Biar Seru, Ini 10 Etiket Menonton Virtual YouTuber yang Wajib Banget!

Sebelum nonton, baca ini dulu ya!

Biar Seru, Ini 10 Etiket Menonton Virtual YouTuber yang Wajib Banget!

Dengan semakin terkenalnya lingkungan Virtual YouTuber di kalangan penonton online di seluruh dunia, apalagi kalau bicara di Indonesia, tentu ada beberapa etika menonton Virtual YouTuber yang wajib kamu tahu biar pengalaman menonton kamu makin seru dan makin menyenangkan bersama tokoh favoritmu!

1. Kalau sopan, semua senang!

Seru-seruan memang boleh, tapi ingat juga kalau yang ngobrol di depan ribuan penontonnya ini juga YouTuber sungguhan. Jadi pasti ada yang namanya bercanda, dan ada yang namanya juga keterlaluan. Kalau gak sopan aja bikin bete orang lain, apalagi sama yang lagi menghibur kalian!

2. Jangan malah ngobrolin Virtual YouTuber lain, kecuali emang dibolehin!

Kalau memang obrolannya lagi nyambung soal Virtual YouTuber lain, bicarakan di chat kalau memang beneran nyambung, dibicarakan sama yang lagi siaran, dan gak asal nimbrung.

Gak enak kan, yang siaran siapa tapi yang diobrolin malah siapa?

3. Mending ngobrol bareng Virtual YouTuber-nya!

Nah, ini yang paling seru. Walau yang nonton bisa sampai ribuan, mau pakai YouTube Superchat atau tidak pun komentar-komentar kalian dibaca juga lho, sama mereka. Ingat, kalian lagi nonton siaran langsung beneran, bukan lagi nonton anime 20 menitan!

Terus, ajakan yang sering muncul di setiap siaran Virtual YouTuber ini ada biar chat kamu lebih enak dan gak gampang ribut, lho!

4. Hati-hati sama yang caper gak baik!

Kadang pasti ada aja komentar yang mencari keributan dengan memancing obrolan yang gak enak di dalam chat live stream, atau malah banjir spam komentar yang tidak berfaedah.

Kalau ketemu jangan diajak gelut, diabaikan aja atau dilapor ke YouTube dengan tombol report.

Soalnya, ngajak gelut malah bikin nuansa chat gak enak dan bisa mempengaruhi si Youtuber juga. Terutama kalau si Youtuber memang paham bahasanya. 

5. Ngobrol yang enak, dong!

Kalau ngobrol sama Virtual YouTuber tentu wajar kalau kamu lakukan seperti ketika kamu ingin berteman dengan orang lain untuk pertama kalinya.

Jangan tahu-tahu ngobrol hal yang gak nyambung dengan konten utamanya, atau tahu-tahu menanyakan hal yang pribadi banget. Seram kan, kalau tahu-tahu kamu disamperin dan ditanya alamat rumah sama orang tidak dikenal?

Apalagi kalau langsung ditanya lagi makan apa, padahal ketemu aja baru kali ini?

Baca Juga: Heboh dan Seru, Ini 10 Virtual YouTuber Indonesia yang Asik Buat Kamu!

6. Jadilah penonton yang budiman!

Lingkungan Virtual YouTuber itu nyaman karena lingkungan penggemarnya yang juga seru.

Jauh lebih berfaedah kalau sebagai sesama penggemar, kamu juga bersikap baik satu sama yang lain. Hiburan jauh lebih seru dinikmati bersama teman ketimbang menjadi battle royale top ranked penggemar Virtual YouTuber!

7. Kalau udah pernah main game-nya, atau nonton filmnya dalam siaran nobar, jangan dibocorin!

Kalau lagi live streaming game atau nobar film, lebih seru kalau bebas dari yang namanya spoiler, kan? Di sisi gaming, bantu kalau Virtual YouTuber favorit kamu benar-benar butuh bantuan ketimbang disuruh begini begitu. Kalau terlalu ikutan arahan kamu, kan kamu jadi gak bisa kenal sifatnya lebih dalam!

8. Doyan nonton? Rekomendasi! Pakai banget? Jangan segan-segan kontribusi!

Setiap tombol share di saat siaran langsung tentu berarti buat menjerumuskan temanmu ke dalam jurang Virtual YouTuber ini. Selain itu, tidak jarang juga mereka memberikan alternatif bagimu yang doyan untuk ikut kontribusi melalui platform seperti YouTube Superchat, Sociabuzz, Streamlabs, hingga Trakteer yang sekarang makin mudah!

9. Bangunlah komunitas yang sehat!

Tentunya Virtual YouTuber atau bukan juga tidak serta merta dilihat dari talentanya, namun juga dari para penggemarnya. Kalau kamu ingin menyampaikan kesukaan kamu dengan salah satu dari mereka, jadilah penggemar yang seru bahkan untuk orang lain. Siapa tahu mereka jadi demen nonton Virtual YouTuber favoritmu justru gara-gara kamu!

10. Baik dengan siapapun!

Nah, yang ini tentu sudah kali ketiga pengingat kamu untuk menjalani hidup yang baik saat lagi menonton maupun tidak menonton. Kenapa? Karena kehidupan kamu bakal berpengaruh dengan perilakumu ketika menonton, apalagi kalau ia justru bisa menambah potensi pertemananmu menjadi bertambah!

Ada lagi etiket menonton Virtual YouTuber yang tidak kalah penting? Bagikan melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Baca Juga: Seru! Ini 10 Rekomendasi Unit Virtual YouTuber yang Wajib Kamu Tahu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU