Kick Off Piala Presiden Esports 2020 Digelar! Akan Ada Game Lokal?

Wah, apa nih game lokalnya?

Kick Off Piala Presiden Esports 2020 Digelar! Akan Ada Game Lokal?

Jakarta, duniaku.com- Kick Off Piala Presiden Esports 2020 digelar di Tennis Indoor Stadium, Kompleks Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta hari Minggu 13 Oktober lalu! Apa saja judul game yang akan dipertandingkan?

1. Game lokal masih dalam kurasi!

Kick Off Piala Presiden Esports 2020 Digelar! Akan Ada Game Lokal?dok. Piala Presiden Esports 2020

Judul-judul game yang akan dipertandingkan dalam perhelatan kali ini adalah Free Fire dan Pro Evolution Soccer 2020, satu game kasual Mobile Premier League, dan satu game lokal yang masih dikurasi oleh Dewan Kurasi Game Nasional!

“Ada sejumlah parameter yang menjadi pertimbangan dewan kurasi, di mana Badan Ekonomi Kreatif  dan Kemenkominfo terlibat penuh dalam tiap prosesnya," tutur Giring Ganesha, Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports, "Yang pertama adalah game ini harus dikembangkan developer lokal Indonesia. Kedua, memenuhi unsur esports dan kompetisi, apakah game ini besar potensinya sebagai esports."

Kemudian, kata Giring, "Ketiga, harus playable, harus punya kelayakan dari mekanisme game-nya. Terakhir, orisinalitas, harus dipastikan seluruh elemen game-nya garapan lokal, bukan cuma re-skin dari engine yang berasal dari luar negeri,” 

2. Nah, penasaran dengan game lokalnya?

Kick Off Piala Presiden Esports 2020 Digelar! Akan Ada Game Lokal?dok. Piala Presiden Esports 2020

Saat ini ada lima judul lokal yang sudah lolos tahap kurasi game pertama. Nantinya hanya satu game yang akan terpilih di tahap kurasi kedua dan kemudian dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2020. 

Kelima judul game lokal tersebut adalah Battle of Satria Dewa, Esport Manager, Lokapala, Pirate Mobile War, dan Ultra Space Battle Brawl!

Baca Juga: Serem Banget! Ini 10 Rekomendasi Game Horor Terbaik!

3. Kapan kualifikasi Piala Presiden Esports dalam negeri?

Kick Off Piala Presiden Esports 2020 Digelar! Akan Ada Game Lokal?dok. Piala Presiden Esports 2020

Rangkaian Piala Presiden Esports akan bergulir ke tahapan kualifikasi, baik kualifikasi regional negara-negara di Asia Tenggara, maupun kualifikasi nasional Indonesia. Negara-negara Asia Tenggara yang terlibat adalah Vietnam, Thailand, Kamboja, Filipina, Malaysia, sampai Singapura!

Tahap kualifikasi nasional, akan dibagi menjadi dua wilayah, yaitu Indonesia Timur dan Indonesia Barat. Final Kualifikasi Indonesia Timur diadakan di Surabaya pada 11-12 Januari 2020 dan Final Kualifikasi Indonesia Barat diselenggarakan di Bandung pada 18-19 Januari 2020.

Terakhir, babak Grand Final akan mempertemukan semua Juara Final Kualifikasi, pada 1-2 Februari 2020 di Jakarta.

Apa pendapatmu tentang pengumuman Kick Off Piala Presiden Esports 2020 ini? Bagikan opinimu melalui kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Tahu Nggak? Pemerintah Membangun Ekosistem Esports!

Artikel terkait

Latest