Comscore Tracker

Penuh Sejarah, Inilah 5 Kota di Dunia yang Ditemukan Tenggelam!

Apa jangan-jangan Bikini Bottom juga adalah kota yang tenggelam?

Peradaban umat manusia bisa dilihat dari beragam peninggalan sejarah masa lalu. Mungkin kita sudah mengenal beberapa bangunan bersejarah yang tak lekang oleh waktu seperti Piramida di Mesir, Chichen Itza di Meksiko atau Stonehenge di Inggris.

Selain itu, kota-kota kuno juga jadi bukti jika manusia memang telah hidup lama. Hal ini diungkapkan oleh beberapa penelitian yang menunjukkan tataan sebuah kota kuno mencerminkan budaya masyarakat yang tinggal di daerah tersebut.

Uniknya, kota kuno ini tak cuma ditemukan di dataran saja. Pasalnya, ada beberapa kota yang ditemukan di dasar laut lho. Kota yang tenggelam ini diakibatkan oleh berbagai macam faktor seperti gempa bumi, gunung meletus dan tsunami.

Nah berikut ini deretan kota yang tenggelam dan akhirnya bisa ditemukan. Apa saja ya?

Penuh Sejarah, Inilah 5 Kota di Dunia yang Ditemukan Tenggelam!

Sebagai sebuah wilayah yang peradaban manusianya cukup maju di masa lalu, banyak kota bersejarah yang ada di Yunani. Salah satu kota tersebut adalah Pavloperti. Uniknya, kota ini ditemukan oleh para peneliti di bawah  laut Laconia, Yunani.

Para arkeolog dibuat takjub dengan kota yang tenggelam ini. Pasalnya, mereka menemukan rumah, jalan raya, bahkan pemakaman di kota Pavloperti.

Konon, tenggelamnya kota Pavloperti disebabkan oleh gempa bumi dahsyat di zaman tersebut.

Penuh Sejarah, Inilah 5 Kota di Dunia yang Ditemukan Tenggelam!

Masih dari negara Yunani, kota yang tenggelam selanjutnya adalah Olous. Sama seperti di Pavlopetri, para arkeolog menemukan jalanan dan pemakaman di bawah laut. Menurut beberapa sumber, kota Olous sudah berdiri sejak abad ke-2 SM.

Salah satu hal menarik dari kota yang tenggelam satu ini adalah saat cuaca sedang terik dan air laut surut, pengunjung bisa melihat dinding atas bangunan kota kuno ini di pinggir pantai tanpa perlu menyelam.

Penuh Sejarah, Inilah 5 Kota di Dunia yang Ditemukan Tenggelam!

Di zaman romawi kuno, Baiae adalah salah satu kota yang sangat maju, di mana kota ini menjadi pusat mode dan fashion kala itu. Namun musibah besar menghantam kota Baiae.

Para penduduk banyak yang tewas akibat wabah penyakit malaria. Sedangkan kota ini lalu tenggelam akibat  letusan vulkanik gunung berapi.

Masih ada beberapa kota kuno lainnya yang ditemukan di bawah laut. Apa saja? Simak di halaman selanjutnya!

Penuh Sejarah, Inilah 5 Kota di Dunia yang Ditemukan Tenggelam!

India juga punya kota yang tenggelam lho. Diketahui, kota yang bernama Dwarka ini merupakan salah satu kota terpenting di masanya. Pasalnya, kota Dwarka dipercaya sebagai tempat tinggal dewa Krisna.

Pada mulanya, para arkeolog melakukan penelitian di atas permukaan tanah, namun mereka tak menyangka jika menemukan reruntuhan yang berada di bawah laut juga.

Penuh Sejarah, Inilah 5 Kota di Dunia yang Ditemukan Tenggelam!

Kota yang tenggelam terakhir adalah Port Royal yang berada di negara Jamaika. Beberapa orang menyebut jika kota ini merupakan kota terkutuk karena menjadi tempat pembajakan, prostitusi dan konsumsi minuman keras. Kota Port Royal tenggelam kira-kira pada tahun 1692 akibat gemba bumi yang dahsyat.

Reruntuhan kota ini paling banyak ditemukan di daerah Kingston Harbor. Penyelidikan terhadap Port Royal dilakukan sejak tahun 1981, dipimpin oleh Program Arkeologi Nautical dari Texas A & M University. Dalam penelitian tersebut, ditemukan dokumen bersejarah, artefak organik dan sejumlah besar puing-puing arsitektur.


Nah itu tadi lima kota yang tenggelam dan bersejarah. Kalau Kamu menyukai artikel ini, jangan sungkan untuk komentar dan share ya!

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek