Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Mereka dijamin juga bebas dari ancaman kartu merah KPK... :)

Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Setelah resmi dilantik menjadi presiden dan wakil presiden untuk periode lima tahun ke depan, Jokowi dan Jusuf Kalla tentu saat ini dipusingkan satu hal: menyusun kabinet yang akan membantu kinerja mereka (baca: Akankah Masa Depan Industri Game Indonesia Berada di Tangan Lembaga Ini?). Awalnya susunan kabinet direncanakan bakal diumumkan hari Rabu, 23 Oktober 2014 kemarin. Namun karena masih ada beberapa masalah seperti masuknya nama-nama yang masuk dalam daftar hitam KPK, maka nama-nama Kabinet Jokowi pun urung diumumkan.

Jika pak Presiden bingung, untuk mengisi pos menteri dan kepala badan ada banyak karakter game yang bisa kita sarankan kepada pak Presiden. Karakter-karakter ini dijamin cocok untuk masing-masing pos di Kabinet Jokowi karena memang kompeten di bidangnya dan sudah berpengalaman.

Eh, tetapi karena tokoh game merupakan tokoh fiktif, tentu tidak bisa direkrut ya! Tetapi setidaknya, saran ini bisa menjadi semacam benchmark bagi presiden Jokowi untuk mencari siapa-siapa saja yang cocok untuk mengisi pos menteri bukan? Oh ya, jika kalian ada karakter game lainnya yang lebih cocok dari kandidat kami di bawah, langsung saja ajukan melalui kolom komentar di bagian bawah.


[page_break no="1" title="Menteri Ristek Dikti"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Dr. Hal "Otacon" Emmerich memang pantas menduduki posisi sebagai menteri riset dan teknologi. Apalagi melihat ciptaannya, sebuah kendaraan perang yang memiliki senjata nuklir Metal Gear REX yang begitu hebat dan masif. Sayang keahliannya banyak dimanfaatkan oleh mereka para kalangan berduit, sampai ilmuwan jenius ini tidak tahu jika mesin perangnya bakal dijadikan senjata pemusnah masal. Karena itu, biar kejeniusannya itu tidak sia-sia, dan juga membantu menyukseskan beberapa strategi bapak presiden kita, seperti ingin menciptakan drone untuk memperkuat ketahanan militer Indonesia (atau membuat lebih banyak kapal selam lah, kan juga fokus mengembangkan kelautan Indonesia), kami ajukan Otacon dari serial Metal Gear Solid ini sebagai meteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti).


[page_break no="2" title="Menteri Pemberdayaan Perempuan"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Dengan kapasitas dan kemampuan Lara Croft yang sudah teruji di lingkungan yang liar sekalipun dan juga kepopulerannya, tentu Lara Croft berada di posisi yang teratas untuk pos menteri ini. Sosok perempuan yang tangguh, tidak mudah menyerah, dan memiliki segudang kemampuan seperti berperang, menyusup hingga bertahan hidup di alam bebas tentunya akan membuat misi emansipasi wanita lebih mudah jika Lara Croft sebagai menterinya.

Lanjut ke halaman 2...


[page_break no="3" title="Menteri Kelautan dan Perikanan"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Sosok Menteri Kelautan dan Perikanan tentunya harus diisi oleh seseorang yang sangat memahami laut dan segala isinya. Dengan latar belakang sebagai bajak laut tentunya Edward Kenway cocok untuk mengisi pos menteri Kelautan dan Perikanan ini. Pengetahuan Edward tentang kelautan sangat hebat. Dan pengetahuan tersebut sangat dibutuhkan dia sebagai seorang menteri mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang banyak memiliki laut.

Tentu saja, tujuannya adalah agar wilayah kelautan dan juga segala isinya tidak mudah diambil dan diklaim oleh negara lain. Kalau yang jadi menteri Edward Kenway, kira-kira ada negara lain yang berani mengklaim pulau terluar Indonesia sebagai bagian wilayahnya?


[page_break no="4" title="Ketua MK"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

"Objection!" Rasanya tidak ada karakter game lain yang lebih cocok menangani masalah hukum selain Phoenix Wright. Memiliki logika yang sangat baik dan lebih fokus dalam mengumpulkan bukti dan menghubungkan semuanya menjadi satu kesatuan bukti.  Kalau dia jadi ketua MK, kemungkinan besar hukum di Indonesia akan jauh lebih baik dan tentunya lebih 'bersih' dari korupsi.

Lanjut ke halaman 3...


[page_break no="5" title="Menteri Pariwisata"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Salah satu tugas Menteri Pariwisata adalah mempromosikan Indonesia sebagai destinasi wisata bagi para turis asing. Nah, Bayonetta adalah salah satu figur yang cocok. Lho kok bisa? Dengan tubuh yang ideal, Bayonetta tentu cocok menggunakan pakaian-pakaian adat Indonesia. Jika menggunakan kostum Samus Aran dan Link saja Bayonetta cocok, tentu menggunakan baju adat Indonesia juga tidak kalah anggun bukan.

Dan satu lagi, dengan penampilan yang lebih anggun tentunya akan lebih menarik minat para turis untuk berkunjung ke Indonesia. Negara mana coba yang tidak ingin punya duta wisata seseksi dan seanggun penyihir ini? :D


[page_break no="6" title="Menteri Pertahanan"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Karakter ikonik game Halo ini tidak bisa dipungkiri lagi kredibilitasnya. Hebat dalam berperang, ahli dalam taktik dan juga pintar mencari kelemahan lawan. Bisa dibayangkan, betapa aman dan damainya Indonesia saat Master Chief menjadi menteri pertahanannya. Dijamin, tidak ada negara lain yang berani mengusik keamanan Indonesia..

Lanjut ke halaman 4...


[page_break no="7" title="Menteri Pertanian"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Banyak kandidat yang bisa mengisi pos sebagai menteri pertanian. Salah satunya adalah Greg yang bisa kamu temui dalam Hay Day. Greg memiliki latar belakang sebagai petani dan peternak yang hebat, dan yang tidak kalah penting dia juga sosok yang tidak segan-segan untuk turun langsung ke petani lain untuk membantu. Ya, untuk menjadi menteri pertanian bukan hanya dituntut untuk mengetahui seluk beluk pertanian dan bagaimana mengoptimalkannya, tetapi juga dibutuhkan sosok yang mau turun tangan langsung dalam menghadapi masalah-masalah yang dihadapi para petani.


[page_break no="8" title="Ketua Badan Intelijen Negara"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Sesuai namanya, Solid Snake (dari Metal Gear Solid), licin seperti ular. Sulit sekali untuk menangkap karakter yang satu ini jika dia sudah dalam misi. Memiliki berbagai informasi dan hubungan dengan berbagai negara dan instansi. Kalau dia menjadi Ketua Badan Intelijen Negara bisa jadi Indonesia akan menjadi 'perpustakaan' dunia karena informasinya yang super-lengkap.

Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Selain Snake, kita juga tidak melupakan para intel lain yang sudah berpengalaman di medan, dan pastinya bisa dengan mudah mengendus gerakan-gerakan ekstrim yang ingin mengancam kedaulatan negara kita. Misalnya, Sam Fisher dari serial Splinter Cell, atau seperti Choi Ji Yoon dari game besutan Megaxus (gambar atas), Counter-Strike Online (bisa kalian unduh gamenya dari tautan berikut ini), yang memang dari sononya sudah menjadi anggota intelligence bureau of the special force dan sudah seringkali bertugas menangani misi melawan teroris.

Lanjut ke halaman 5...


[page_break no="9" title="Menteri Perdagangan"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Mari kita anggap saja Funky Kong bukanlah primata, namun manusia berkedok kingkong funky. Gayanya yang santai dalam berdagang di setiap game Donkey Kong Country bisa menjadi inspirasi banyak merchant lainnya agar tidak tampil membosankan dalam menjajakan dagangannya. Apalagi dengan senyumannya yang lebar itu. Bukankah pembeli adalah raja dan layak mendapatkan senyum terindah seller... hehe! Tentu saja, pos menteri perdagangan bukan sekadar keahlian menjual barang saja, namun juga bagaimana menjaga neraca perdagangan keseluruhan negara tetap berjalan dengan baik. Tidak ada salahnya jika sekali-kali dijalankan dengan aturan Kong,


[page_break no="10" title="Menteri Kesehatan"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Dr. Mario dari serial Super Mario lolos dari seleksi ketat jutaan dokter yang ada di Indonesia, dan kami masukkan dalam daftar ini. Coba deh, kalian cari, ada tidak seorang dokter yang multi-talenta. Dia juga bisa menjadi tukang ledeng, penyelamat seorang putri dari kasus penculikan buaya jadi-jadian, sampai juga memiliki tubuh yang sangat atletis, karena bisa menarik bendera yang berkibar di atas tiang yang menjulang tinggi. Kita juga tidak bisa mengesampingkan kemampuannya untuk terbang dan bergerak lebih cepat hanya dengan memegang "bintang jatuh." Coba bayangkan saja, seandainya kemampuan tersebut dia turunkan ke para dokter-dokter muda di negara kita, pasti mereka bisa lebih sigap dalam menangani pasien kritis, dan angka kematian bisa diturunkan. Dia juga menjadi penemu capsule ajaib yang dipercaya mampu memusnahkan semua virus di dunia.

Lanjut ke halaman 6...


[page_break no="11" title="Menteri Kebudayaan dan Pendidikan"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Masih ingat dengan bu guru cantik (masa kecilnya dianggap masuk taraf prodigydan paling cerdas se dunia Final Fantasy VIII ini kan? Dan kami yakin, kalian gak akan peduli meskipun dia kena indikasi kartu merah KPK, tetap ingin Quistis Trepe duduk di pemerintahan. Kecantikannya seakan menyembunyikan kepandaiannya, yang mengantarkan bu guru cantik ini menjadi pengajar termuda di sekolah terfavorit dunia (dunia Final Fantasy VIII lah!).    


[page_break no="12" title="Menteri Agama"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Ok, yang satu ini mungkin agak ekstrem karena mengambil tokoh antagonis dari Resident Evil 4. Akan tetapi, jika kita kesampingkan hal-hal negatif dari Osmund Saddler, maka kita akan dapat memetik beberapa hal yang berguna. Osmund Saddler mendirikan sebuah occult bernama Los Illumindos, dan dia begitu berpengaruh serta karismatik sehingga sukses dia menjadikan seluruh penghuni desa dan kastil menjadi pengikutnya. Osmund adalah seorang visoner yang hebat dan pintar. Benar-benar seorang 'pencerah'.

Lanjut ke halaman 7...


[page_break no="13" title="Menteri Sosial"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Nico Bellic sudah paham dengan masalah sosial yang ada di sekitarnya, mulai dari pencurian mobil, pembunuhan, penjualan obat-obat terlarang, penjualan senjata. Karena dia sudah paham dengan beragam masalah tersebut, tentu tidak sulit baginya untuk menangani masalah serupa yang ada di Indonesia.


[page_break no="14" title="Menteri BUMN"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Berkaca dari posisi menteri BUMN saat ini yang memang sangat ahli dalam bidang kelistrikan, maka kami mengajukan putra presiden Shin-Ra di dunia Final Fantasy VII, Rufus Shin-Ra untuk menduduki posisi menteri BUMN. Tampangnya keren dan cool, dan yang pasti, sudah menjamin negara kita tidak akan kehabisan energi karena dia sudah memberikan solusi dengan pengolahan Mako, yang bisa diwujudkan dalam bentuk energi listrik yang efisien dan mudah didapat. Pemerintah tinggal bekerjasama dengan Lightning selaku panglima TNI (dalam daftar kabinet yang kami ajukan ini lho ya!) untuk memperkuat angkatan perang, karena memang pemanfaatan teknologi tersebut diduga memicu munculnya banyak monster aneh!

Lanjut ke halaman 8...


[page_break no="15" title="Menteri Perhubungan"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Di dunia Mass Effect, sudah ada teknologi Mass Relay yang bisa mempermudah transportasi antar planet dengan memindahkan satu pesawat dari Mass Relay satu ke Mass Relay lainnya. Dengan Shepard sebagai menteri Perhubungan, tentu dia bisa membawa teknologi tersebut untuk memajukan transportasi di Indonesia.


[page_break no="16" title="Menteri Luar Negeri"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Ukuran seseorang ahli dalam bidangnya adalah berapa lama dia berkecimpung dalam bidang tersebut. Kalau Samus Aran dari serial Metroid ini kami yakin juga cocok dengan posisi menteri luar negeri. Dia tidak hanya sering ditugaskan keluar dari wilayahnya ketika meniadi petugas federasi, namun jalan hidupnya sebagai seorang bounty hunter antar galaksi membuatnya mengenal banyak hal bukan sekadar dari "luar negeri" saja, melainkan juga dari "luar galaksi" kita. Kemampuan diplomasinya mungkin belum terlihat secara eksplisit, namun dalam situasi yang kurang menguntungkan, dia bisa segera berubah menjadi bola (serius, itu memang salah satu keahliannya) dan kabur untuk keselamatan dirinya. 

Lanjut ke halaman 9...


[page_break no="17" title="Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Kamu sudah bangga ketika nama Indonesia disebut-sebut (secara samar sih!) dalam Far Cry 3 menjadi setting-nya. Di sana diperlihatkan bagaimana seorang Jason Brody berani memasuki tropis yang jauh dari peradaban seorang diri tanpa perlengkapan yang memadai. Dan kami yakin, hobi blusukan ke hutan belantara tersebut juga akan dia teruskan meskipun sudah ditunjuk sebagai menteri yang bertujuan untuk mengoptimalkan daerah tertinggal serta memaksimalkan peran transmigrasi untuk menyetarakan semua wilayah kepulauan Indonesia, agar meskipun jauh dari pusat pemerintahan, bisa ramai dan maju seperti di Jawa.  


[page_break no="18" title="Menteri Pemuda dan Olah Raga"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Namanya (Trainer) sudah cukup menjelaskan kenapa kami memilihnya menduduki posisi yang banyak menentukan perkembangan banyak cabang olahraga nasional ini, termasuk itu juga banyak berhubungan dengan anak-anak muda yang membutuhkan banyak tutorial olah raga agar jiwanya lebih kuat. Seperti semboyan "mens sana in corpore sano", di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Wii Fit Trainer dari Nintendo jelas sangat berpengalaman, apalagi video latihan olahraganya sudah terjual puluhan juta kopi, dan diperagakan ratusan juga orang di seluruh dunia. Selain itu juga sejalan dengan salah satu slogan bapak presiden kita, revolusi mental (jiwa yang kuat). Salah satunya bisa dengan lebih menggalakkan olahraga pada para pemuda Indonesia...

Lanjut ke halaman 10...


[page_break no="19" title="Menteri Komunikasi dan Informatika"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Aiden Pearce sangat pintar dalam aktivitas hacking. Bahkan semua teknologi yang ada di kotanya pun sudah dikuasai. Jadi, dia tepat untuk menempati pos ini bukan? Siapa tahu dengan kemampuan hacking-nya, internet di Indonesia jadi lebih cepat. Hehehe.. 


[page_break no="20" title="Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Siapa yang tidak mengenal Cloud Strife. Namun kami menyarankannya menduduki posisi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi karena aksinya yang inspiratif dalam menentang penguasa, termasuk dalam mereformasi birokrasi yang dalam dunia Final Fantasy VII lebih banyak dikuasai oleh para antek-antek Shin-Ra. Sifatnya memang pendiam, dan cuek, namun karakter "pemberontaknya" dijamin bisa dengan mudah menjebol tembok-tembok yang membatasi birokrasi di negara kita. Setuju!? 

Lanjut ke halaman 11...


[page_break no="21" title="Menteri Dalam Negeri"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!Ya, memang ada banyak nama Cid. Namun kita tentu tidak bisa melupakan Cid satu ini. Cid Kramer nama lengkapnya, dan memiliki penampilan paling rapi, serta jauh dari kesan inventor seperti Cid lainnya. Kepala sekolah Balamb Garden (sekaligus penggagas SeeD, pasukan mercenary) di dunia Final Fantasy VIII ini sudah membuktikan keahliannya dalam mengatasi semua intrik politik atau yang berhubungan dengan para siswa dan guru, yang terjadi di dalam sekolah futuristis tersebut. Jadi, kami tidak ragu menyodorkannya bisa masuk dalam daftar kabinet baru Indonesia, dan menduduki posisi Menteri Dalam Negeri. 


[page_break no="22" title="Menteri ESDM"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Jim Raynor sudah berpengalaman melatih rakyat biasa menjadi seorang profesional yang memiliki keahlian khusus di StarCraft II, seperti tentara, tenaga medis, hingga pilot. Sehingga mudah baginya untuk memajukan sektor ESDM di Indonesia.

Lanjut ke halaman 12...


[page_break no="23" title="Menteri Koperasi dan UKM"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Pete atau Claire (bergantung dari genre yang kalian pilih) memang baru kelihatan bagaimana kelihaiannya dalam mengelola lahan pertanian di Harvest Moon: The Lost Valley. Namun berkaca dari pengalaman para karakter serial Harvest Moon terdahulu, yang sukses dalam menyatukan banyak karakter yang membuka usaha kecil di suatu desa, bahkan sampai berkembang menjadi besar dan menjadikan desa tersebut mandiri, Pete atau Claire bisa dilirik untuk duduk di kursi kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di negara kita. 


[page_break no="24" title="Menteri Perindustrian"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Booker DeWitt sudah melewati masa revolusi industri yang penuh intrik dan masalah, sehingga dia sudah memahami masalah apa saja yang bisa muncul dalam perindustrian. Dengan pengalamannya tersebut, seharusnya dia lebih bisa menyelesaikan masalah industri di Indonesia.

Lanjut ke halaman 13...


[page_break no="25" title="Menteri Ketenagakerjaan"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Memang lebih tepat memilih figur yang sudah pernah merasakan bagaimana dia harus bekerja keras dari bawah membangun usaha. Dante misalnya, dia gak hanya good looking, dan juga sanggup meruntuhkan hati wanita manapun. Namun sedari muda sudah punya jiwa bisnis dengan membuka usaha jasa mercenary pemburu demon. Bayangkan, seandainya dia mematenkan usahanya tersebut, melatih banyak pemuda lain gaya hard-stylish-nya yang semau gue untuk membasmi demon (atau bisa juga sih, membantu Lightning membasmi para penjahat), dan menciptakan banyak lapangan kerja baru.


[page_break no="26" title="Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Karena Joel hidup di era post apocalypse bersama Ellie. Dan di masa itu, hampir tidak ada tempat tinggal dan pekerjaan yang layak untuk hidup. Karena itu, Joel pastinya merasa pentingnya tempat tinggal dan pekerjaan untuk rakyat. Pada saat dia menjadi menteri, tentunya dia mengerti masalah yang dihadapi dan berusaha untuk menyelesaikannya.

Lanjut ke halaman 14...


[page_break no="27" title="Menteri Kehutanan"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Julia Chang merupakan seorang peneliti yang benar-benar suka dengan tumbuhan. Dia berusaha untuk menghidupkan kembali hehijauan di muka bumi. Saat dia kekurangan dana untuk penelitian, dia mempertaruhkan tubuhnya dalam pertarungan turnamen Tekken dengan tujuan mendapatkan hadiah uang. Tidak ada orang yang lebih cocok menjadi selain Julia sebagai menteri kehutanan.


[page_break no="28" title="Menteri Agraria dan Tata Ruang"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Dengan kebiasaan Nathan Drake berkelana memburu harta karun, sampai ke pelosok desa, tentunya dia juga bisa mempelajari bagaimana cara-cara penduduk lokal mengelola sistem yang berkaitan dengan lahan dan tata ruang di wilayah mereka. Dengan banyaknya pengalaman tersebut, diharapkan dia juga bisa memberikan solusi yang baik seandainya ada masalah yang berhubungan dengan jabatannya di dalam pemerintahan. Sepertinya misalnya, ditemukan sebuah situs sejarah baru yang dipercaya berisi banyak harta karun di dalamnya. Kami yakin Nathan tidak akan menyerahkan eksplorasi lahan tersebut ke siapa pun, akan dia lakukan sendiri, amankan semua peninggalan bersejarah, segera mengurus semua administrasinya, dan bukan tidak mungkin juga langsung menggagas mengabarkan penemuan tersebut ke dunia internasional, bekerjasama dengan Bayonetta, untuk menarik banyak turis asing.

Lanjut ke halaman 15...


[page_break no="29" title="TNI"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Karena latar belakangnya sebagai tentara dan hebat dalam pertarungan jarak dekat maupun jarak jauh tentu membantu peran barunya sebagai panglima TNI. Apalagi dia sudah memiliki pangkat Sersan di dunia FF tentunya. Selain itu, dia juga membawa inovasi Gunblade yang ekonomis karena memadukan pedang dan pistol dalam satu senjata. Bukankah keren kalau nantinya para tentara kita menggunakan Gunblade ala Lightning?


[page_break no="30" title="Polri"]


Indonesia Bakal Hebat Kalau Kabinet Jokowi Berisikan Mereka!

Tokoh utama dalam seri Resident Evil. Memulai karirnya sebagai tim elit polisi S.T.A.R.S. Berhasil selamat dari kejaran zombie, ular raksasa dan berbagai monster. Jika Chris menangani kepolisian negara, bisa dipastikan kepolisian Indonesia akan lebih bad-ass.

Kurang puas dengan daftar kandidat menteri yang kami ajukan untuk Kabinet Jokowi? Jika kalian memiliki karakter lain yang lebih pas-mantab, langsung saja ajukan melalui kolom komentar di bagian bawah.

Artikel terkait

Latest