Apa Sih Arti dari POV di Novel? Ini Jawabannya yang Benar!

Biar gak salah, ini arti dari POV di novel

Apa Sih Arti dari POV di Novel? Ini Jawabannya yang Benar!

Kalau membahas novel dan literasi lainnya, pasti ada beberapa istilah yang membuat pembaca awamnya jadi bingung.

Salah satunya adalah POV yang sering dimunculkan di beberapa novel atau literasi terutama sebelum bagian dialog karakter.

Lalu apa singkatan POV?

1. POV adalah singkatan dari Point of View

Apa Sih Arti dari POV di Novel? Ini Jawabannya yang Benar!pixabay.com

Kita mulai arti dari bahasanya terlebih dahulu, yaitu bahasa Inggrisnya. POV adalah singkatan dari Point of View untuk singkatannya yang tepat.

Dari sini, penggunaan POV ditujukan untuk menandai dan menentukan dari sudut mana cerita itu diceritakan.

Baca Juga: 7 Cara Ngabuburit Asik Ala Geek dan Gamer!

2. Arti singkatnya adalah "Sudut Pandang"

Apa Sih Arti dari POV di Novel? Ini Jawabannya yang Benar!pixabay.com

Dalam bahasa Indonesia, jelas point of view punya arti sudut pandang.

Di sini lah penggunaannya yaitu untuk menandai sudut pandang cerita yang penggunaanya juga bisa dari berbagai arah.

Misalkan sang penulis ceritanya bisa menambahkan sudut pandang atau POV miliknya sendiri ke dalam cerita, atau umumnya juga digunakan untuk menentukan sudut pandang atau POV dari karakter di dalam ceritanya.

3. POV juga terbagi dari beberapa sudut pandang

Apa Sih Arti dari POV di Novel? Ini Jawabannya yang Benar!brainpop.com

Layaknya sudut pandang dalam cerita, ada beberapa POV yang dimunculkan.

Pertama ada POV orang pertama di mana sudut pandangnya berasal dari tokoh utama yang membuat penulis, pembaca, atau narator di beberapa cerita yang meletakan dirinya sebagai si tokoh utama.

POV pertama ini bisa memberikan emosi dan perasaan dari tokoh yang lebih dalam karena sang penulis menjelaskan semua isi kepala sang karakter dan pembaca mengetahuinya.

POV sudut pandang orang kedua dari sisi lain menceritakan tentang orang kedua yang biasanya merujuk tokoh utama dengan dia, kamu, kau, dan sejenisnya. Sudut pandang unik ini bisa membuat si pembaca merasa seperti yang sedang menjalani kisahnya. Misalnya,

Kamu membaca artikel ini. Setelah mempelajari yang tertulis, kamu sedikit lebih paham tentang sudut pandang dalam bercerita. Sekarang kamu bisa menggunakan sudut pandang yang terasa lebih mudah dan cocok untuk bercerita. 

Sementara itu POV orang ketiga punya beberapa sudut pandang dan informasi juga, ada yang serba tahu dan terbatas. 

POV sudut pandang ketiga serba tahu biasanya mengetahui keseluruhan kejadian dalam cerita yang berjalan, bukan hanya fokus ke satu karakter saja.

4. Sudut pandang mana yang cocok untuk penulis?

Apa Sih Arti dari POV di Novel? Ini Jawabannya yang Benar!thenextweb

Kalau soal sudut pandang yang cocok ini, setiap orang beda-beda. Kamu bisa saja sudah menghabiskan bertahun-tahun dengan sudut pandang orang ketiga, tapi lalu lebih cocok dengan sudut pandang orang pertama.

Sudut pandang orang ketiga serba tahu tampak sangat fleksibel. Kamu bisa beralih dari menjelaskan sejarah, latar, penampilan fisik, lalu menceritakan isi kepala masing-masing karakter. Ini lumayan cocok kalau kamu menceritakan kisah yang dunianya fantasi.

Sudut pandang orang pertama bisa membantu kamu menyajikan karakter utama dengan kuat. Soalnya, kejadian di cerita seakan-akan dinarasikan oleh si tokoh utama sendiri. 

Tapi kalau kamu benar-benar fokus sudut pandang orang pertama, kamu tidak bisa sefleksibel sudut pandang orang ketiga. Tidak mungkin dong seorang tokoh menarasikan isi kepala orang lain dengan sudut pandang orang pertama?

Terus gimana dengan sudut pandang orang kedua? Ini lumayan cocok kalau kamu main game pen and paper RPG. Atau kalau kamu menulis cerita pilih sendiri petualanganmu. Atau cerita kamu memang ingin membuat pembaca seakan mengalami sendiri kejadian di naskah. 

Kamu bisa menyajikannya, "Kamu sampai di sebuah tempat terbuka. Di kanan ada padang terbuka, di kiri ada jalur menuju kuburan. Mana jalan yang kamu pilih? Cek halaman lima untuk ke kanan, dan cek halaman sepuluh untuk ke kiri."

Pilih yang paling cocok untuk tipe ceritamu, dan jangan ragu untuk bereksperimen. 

Nah bagaimana menurutmu? Sudah lebih tahu kan sekarang? Coba tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Baca Juga: 5 Fakta Tim 25 Boruto, Tim Bimbingan Sai di Versi Anime 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU