5 Kisah Cinta Berakhir Tragis di Seri Gundam - Ketika Cinta dan Peperangan Tidak Bisa Bersatu

Gundam adalah kisah tentang drama peperangan, kehancuran, dan kebodohan manusia. Kisah cinta hadir di dalamnya sebagai bumbu pelengkap. Sayangnya, tidak semua berakhir dengan bahagia

5 Kisah Cinta Berakhir Tragis di Seri Gundam - Ketika Cinta dan Peperangan Tidak Bisa Bersatu

5 Kisah Cinta Berakhir Tragis di Seri Gundam - Ketika Cinta dan Peperangan Tidak Bisa Bersatu

Gundam adalah sebuah seri yang menceritakan tentang drama peperangan, kematian, dan kebodohan yang diperbuat umat manusia. Kisah cinta hadir di dalamnya sebagai bumbu tambahan. Sayang tidak semuanya berakhir dengan kebahagiaan.

Ada banyak karakter yang menjalin hubungan asmara di seri-seri Gundam, mulai dari tokoh utama hingga tokoh pendukung. Sayangnya, banyak pasangan yang terpaksa harus dipisahkan oleh kematian.

Biasanya pasangan-pasangan yang berakhir dengan tragis di seri Gundam adalah pasangan yang berasal dari tempat berbeda, dan mereka akan berakhir menjadi musuh di dalam pertarungan. Penasaran? Berikut adalah 5 pasangan yang berakhir tragis di seri Gundam.

[page_break no="1" title="Lyle Dylandy & Anew Returner - Gundam 00"]

5 Kisah Cinta Berakhir Tragis di Seri Gundam - Ketika Cinta dan Peperangan Tidak Bisa Bersatu

Lyle Dylandy adalah adik kembar dari Lockon Stratos pertama, Nyle Dylandy. Keduanya sama-sama memiliki kehebatan dalam membidik musuh. Tentunya Gundam mereka pun dilengkapi dengan kelebihan itu.

Lyle Dylandy pertama kali bertemu dengan Anew Returner saat Celestial Being datang ke Lagrange 3, tempat persediaan peralatan bagi Celestial Being. Anew adalah teknisi dan anggota baru yang direkomendasikan oleh Wang Liu Mei, sponsor utama dari Celestial Being.

Mereka mulai menjalin hubungan saat Anew dipindahkan ke pasukan utama Celestial Being dan mulai tinggal di pesawat Ptolemy 2. Bermula dari obrolan kecil, berbagi tentang rahasia masing-masing, sampai akhirnya, di depan anggota lain, Lyle Dylandy menyatakan perasaanya pada Anew.

Sayangnya, mereka tidak ditakdirkan untuk hidup bersama. Anew adalah seorang Innovator, ras manusia baru yang diciptakan oleh Aeolia Schenberg dan musuh utama di seri Gundam 00. Pada akhirnya, Anew harus membunuh perasaanya dan harus berkhianat dari Celestial Being.

[duniaku_baca_juga]

Pertarungan pun tidak terelakan. Lyle dengan Cherudim Gundamnya harus berduel dengan kekasihnya, Anew dengan Mobile Suitnya, Gadess. Di akhir, Anew kalah, dan Lyle meyakinkannya untuk kembali padanya sebagai kekasih, bukan sebagai musuh.

Keduanya benar-benar saling mencintai, Anew luluh dan siap menghianati Innovator demi Lyle. sayangnya, Ribbons Almark, musuh utama di seri ini mengendalikan pikiran Anew sehingga dia kembali menyerang, dan Setsuna pilot 00 Gundam mau tidak mau harus membunuh Anew.

Perkataan terakhir Anew untuk Lyle diiringi dengan lagu Trust You yang dinyanyikan oleh Yuna Ito membuat adegan kematian Anew semakin dramatis.

[page_break no="2" title="Flit Asuno & Yurin L'Ciel - Gundam Age"]

5 Kisah Cinta Berakhir Tragis di Seri Gundam - Ketika Cinta dan Peperangan Tidak Bisa Bersatu

Flit Asuno adalah tokoh utama pertama dari tiga generasi Gundam Age. Pertemuannya dengan Yurin adalah saat koloni luar angkasa Nora, tempat tinggal Yurin mulai diserang oleh Unknown Enemy(UE) yang nantinya akan menjadi Vagan, musuh utama di seri Gundam Age.

Saat menyelamatkan diri dari serangan UE, Yurin bertemu dengan Gundam Age 1 yang dipiloti oleh Flit. Akhirnya Flit membantunya dengan memasukan Yurin ke dalam kokpit Gundam Age 1. Yurin secara mengejutkan dapat membantu Flit dalam bertempur dengan membaca gerakan dari Mobile Suit UE.

Akhirnya Yurin bersama penduduk lain dijemput oleh kapal federasi untuk dibawa ke tempat yang lebih aman, Flit dan Yurin pun harus berpisah. Sebelum berpisah, Yurin memberikan tali pita rambutnya untuk Flit, dan berharap suatu hari mereka akan bertemu lagi.

Keinginan mereka dikabulkan, mereka berdua bertemu kembali di koloni luar angkasa Minsry. Di Minsry mereka menghabiskan waktu bahagia mereka bersama-sama, tetapi itu tidak bertahan lama.

Yurin adalah seseorang dengan X-Rounder, karena itu dia diambil oleh Desil dari UE dan dipaksa untuk menjadi pilot Mobile Suit Farsia. Dia diancam jika tidak mau membantu UE, maka dia tidak akan bisa bertemu lagi dengan Flit, akhirnya dia terpaksa menjadi pilot Farsia.

Dalam pertarungan di Ambat, Flit dengan Gundam Age 1 miliknya harus melawan Desil yang menggunakan Zedas. Yurin dengan Farsia-nya yang ada di lokasi segera menghampiri Flit, membuat pemuda itu terkejut.

Desil memanfaatkan ini dan mengambil kendali penuh dari Farsia untuk menyerang Gundam Age 1. Flit kewalahan, keuntungan untuk Desil, dengan Zedasnya dia akan menikam Flit di dalam Gundam, tetapi Yurin melindunginya dengan Farsia.

Yurin mengungkapkan keinginan terakhirnya yaitu bertemu dengan Flit, sebelum akhirnya Farsia meledak dan hancur, membawa Yurin mati bersamanya.


Siapakah pasangan berikutnya? Cek halaman selanjutnya!

[page_break no="3" title="Kamille Bidan & Four Murasame - Gundam Zeta"]

5 Kisah Cinta Berakhir Tragis di Seri Gundam - Ketika Cinta dan Peperangan Tidak Bisa Bersatu

Memang bisa dibilang Kamille memiliki 'pasangan' lain di dalam seri Gundam Zeta, tetapi yang paling berkesan tentunya adalah hubungannya bersama dengan Four Murasame.

Four Murasame adalah Cyber Newtype atau ras Newtype buatan. Dia menyerang New Hong Kong dengan Psyco Gundam, dan dia juga menyerang Gundam MK II yang dipiloti oleh Kamille itu sendiri.

Mereka akhirnya bertemu di luar Gundam, tanpa mengetahui bahwa mereka adalah musuh. Di pertemuan pertama, mereka sudah memiliki ketertarikan satu sama lain, karena seperti itulah ras Newtype. Mereka akhirnya berkencan.

Pada akhirnya, Four dipaksa mempiloti Psyco Gundam lagi untuk melawan Kamille bersama Zeta Gundam. Kematian tidak terelakan, Jerid Messa dengan mengendarai Byarlant memberikan serangan kejutan untuk Zeta Gundam, dan Four dengan Psyco Gundamnya memlilih mati melindungi kekasihnya.

[duniaku_adsense]

[page_break no="4" title="Amuro, Char & Lalah Sune - Gundam"]

5 Kisah Cinta Berakhir Tragis di Seri Gundam - Ketika Cinta dan Peperangan Tidak Bisa Bersatu

Kisah cinta segitiga ini terjadi di seri Mobile Suit Gundam pertama. Lalah adalah Newtype berbakat dari Flanagan Institute. Karena itu dia bekerja di bawah bimbingan Char Aznable sang Red Comet, pemimpin dari pasukan Zeon yang merupakan musuh utama di seri ini.

Pertemuan pertama Lalah dan Amuro adalah di Side 6. Amuro sudah tertarik dengan Lalah karena kekuatan Newtype-nya. Ras ini memang suka tertarik satu sama lain melalui telepati atau sejenisnya.

Char dan Amuro sama-sama tertarik dengan Lalah. Sayangnya Amuro adalah musuh bagi Lalah, sedangkan Char memiliki keuntungan karena gadis dari India ini bekerja di bawah bimbingannya.

Di sebuah pertarungan, Lalah menggunakan Mobile Armor Elmeth melawan Amuro di dalam Gundam. Di situlah mereka mengetahui identitas masing-masing dan menyadari bahwa mereka masing-masing tertarik dan berada dalam sebuah 'Ikatan Newtype'.

Char datang dengan Gelgoog miliknya. Karena suatu insiden dan ketidak sengajaan, Gelgoog tersebut menusuk Elmeth milik Lalah dan membuatnya mati seketika. Jiwa Newtype-nya berputar di pikiran Amuro dan Char. Sejak itu, keduanya semakin membenci satu sama lain.

Kabar baiknya, ketiga Newtype itu dapat berkumpul kembali dengan damai. Di akhir cerita Gundam Unicorn, jiwa Newtype mereka bertiga sedang bersama mengarungi galaksi.


Kisah cinta tragis berikutnya bahkan sampai menghasilkan 'buah cinta' dari hubungan mereka. Cek halaman selanjutnya!

[page_break no="5" title="Mikazuki August & Atra Mixta - Iron Blooded Orphans"]

5 Kisah Cinta Berakhir Tragis di Seri Gundam - Ketika Cinta dan Peperangan Tidak Bisa Bersatu

Memang benar bahwa hubungan Mikazuki berakhir dalam kisah cinta segitiga bersama dengan Kudelia. Tetapi dari yang terlihat, Mikazuki hanya benar-benar memperdulikan Atra dalam hal asmara.

Mikazuki dan Atra bertemu saat mereka masih kecil. Atra baru saja lari dari tempatnya tinggal dulu yaitu tempat hiburan malam. Di sana dia bekerja sebagai pesuruh dan tukang bersih-bersih. Mika membelikan makanan untuk Atra yang sangat kelaparan.

Sejak saat itu, Atra memendam perasaan untuk Mikazuki. Meskipun Mika memang memiliki sifat cuek dan tidak peduli dengan hal seperti ini, tetapi terlihat tanda kepedulian Mika pada Atra, salah satunya adalah dimana dia tidak mau mengotori gelang buatan Atra.

Mika juga sangat emosi saat orang suruhan Gjallarhorn menyiksa Atra saat dia diinterograsi. Atra pernah berbicara hati ke hati dengan Mika, bahwa dia sangat ketakutan setiap kali Mika turun untuk bertarung, dia takut Mika tidak bisa kembali (mati).

Tetapi Mika meyakinkannya bahwa alasannya bertarung salah satunya adalah untuk melindungi seseorang yang sangat berharga untuknya, yaitu Atra. Sejak saat itu hubungan mereka semakin dekat, hingga akhirnya Atra mengandung bayi dari Mikazuki.

Di perang terakhir, sayangnya Mikazuki harus meninggalkan Atra (dan Kudelia) bersama dengan anak semata wayangnya, Akatsuki. Karena kerusakan yang dideritanya cukup parah, akhirnya Mikazuki meninggal setelah peperangan.

Dari semua yang ada di dalam daftar, hanya Mikazuki karakter pria yang mati meninggalkan pasangannya. Sebenarnya masih banyak pasangan tragis lainnya di seri Gundam, tetapi inilah yang bisa dibilang cukup diingat.

Jika kamu memiliki kisah cinta tragis di dalam seri Gundam versimu sendiri, maka tinggalkanlah komenar di bawah ya.

Diedit oleh Fachrul Razi


Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia

Review

Latest