Kami Ngobrol Bareng Virtual YouTuber Asli Indonesia, Evelyn Vtuber!

Gini jadinya chatting sama Virtual YouTuber!

Kami Ngobrol Bareng Virtual YouTuber Asli Indonesia, Evelyn Vtuber!

Di tanggal 17 Agustus, kami ngobrol bareng salah satu dari bintang yang mendaki tinggi di dalam lingkungan baru yang ramai di dunia YouTube Indonesia, yakni Virtual YouTuber. Ini dia obrolan kami dengan Evelyn Vtuber, dalam sebuah video crossover antara dua dunia!

1. Simak versi lengkapnya di sini!

Untuk pertama kalinya di Indonesia, duniaku.com menjalankan acara talk show bersama seorang Virtual YouTuber Indonesia, Evelyn yang disiarkan secara langsung melalui channel YouTube IDN Times! 

Nah, sambil menonton video di atas, secuil highlight dari pertemuan antara dunia nyata dan dunia virtual yang kocak tapi berfaedah ini bisa kamu baca di bawah ini!

2. Dari dunia yang baru banget!

Dunia Virtual YouTuber merupakan potensi yang sedang digali di belahan bumi lainnya setelah kesuksesannya sebagai salah satu subkultur Jepang, dan kehadirannya di Indonesia pun disambut oleh para penggiat dalam negeri dengan daya tarik yang semakin meningkat. Evelyn VTuber merupakan salah satu 

3. Cari teman dengan cara yang tidak biasa: akun Facebook!

"Kalau fanpage tuh kan terbatas, interaksinya," sebut VTuber yang juga dipanggil Epel ini, "Jadi, Epel inisiatif bikin akun pribadi di Facebook "boleh, nggak?" jadi, ngobrol-ngobrol sama calon subscriber-nya lewat situ."

4. Populer tidak hanya di Indonesia!

Sebagai VTuber lokal, Evelyn juga tidak hanya populer di Indonesia saja, namun pengaruhnya juga sampai hingga ke Amerika Latin, melalui komunitas lintas negara yang kuat. "Hal baru yang dipelajarin, ya?" pikir Epel, "betapa pentingnya kita bisa bahasa asing, terutama bahasa Inggris."

Namun Epel juga lanjut bicara tentang language barrier yang masih ada dan juga menjaga obrolan agar tetap kondusif. "Walaupun, tidak bisa dipungkiri kalau beberapa orang Brazil itu (penonton Evelyn yang datang dari Brazil akibat kepopuleran VTuber tersebut di sana) kaya cuma bisa ngomong Portugis dan mereka sebenarnya nggak bisa ngomong Inggris. Yang Epel paling ingat cuma bisa Muito Obrigado (Terima Kasih Banyak)," katanya yang kemudian tertawa.

Baca Juga: Ada Virtual YouTuber Sebelum Kizuna Ai! Ini 8 Fakta Vtuber Mimimi!

5. Serunya livestream sebagai media komunikasi!

Saat menghadapi konten YouTube yang semakin bergeser menuju streaming, Evelyn juga membagikan pengalamannya bareng para pendatang baru di kolom live chat. "Kaya, mereka juga masih baru sama kultur Virtual YouTuber gini, dan mereka kaya, "Waw, apa ini? Kartun bisa bergerak? Mantap!" " jelas Epel.

Evelyn juga merasakan perbedaan yang kontras dalam konten video unggahannya dengan setiap kali ia melakukan livestream, "Nggg, beda pasti. Kaya, kalo biasanya konten video doang kita cuma interaksinya lewat kolom komentar, atau kalau lagi premiere pas lagi premiere chat, kan? Jadi nggak ada, komunikasi yang real, dua arah, gitu. Jadi, kaya, enakannya sih tetep livestream sih. Bisa ngobrol langsung, terus bisa interaksi langsung," lanjutnya menjelaskan.

6. VTuber Indonesia sebagai representasi kreator konten Indonesia

Dari sudut pandang Evelyn sebagai VTuber, meskipun budayanya lahir dari Jepang tidak tertutup kesempatan bagi lingkungannya sendiri untuk membawa nuansa yang Tanah Air banget, seperti kontennya saat ini.

"Beberapa VTuber ada sih yang mencoba merepresentasikan ke-Indonesia-an lewat pakaian, ya, lewat konten," sebut Epel, yang juga menyebutkan dirinya kini berfokus pada konten yang ia bawa kepada penduduk lokal.

7. Impian di masa depan seorang Virtual YouTuber

Melihat ke masa depan, Evelyn juga mengungkapkan keinginannya untuk menjadi semakin nyata melalui 3D, "Biar bisa goyang, bisa koprol, atau ya.. ngapain aja lah, biar bisa lebih bebas bergerak, gitu," canda Epel, yang pada saat talk show hidup sebagai avatar Live2D. 

"Sama, ini impian Epel juga, nih, Epel pengen bisa ngelakuin konser kaya Hatsune Miku, gitu," ujar Evelyn, yang mengacu pada konser Virtual YouTuber, salah satunya Hoshimachi Suisei dari Hololive yang saat ini sudah bisa dilakukan dalam wujud 3D, dengan penonton global yang bisa menikmatinya cukup melalui koneksi internet.

Apa pendapatmu tentang Evelyn Vtuber dan lingkungan Virtual YouTuber yang semakin berkembang di Indonesia? Sampaikan opinimu terhadap VTuber yang satu ini melalui kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Bingung Nonton Siapa? Ini 10 Rekomendasi Vtuber Hololive Buat Kamu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU