13 Potret Keseruan ON.DXB 2019 di Dubai, Festival Digital yang Keren!

Bahas game, film, musik dan video bersama para profesional

13 Potret Keseruan ON.DXB 2019 di Dubai, Festival Digital yang Keren!

Dubai, duniaku.com ⁠— ON.DXB adalah sebuah acara tahunan berupa festival film, game, video dan musik yang diadakan selama 3 hari. Dalam acara ON.DXB 2019 kali ini, kamu bisa beralih dari satu topik ke topik lainnya karena memang terbagi dalam tempat yang berbeda secara paralel. Bentuknya mulai dari seminar, workshop, konser, screening film, hingga aktivitas interaktif. Menariknya, semua topik yang dibahas di ON.DXB 2019 adalah yang paling populer di kalangan generasi muda saat ini.

Tim duniaku.com berkesempatan menghadiri acara ON.DXB 2019 di Dubai, Uni Emirat Arab pada Hari Kamis lalu (21/11). Banyak pengunjung dari berbagai belahan dunia hadir untuk merasakan keseruan acaranya, yang dibuka mulai dari jam 11 pagi sampai 10 malam waktu setempat. Seperti apa sih gambaran venue acaranya? Yuk, intip dari ulasannya berikut!

1. ON.DXB 2019 diselenggarakan oleh Dubai Media City dan Dubai Film and TV Commision

Sedangkan keseluruhan acara ini dirancang oleh informa markets. Area ON.DXB 2019 di bagi ke dalam dua area utama, yaitu industry area dan festival square. Industry area akan lebih diperuntukkan para pelaku bisnis, entrepreneur, influencer dan para profesional di bidang digital. Sedangkan festival square memang diperuntukkan semua kalangan dan hadirin, yang ingin menikmati segala paket hiburan yang disediakan.

Persiapkan fisikmu dengan matang, karena selain setengah acaranya diadakan di outdoor, jarak antara satu tempat ke tempat lainnya cukup memakan energi. Selain itu, Dubai di saat itu sangat berangin dan terasa dingin, para pengunjung terlihat memakai jaket atau sweater. Oh iya, area Dubai Media City di tengah festival square ini juga bisa digunakan tempat bermain anak-anak lho, ada seluncuran dan mandi bolanya, yang gak cuma untuk anak-anak.

2. Di ujung tengah festival square, kamu akan menemukan panggung pertunjukan ON.DXB 2019

Banyak musisi dan DJ yang unjuk gigi di sini. Mengapit panggung ini ada dua area VIP only lounge yang diperuntukkan pengunjung berusia 21 tahun ke atas. Para pengunjung VIP ini bisa menikmati musik dan acara sambil duduk di area tersebut dengan berbagai pilihan makanan dan minuman khusus, terutama yang beralkohol. Saat tim duniaku.com mengunjungi panggung ini, acara belum dimulai, tapi sudah ada beberapa DJ yang melakukan check sound di sana.

3. Facebook dan Instagram juga membuka booth mereka di acara ON.DXB 2019

Mereka menyediakan layanan untuk menerima komplain dan tanya jawab terkait fitur-fitur yang ada di Facebook maupun Instagram, dari para pengunjung. Pengunjung juga bisa mendapatkan berbagai tip untuk memaksimalkan penggunaan akun Facebook serta Instagram mereka. Eits, jangan minta tambahan followers ya, itu bukan bagian mereka. Namun kamu tetap bisa mendapatkan saran dari mereka tentang bagaimana cara menjaring lebih banyak followers. Ciiiee... Mau jadi selebgram ya? Semoga berhasil!

4. The National Podcast Longue memberikanmu wadah untuk dengan santai mendengarkan berbagai podcast populer di Dubai

Yah, mungkin ada beberapa podcaster yang menggunakan Bahasa Arab, sehingga kita gak bisa benar-benar paham isinya jika tak mengerti bahasanya. Namun cukup banyak juga podcaster yang menggunakan Bahasa Inggris dengan topik-topik yang masih relevan dengan kehidupan sehari-hari kita di Indonesia, terutama di zaman modern ini.

Soal suara, jangan khawatir, di tengah venue acara yang juga menyertakan konser musik, The National Podcast Lounge menyediakan berbagai headset dengan noise-cancelling yang super mantap. Jadi di tengah keramaian itu, kamu masih bisa mendengarkan podcast dengan jelas, sambil bersantai alias sambil duduk. Lumayan juga kan, bisa sekalian numpang duduk kalau capek nonton konsernya?

5. Zawaya Gaming juga membuka booth di festival square ON.DXB 2019

13 Potret Keseruan ON.DXB 2019 di Dubai, Festival Digital yang Keren!Zawaya Gaming membuka booth di ON.DXB 2019. duniaku.com/Bayu D. Wicaksono

Ternyata Zawaya Gaming juga buka booth di sini. Developer game yang banyak fokus di game racing ini nyatanya produk-produknya sangat digemari di Dubai. Gak heran sih, berbagai game racing dari Zawaya Gaming bisa sekalian jadi test-drive untuk gamer di Dubai, sebelum membeli mobil aslinya yang possible banget untuk dibeli. Pilihan rute yang ada di game racing mereka juga relevan dengan rute transportasi yang ada di Dubai. Jadinya seru kan membayangkan ngebut di jalanan umum di kota sendiri?

6. Ada ruangan khusus untuk Canon, untuk mengadakan berbagai workshop tentang berkarya secara digital

Terutama cara untuk memaksimalkan penggunaan kamera ya. Banyak banget topik yang mereka angkat, mulai dari cara nge-vlog yang baik, tip film making, melakukan story telling melalui video, sampai memaksimalkan potensi akun media sosial untuk menyebarkan karyamu. Mereka menyampaikan edukasi itu dalam bentuk kelas workshop untuk para hadirin ON.DXB 2019 yang tertarik.

Baca Juga: Tencent Melihat Potensi Pasar Gaming di Timur Tengah, Seberapa Besar?

7. Tencent Sessions Stage menyediakan ragam diskusi panel dengan berbagai topik yang diangkat ON.DXB 2019

Total ada lebih dari 100 pembicara profesional dan penampil yang ada di ON.DXB 2019. Karena pembahasannya ada banyak banget dan relevan dengan generasi muda zaman sekarang, kamu bakal tergoda untuk ikut semua sesinya. Mulai dari bisnis film, bisnis musik, bisnis gaming, sampai sesederhana memanfaatkan media sosial dengan baik akan dikupas tuntas bersama para profesional di bidangnya masing-masing.

13 Potret Keseruan ON.DXB 2019 di Dubai, Festival Digital yang Keren!Diskusi panel membahas potensi gaming di Timur Tengah dan ekosistemnya. duniaku.com/Bayu D. Wicaksono

Di panggung ini juga diadakan diskusi panel yang terdiri dari para ahli di sektor gaming dan yang terkait, mereka adalah Vincent Wang, General Manager of Global Publishing Department, Head of PUBG Mobile, Tencent Games; Tom Wijman, Analis Pasar Senior, NewZoo; Jim Liu, Dosen Ahli, Tencent Institute of Games; Rafed Salem, Head of Localization, Riot Games; and Dr. Hock Chuan Lim, Asisten Profesor, University of Wollongong di Dubai.

Panel ini mendiskusikan peluang pasar gaming secara regional dan berbagai topik lain mengenai kontribusi sektor gaming pada ekonomi digital daerah tersebut, serta dampak positif sektor gaming pada perkembangan pendidikan dan karir. Well, dari sini kita tahu bahwa Timur Tengah masih sama-sama mendaki dalam sektor gaming seperti kita di Indonesia.

8. Alfan Showcase Stage adalah panggung untuk presentasi individu, di mana kamu akan melihat presentasi dari para influencers dan entrepreneur

Jika kamu tidak terlalu tertarik dengan diskusi panel yang sedang berlangsung di Tencent Sessions Stage, kamu bisa mengikuti berbagai presentasi di alfan Showcase Stage. Di sana kamu akan mendapatkan banyak tip dari para pelaku bisnis atau profesi digital secara langsung, yaitu mereka yang merupakan influencers dan entrepreneur. Para pelaku bisnis digital ini mayoritas berada di bawah payung alfan. Apa itu alfan? Kita bahas lebih lanjut di poin nomor 10 ya.

9. Dubai Media City Retro membuatmu betah berlama-lama di dalamnya dengan berbagai hal "retro"

Di tengah industry area, kamu akan menemukan sebuah "kotak" menarik bertuliskan Dubai Media City Retro. Jika kamu kelilingi, kamu akan menyadari bahwa tempat ini bisa dimasuki. Meskipun dijaga oleh seorang bodyguard, kamu bisa menunjukkan id pass atau gelang ON.DXB kamu agar bisa masuk ke dalamnya. Penasaran isinya? Ini dia!

Ternyata di dalamnya ada mesin arcade game retro, serta konsol game lama yang bisa kamu mainkan. Mulai dari Pac-Man, Mario dan Yoshi bisa kamu mainkan di ruangan ini sambil bersantai. Tidak hanya itu, ada buku-buku game lama yang tersedia di rak, di tengah ruangan ini. Masih ingat baca walkthrough? Oh iya, ada juga gramophone di tengah ruangan ini yang bisa kamu gunakan untuk memutar beberapa vynil yang tersedia di rak bawahnya. Sangat retro sekali ya, gengs.

10. Dubai juga sangat mendukung karya para Influencer dengan dibentuknya agensi-agensi terkait

Bernama alfan, ini adalah salah satu agensi influencer dan YouTuber yang ada di Dubai. Mereka menyatakan siap membantu para content creator untuk berkembang di bidangnya masing-masing.

11. Sebuah booth kopi kekinian siap untuk memenuhi "kebutuhan" kafein kamu

Well, memang kopi tidak jauh-jauh dari generasi muda kreatif zaman sekarang ya? Kopi kekinian tidak cuma hits di Indonesia, tapi di seluruh tempat, sama halnya dengan boba. Para anak muda yang menghadiri ON.DXB 2019 gak perlu khawatir dengan asupan kafein, ada booth Coffee Planet yang tersedia di lokasi. Jadi bisa tetap maksimal mengikuti setiap sesi yang ada ya.

12. Tempat makan di ON.DXB dipenuhi berbagai makanan dan minuman yang cukup universal

Pujasera, begitu kita menyebutnya ya. Di ON.DXB 2019 ada tempat makan yang menjajakan berbagai makanan dan minuman mancanegara, yang cocok untuk lidah kebanyakan orang. Misalnya nih ya, makanan Jepang, makanan Meksiko, fast-food seperti hotdog, burger, sandwich, makanan khas timur tengah dan masih banyak lagi.

13. Toiletnya bersih banget loh, guys!

Ketika berpindah area dari outdoor ke indoor atau sebaliknya, kita akan bisa menjumpai sederet toilet umum, yang juga biasa kita lihat dalam bentuk kontainer-kontainer di Indonesia. Bedanya, well, toilet umum ini sangat amat bersih dan wangi, ada air conditioningnya pula. By the way, toilet umum ini gratis ya. Penulis sampai menahan malu ketika bertanya pada petugas kebersihan toilet di situ soal harus bayar berapa dan dia merasa heran kenapa toilet sampai perlu bayar. It's free!

Para petugas kebersihan toilet selalu stand by di dekat bilik-bilik toilet yang ada dan secara berkala mengecek ke dalam bilik untuk membersihkan. Selain itu, para pengunjung juga secara tertib membuang tisu toilet ke tempatnya dan tidak membiarkan fasilitas yang digunakan di toilet dalam keadaan basah. Perilaku ini bisa kita contoh lah ya!

Itulah tadi 13 potret keseruan yang bisa kamu temukan di venue ON.DXB 2019. Penasaran untuk merasakannya langsung? Semoga acara ini bisa rutin terlaksana dan makin seru ya!

Baca Juga: Malu-Malu? Ini Cara Menyembunyikan Career Results di PUBG Mobile!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU