Inilah Serba Serbi Pertama di Kamen Rider! Apakah Kamu Tahu Semuanya?

Banyak pelopor unik yang menjadi pertama di Kamen Rider, seperti Sidekick pertama, Kamen Rider wanita pertama, atau Kamen Rider pertama yang memiliki lebih dari dua Rider. Simak daftarnya di sini

Inilah Serba Serbi Pertama di Kamen Rider! Apakah Kamu Tahu Semuanya?

Inilah Serba Serbi Pertama di Kamen Rider! Apakah Kamu Tahu Semuanya?

Mulai dari Kamen Rider yang jadi jahat, Kamen Rider wanita pertama, bahkan Kamen Rider dengan jumlah Rider yang berbeda dengan seri lain, berikut ini serba serbi pertama di Kamen Rider!

Serial Kamen Rider sudah berjalan selama puluhan tahun dengan beragam judul yang berbeda setiap tahunnya, sampai akhirnya menjadi salah satu serial Tokusatsu paling terkenal di seluruh Jepang bahkan di seluruh dunia.

Sebagai serial yang terkenal, tentu Kamen Rider juga memiliki awal sampai akhirnya bisa menjadi besar seperti ini. Membahas tentang awal, maka kita juga tidak boleh melewatkan pelopor atau semua hal pertama yang ada di serial ini. Kira-kira apa saja ya serba serbi pertama di Kamen Rider? Simak daftarnya di bawah ini!

[page_break no="1" title="Kamen Rider Pertama"]

Inilah Serba Serbi Pertama di Kamen Rider! Apakah Kamu Tahu Semuanya?

Mungkin ini sudah menjadi hal yang sangat umum untuk para penggemar Kamen Rider. Serial pertama dari jajaran ini adalah Kamen Rider, yang pertama kali tayang pada 3 April 1971, dan menjadi pembuka dari semua serial Kamen Rider.

Jagoan kita di serial pertama ini adalah Kamen Rider dan berikutnya disebut Kamen Rider Ichigo (pertama) yang bertarung memberantas kejahatan yang diperbuat oleh organisasi kegelapan, Shocker.

Sebagai Kamen Rider pertama, tentu Kamen Rider Ichigo sangat dikenang, dan tidak hanya itu, Takeshi Hongo atau Kamen Rider Ichigo juga kembali hadir di film-film Kamen Rider berikutnya, terutama di era Showa, dan juga era Neo Heishei atau setelah Kamen Rider Decade.

Pemeran Takeshi Hongo sendiri, yaitu Hiroshi Fujioka pernah datang ke Indonesia dalam ajang Indonesia Comic Con.

[read_more id="357350"]

[page_break no="2" title="Sidekick Kamen Rider Pertama"]

Inilah Serba Serbi Pertama di Kamen Rider! Apakah Kamu Tahu Semuanya?

Sidekick adalah Kamen Rider pembantu yang biasanya menjadi partner dari si Kamen Rider utama. Sebagai contoh, ada Kamen Rider G3 yang menjadi Sidekick Kamen Rider Agito, maupun Kamen Rider Gattack di serial Kamen Rider Kabuto.

Namun, tahukah kamu siapa Sidekick pertama dalam sejarah Kamen Rider? Dia adalah Kamen Rider Nigo, yaitu partner dari Kamen Rider Ichigo di serial pertama. Uniknya, Kamen Rider Nigo (kedua), dibuat karena sebuah kecelakaan.

Hiroshi Fujioka si Kamen Rider Ichigo mengalami kecelakaan bermotor saat sedang berperan sebagai Kamen Rider. Sang produser memilih menciptakan Kamen Rider baru sebagai pengganti, yang mirip, namun berbeda.

Tentu jika dilihat, yang membedakan Kamen Rider Nigo dan Ichigo hanyalah warna sarung tangan, namun karakter Nigo jelas berbeda. Wujud manusianya adalah Hayato Ichimonji yang lebih muda dibandingkan Takeshi Hongo.


Di halaman berikutnya, masih banyak fakta serba serbi pertama di Kamen Rider lainnya! Cek halaman selanjutnya, ya.

[page_break no="3" title="Kamen Rider Non Serangga"]

Inilah Serba Serbi Pertama di Kamen Rider! Apakah Kamu Tahu Semuanya?

Pada awal kemunculannya, Kamen Rider selalu menggunakan motif serangga, contohnya adalah belalang, maupun kumbang, namun ada satu Kamen Rider yang motifnya bukan serangga untuk pertama kalinya, dan dia adalah Kamen Rider Amazon.

Berbeda dengan yang lainnya, Kamen Rider Amazon memiliki motif hewan reptil, seperti kadal, maupun biawak. Hal ini berkaitan dengan gaya bertarungnya yang liar dan hasil tumbuh kembang di dalam hutan.

Meskipun Kamen Rider Amazon adalah Kamen rider pertama yang tidak bermotif serangga, namun di era Showa setelah Amazon, tetap tidak ada lagi Kamen Rider lain yang bermotif non serangga selain Amazon.

[read_more id="344767"]

[page_break no="4" title="Form Pertama"]

Inilah Serba Serbi Pertama di Kamen Rider! Apakah Kamu Tahu Semuanya?

Kamen Rider di era Showa biasanya hanya memiliki satu bentuk dan tidak bisa berubah ke bentuk lainnya, berbeda dengan Kamen Rider di era Heishei yang memiliki lebih dari dua bentuk, dan suka berganti bentuk atau Form di dalam pertarungan.

Biasanya bukan berarti tidak ada, karena di era Showa, sebelum Kamen Rider Black RX berubah form menjadi Bio Rider dan Robo Rider, sudah ada Kamen Rider yang bisa berubah bentuk, yaitu Kamen Rider Stronger.

Dia memiliki bentuk peningkatan diri, yang disebut dengan Charge Up. Saat Kamen Rider Stronger masuk ke dalam Form Charge Up, warna pelindung dada dan tanduknya berubah menjadi perak, dan logo "S" di dadanya berputar (yang tetap menjadi "S" juga).

[page_break no="5" title="Sekuel Kamen Rider Pertama"]

Inilah Serba Serbi Pertama di Kamen Rider! Apakah Kamu Tahu Semuanya?

Saat serialnya sudah selesai, Kamen Rider biasanya tidak akan dilanjutkan, dan hanya muncul sebagai cameo di serial berikutnya. Namun, ada satu Kamen Rider yang saking populernya, sampai-sampai dibuat sekuel lanjutannya. Bisa menebak? Dia adalah Kamen Rider Black alias Satria Baja Hitam!

Kamen Rider Black pertama kali tayang pada tanggal 4 Oktober 1987, dan selesai pada 9 Oktober 1988. Karena serial ini sangat populer pada masanya, dan kamu semua para generasi 90an juga pasti mengerti kenapa bisa populer, sehingga serial ini dilanjutkan.

Sekuel tersebut tayang tidak lama setelah serial pertamanya tayang, yaitu pada tanggal 23 Oktober 1988, dan dikenal sebagai Kamen Rider Black RX. Di sini, kesepuluh Kamen Rider sebelumnya mulai dari Ichigo sampai ZX datang membantu.


Masih ada fakta serba pertama di Kamen Rider lainnya, ayo cek halaman berikutnya!

[page_break no="6" title="Kamen Rider Wanita Pertama"]

Inilah Serba Serbi Pertama di Kamen Rider! Apakah Kamu Tahu Semuanya?

Jika membahas tentang Kamen Rider wanita pertama, pastinya akan ada sedikit perdebatan. Secara resmi, wanita pertama yang benar-benar berubah menjadi Kamen Rider adalah Miho Kirishima di Kamen Rider Ryuki yang menjadi Kamen Rider Femme.

Namun, karakter wanita yang bisa berubah menjadi bentuk tertenu dan membantu si Kamen Rider sudah ada sejak era Showa, yaitu Yuriko Misaki yang menjadi Human Tackle. Karena Human Tackle tidak disebut sebagai Kamen Rider, maka Kamen Rider Femme adalah wanita pertama yang secara resmi menjadi Kamen Rider.

[read_more id="332905"]

[page_break no="7" title="Kamen Rider Lebih dari Dua"]

Inilah Serba Serbi Pertama di Kamen Rider! Apakah Kamu Tahu Semuanya?

Dalam serial Kamen Rider, biasanya ada satu atau lebih Kamen Rider termasuk si tokoh utama. Dari serial pertama saja, Kamen Rider, sudah ada dua yaitu Kamen Rider Ichigo dan juga Kamen Rider Nigo.

Di serial Kamen Rider V3 juga hanya ada dua, yaitu Kamen Rider V3 dan Kamen Rider Riderman, sedangkan Ichigo dan Nigo yang muncul di serialnya bukanlah Kamen Rider orisinal dari serial tersebut.

Namun, serial apa yang pertama kali memperlihatkan Kamen Rider orisinal lebih dari dua? Jawabannya adalah Kamen Rider Agito. Di Kamen Rider Black RX, Bio Rider dan Robo Rider kita hitung sebagai satu Kamen Rider, yaitu KAmen Rider Black RX, sehingga tidak masuk hitungan.

Di Kamen Rider Agito, ada Kamen Rider Agito, G3, G3-X, Gills, dan Another Agito. Itu pun kita tidak menghitung Kamen Rider yang muncul di film, sebagai contohnya adalah Kamen Rider G3 Mild dan Kamen Rider G4.

[page_break no="8" title="Kamen Rider Jahat Pertama"]

Inilah Serba Serbi Pertama di Kamen Rider! Apakah Kamu Tahu Semuanya?

Di serial Kamen Rider, ada Shocker Rider yang menjadi Kamen Rider jahat pertama. Selanjutnya, meskipun Shadow Moon bukan Kamen Rider resmi, namun dia memiliki penampilan yang menyerupai, dan dia jahat.

Memasuki era Heishei, ada Kamen Rider jahat pertama, yaitu Another Agito. Dia memiliki kepribadian dan emosi yang sulit ditebak, sehingga dia termasuk dalam kategori Anti Hero.


Itulah serba serbi pertama di Kamen Rider. Bagaimana menurutmu? Apakah ada yang terlewatkan oleh kami? Tulis hal tersebut di kolom komentar, ya.

Artikel terkait

Latest