekati ritme sebenarnya akan mendapatkan poin.

[youtube_embed id="X0oYLdKhkww"]

[page_break no="4" title="Pepsiman"]

10 Game PlayStation One yang Paling Memorable Hingga Saat IniJika kita sekarang ini kita mengenal Temple Run, maka di tahun 1999 lalu kita juga punya game PlayStation yang serupa yaitu Pepsiman! Game ini menampilkan petualangan si Pepsiman yang selalu berlari tanpa henti untuk mencari sekaleng pepsi yang akan ia minum. Gameplay-nya simpel, kamu cukup menghindari rintangan dengan cara melompat atau sliding dari benda-benda yang berbahaya. Terdapar beberapa level yang harus kamu selesaikan untuk menamatkannya, dan setiap level memiliki tingkat kesulitan yang berbeda loh! Di setiap perjalanan, kamu bisa mengumpulkan kaleng pepsi juga untuk menambah life point.

[youtube_embed id="zW3E9OlZtrQ"]

[page_break no="5" title="Metal Gear Solid"]

10 Game PlayStation One yang Paling Memorable Hingga Saat IniYap lanjut ke game PlayStation paling memorable berikutnya ada Metal Gear Solid. Merupakan seri Metal Gear pertama dalam bentuk 3D render. Game ini terkenal karena kesusahannya, disini kamu akan bergerak menjadi seorang mata-mata, dan seluruh pergerakanmu sebisa mungkin tidak boleh memicu keributan. Sebab setiap keributan, memicu alarm yang membuat lebih banyak pasukan musuh yang mengejarmu. Dan momen paling memorable di game ini adalah ketika tokoh utamanya yang bernama Solid Snake mati. Saat itu sang kolonel akan memanggil-manggilnya, "Snake? Snake?? SNAAAKKKEEEE!!" Hayo ngaku siapa yang sering menirukan suara kolonel di sekolah?

[youtube_embed id="2VxIWAj3Ji0"]

[page_break no="6" title="Digimon World"]

10 Game PlayStation One yang Paling Memorable Hingga Saat IniDiawal era tahun 2000-an, siapa sih yang tidak mengenal anime Digimon World? Tentu game-nya juga sangat nge-hits saat itu! Game pertamanya ini menggabungkan elemen RPG dan simulasi menjadi satu. Kamu bisa membawa satu Digimon yang harus kamu pelihara. Kamu bisa melatih, memberi makan, memberi obat, atau mengantarnya ke toilet. Nantinya ia bisa berevolusi menjadi Digimon yang lebih kuat jika kamu melatihnya. Keunikan game PlayStation ini adalah kamu bisa mengatur Digimon sesuai yang kamu inginkan. Akan ada banyak cabang evolusi yang bisa kamu capai. Mereka juga bisa mati, ketika mati kamu akan membesarkan Digimon baru mulai dari bayi lagi. Tujuan game ini adalah mengumpulkan Digimon lain, berkumpul lagi di satu kota.

[youtube_embed id="O32jzs0EWZM"]

[page_break no="7" title="Brigandine: The Legend of Forsena"]

10 Game PlayStation One yang Paling Memorable Hingga Saat IniGame PlayStation memorable lain adalah Brigandine: Legend of Forsena. Game strategi garapan Hearty Robin yang diterbitkan Atlus ini sangat jaya di tahun 1998 silam. Merupakan salah satu game terbaik yang pastinya memorable! Kamu bisa memilih fraksi diawal permainan, dan tujuan utamamu adalah menguasai seluruh kontinen yang diduduki fraksi lainnya. Banyak prajurit yang bisa kamu siapkan untuk bertempur. Tidak hanya itu saja, keasyikan game ini justru para prajurit yang kamu latih bisa berevolusi menjadi unit yang jauh lebih kuat (memiliki skill yang kuat)! Terdapat juga leader yang mampu memimpin pasukan-pasukanmu untuk menyerang. Strategi penyerangan menjadi kunci kemenangan.

[youtube_embed id="Wd9lQj7RJN0"]

[page_break no="8" title="Suikoden II"]

10 Game PlayStation One yang Paling Memorable Hingga Saat IniBeralih ke RPG, kali ini adalah Suikoden II. Yap, meskipun merupakan seri Suikoden yang masih menggunakan tampilan pixel 2D, game ini menjadi salah satu yang terbaik untuk konsol PlayStation loh. Dilihat dari ceritanya memang epik sih, selain itu menghadirkan 108 karakter yang bisa kamu lengkapi dengan melakukan berbagai side-quest yang menantang. Psst, game PlayStation yang satu ini juga menghadirkan dua ending berbeda loh! Dan bagi penggemar beratnya pasti rela memainkan ulang game ini demi melihat alternatif ending lainnya. BGM-nya pun hingga saat ini masih memorable banget!

[youtube_embed id="WVGFelslhBg"]

[page_break no="9" title="Final Fantasy VII"]

10 Game PlayStation One yang Paling Memorable Hingga Saat IniNah, posisi berikutnya adalah Final Fantasy VII, game RPG garapan Square Soft ini menjadi salah satu game terbaik di konsol PlayStation. Gameplay-nya sangat menarik, menampilkan battle secara turn-based yang pastinya dilengkapi dengan BGM keren. Tidak hanya itu, game ini sangat terkenal dengan banyak adegan yang memorable! Hehe.. Tetapi yang paling menarik dari seri ini adalah cerita yang disuguhkan. Saking banyak penggemar yang menyukai seri Final Fantasy VII ini, Square Enix memutuskan untuk me-remake-nya untuk konsol generasi terbaru saat ini yaitu PlayStation 4.

[youtube_embed id="TD_GqlNtNjo"]

[page_break no="10" title="Harvest Moon: Back to Nature"]

10 Game PlayStation One yang Paling Memorable Hingga Saat IniYang paling memorable diantara game-game PlayStation tentu adalah Harvest Moon: Back to Nature. Yap, game simulasi pertanian ini merupakan game paling populer di tahun 2000-an. Merupakan game kasual dimana kamu akan menjadi pewaris tanah pertanian. Banyak hal yang bisa dilakukan misalnya menanam benih untuk dijual lagi, memelihara binatang (ayam, sapi, domba, kuda, dan anjing), mengikuti festival, menambang relik dan emas, berpacaran, hingga menikah. Saking populernya game PlayStation ini, ada pihak lokal yang berani men-tranlasikan seluruh kontennya dengan bahasa Indonesia loh! Bagi yang kangen sama musik-musik dan permainannya, bisa cek tautan berikut.

[youtube_embed id="y8AX4EL-i1A"]

Nah, itu adalah kesepuluh game PlayStation yang sangat memorable untuk warga Indonesia! Adakah game memorable lain yang tidak termasuk dalam daftar yang ada? Jika ada, bisa kamu tulis dikolom komentar yah! Hehe.. Psstt.. Ada halaman rahasia loh!

[page_break no="99" title="BONUS: Resident Evil"]

10 Game PlayStation One yang Paling Memorable Hingga Saat IniAHAY... Kamu menemukan halaman bonus! Yah, bagi penulis sendiri pasti memiliki game PlayStation paling memorable yang lain dari pada yang lain. Dan game tersebut adalah Resident Evil dari Capcom. Game ini dirilis pada tahun 1996 silam, dan celakanya game ini berhasil memberi penulis memori buruk! Hahaha.. Sedikit curcol, awalnya saya agak takut memainkan game ini di toko game, waktu itu tulisannya aja udah "Evil" pasti ada hubungannya ama hantu. Dan bener, atmosfernya aja nggak enak apalagi tokoh utamanya nemu darah di sebuah ruangan. Ketika naik ke lantai 2 dan masuk ruangan, ada zombie yang makan manusia! OMG..!! Saat-saat terburuk itu dimulai (bisa dilihat dari gambar di atas). Hanya bermodal pisau dan kontrol yang susah, zombie itu berhasil memakan Chris Redfield dan game over. Bayangkan anak SD sudah disuguhi adegan kekerasan oleh zombie, tentu saja itu membuat saya phobia zombie sampai sekarang. (Dulu sampai ga bisa tidur 3 hari 3 malam cuy) Haha..

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek