Comscore Tracker

Rusuh! 5 Fanwar Terbesar Sepanjang Sejarah K-pop!

5 fanwar paling rusuh sepanjang sejarah K-Pop!

Mau generasi pertama, kedua ataupun saat ini generasi ketiga.  Fanwar (pertengkaran antara kedua fandom idol) merupakan sebuah hal yang tidak bisa dihindari.

Berbagai drama dari beberapa fandom pernah menimbulkan kontroversi yang besar. Tapi diantara semua fanwar, ini lah yang paling menghebohkan sepanjang sejarah K-pop!

Rusuh! 5 Fanwar Terbesar Sepanjang Sejarah K-pop! Sumber: allkpop[/caption]

Salah satu penyebab utama terjadinya fanwar adalah ketika kedua grup idol comeback di waktu yang bersamaan. Hal itu juga yang terjadi saat fanwar paling legendaris yang terjadi di tahun 2014.

Saat SNSD melakukan comeback nya yang bertajuk Mr. Mr, 2NE1 melakukan comeback-nya dengan judul "Come Back Home".

Baik Sone dan Blackjack meyakinkan diri bahwa bias mereka lah yang pasti akan menjadi juara pertama pada acara musik Inkigayo. Disaat yang bersamaan, grup idol lain juga ikut melakukan comeback yaitu 4Minute dengan judul lagu "Whatcha DoinToday?"

Fanwar tersebut terhenti ketika ternyata 4Minute yang tak ikut fanwar lah  yang malah memenangkan juara pertama. Tak hanya Sone dan Blackjack, bahkan fan dari 4Minute seakan tak percaya biasnya yang mendapatkan juara pertama.

Rusuh! 5 Fanwar Terbesar Sepanjang Sejarah K-pop! Sumber: soompi[/caption]

Well, konyol rasanya melihat pertarungan fanwar antara generasi kedua dan ketiga. Tapi itulah yang terjadi saat EXO melakukan comeback dengan lagu "Love Me Right" bersamaan dengan comeback BIGBANG dengan lagu "Loser".

Pertarungan sengit antara EXO-L dan VIP menjadi sangat panas ketika EXO-L mengancam akan membawa bom pada konser BIGBANG!

Tak hanya itu, EXO-L juga melakukan aksi pembakaran poster dari lead vokal dari BIGBANG yaitu Taeyang. Fanwar tersebut berhenti ketika salah satu fanbase EXO-L melakukan permintaan maaf langsung kepada pada member BIGBANG dan VIP.

Rusuh! 5 Fanwar Terbesar Sepanjang Sejarah K-pop! Sumber: daradaily[/caption]

Nah, kalau perseteruan kali ini sih masih wajar karena kedua grup idol sama-sama berasal dari generasi ketiga. Selain itu pertikaian antara EXO-L dan juga Army juga masih hangat-hangatnya karena kedua grup idol ini merupakan idol yang masih sangat aktif di dunia K-pop.

Alasan fanwar antar kedua fandom ini sebenarnya tak ada yang serius, hanya saja persaingan antara chart musik, penjualan album, jumlah viewers di YouTube hingga kemenangan dalam penghargaan musik.

Rusuh! 5 Fanwar Terbesar Sepanjang Sejarah K-pop! Sumber: allkpop[/caption]

Hal yang paling mengherankan saat fanwar adalah ketika para grup idol sendiri bersahabat baik tapi malah fan yang adu serang. Contohnya saja antara BTS dan GOT7 merupakan kedua grup idol yang dikenal berteman baik dan kompak.

Fanwar antara iGOT7 dan Army awalnya terjadi saat beberapa oknum dari Army seringkali memberikan tuduhan kepada GOT7 yang sering menjiplak konsep lagu dari BTS.

Meskipun iGOT7 di Korea memang tak banyak jumlahnya ketimbang Army. Tapi jangan salah! iGOT7 internasional lah yang turun tangan membela GOT7 dengan sindiran “Bagi Army sih, BTS selalu menjadi trandsetter dan grup idol lain hanya bisa meniru BTS”.

Rusuh! 5 Fanwar Terbesar Sepanjang Sejarah K-pop! Sumber: pinterest[/caption]

Nah, kalau ini sih yang paling seru! Bagi kamu yang sudah pernah menonton drama Korea Reply 1997, pasti tahu betul bagaimana perseteruan ini bisa terjadi ketika para fan belum mengenal internet.

Perseteruan antara fan SECHKIES dan H.O.T merupakan fanwar terpanas dan paling nyata. Fanwar yang mereka tak hanya bersembunyi dibelakang keyboard. Tapi mereka benar-benar melakukan perang dengan bekelahi satu sama lain.


Nah itu dia daftar fanwar antara penggemar K-Pop. Kalau bisa sih jangan sampai ada pertengkaran, ya. Kalau kamu bagaimana?

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek