Tanpa Versi Internasional, YouTube Rewind Indonesia 2020 Tetap Hadir!

Video besar jelang tahun baru! #rewindindonesia2020

Tanpa Versi Internasional, YouTube Rewind Indonesia 2020 Tetap Hadir!

Sementara YouTube pusat secara resmi tidak mengadakan YouTube Rewind 2020, YouTube Rewind Indonesia 2020 tetap meluncur dan hadir untuk kita semua di dalam platform tersebut! Penasaran bagaimana videonya? Tonton di sini!

1. Versi Indonesia sudah online!

Video YouTube Rewind Indonesia 2020 diunggah oleh channel kolektif Indonesian Youtubers pada tanggal 28 Desember 2020, sebagai kolaborasi produksi Chandra Liow dan Aulion.

Tahun ini sendiri, perayaan tahunan para YouTuber lokal tersebut diinisiasi oleh Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, Chandra Liow, Aulion, dan Nessie Judge. Menariknya, perayaan ini juga murni merupakan inisiatif para YouTuber tanpa afiliasi ke Google maupun bareng YouTube!

2. Sebab YouTube tidak menghadirkan Rewind 2020

YouTube sendiri pada tahun ini resmi mengumumkan bahwa mereka tidak akan membuat video inisiatif YouTube Rewind 2020 pada tahun ini, meskipun versi Indonesia sendiri telah hadir untuk kita semua pada hari ini.

Pada tanggal 12 November 2020, YouTube mengungkapkan alasan pembatalan tersebut, yang salah satunya adalah karena pandemi COVID-19 dan menyebutkan kalau "2020 sudah menjadi berbeda. Dan tidak baik rasanya untuk melanjutkannya seperti ia tidak pernah terjadi."

Baca Juga: Akhirnya! Usada Pekora Hololive Capai 1 Juta Subscriber di YouTube!

3. Sementara itu di TikTok...

Sementara Chandra Liow dan Aulion menyutradarai YouTuber Rewind 2020 versi Indonesia, para kreator konten TikTok membuat inisiatifnya sendiri dengan sebuah video TikTok Rewind Indonesia 2020 melalui channel Indonesian Tiktokers!

Aulion sendiri mampir ke kolom komentarnya, dan meninggalkan pesan, "Seru banget!! Langsung nonton lebih dari tiga kali. Pernah bikin konten collab ramean juga dan itu rumit banget, kemudian liat ini jadi makin stress ngebayangin ribetnya kordinasi buat kolaborasi. Goodjooob! Ayo ramein konten2 yg seru, fun & bermanfaat."

Apa pendapatmu sendiri tentang YouTube Rewind Indonesia 2020 yang dapat terwujud terlepas dari pandemi COVID-19 yang sedang melanda seluruh penjuru dunia ini? Sampaikan opinimu melalui kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Sambut Tahun Baru Bareng NIJISANJI ID Into 2021 Relay Stream!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU