Biar Gak Bingung, Ini 5 Perbedaan Horor dan Thriller!

Bisa digabung, tapi kalau dipisah beda, dong!

Biar Gak Bingung, Ini 5 Perbedaan Horor dan Thriller!

Sering diperdebatkan apa perbedaan horor dan thriller sebagai genre, tapi sering pula perdebatan tersebut lupa kalau dua-duanya bisa digabung. Kalau dua-duanya bisa digabung, apa yang membuat keduanya unik kalau dipisah?

1. Horor: kamunya yang ngeri! Thriller: tokohnya yang ngeri!

Saat John Wick kabur dari berbagai macam pembunuh berbahaya, kamu justru disuguhkan dengan adegan-adegan keren, yang menyimbolkan kemampuan keren John Wick dalam bertahan hidup sembari mencari solusinya, bukan? Nah, perbedaan pertama antara thriller dan horor ini justru merupakan ke mana rasa ketakutan tersebut difokuskan. Serupa, tapi tidak sama!

2. Horor: mengeksplor ketakutan, Thriller: mengeksplor misteri!

Biar Gak Bingung, Ini 5 Perbedaan Horor dan Thriller!koreaportal.com

Nah, dalam sebuah skenario menakutkan, hal yang membedakan thriller dan horor juga fokusnya pada skenario tersebut. Horor, seperti Train to Busan mengeksplor ketakutan yang lahir dari paniknya wabah zombie, sementara film yang condong ke thriller seperti Invasion of the Body Snatchers lebih penasaran tentang solusi atas wabah alien tersebut sampai terlambat!

3. Horor: Pendekatan condong supernatural! Thriller: Pendekatan condong logis!

Supernatural di sini maksudnya pendekatan pada sisi psikologis dan toleransimu terhadap hal-hal diluar nalar yang membuatmu takut, sehingga thriller jelas membedakan dirinya dengan presentasinya sebagai kepingan teka-teki yang harus diselesaikan seberat apapun tekanannya!

Baca Juga: Menegangkan! Ini Dia 10 Rekomendasi Anime Thriller Terbaik!

4. Horor: Konflik hampir mustahil beres! Thriller: Konflik bisa beres! Caranya?

Karena horor selalu mendesak untuk membuat kita takut, jelas ia berkesan untuk menekan kita dalam mencari solusi dan terus mengalami teror seperti dikejar Jason Voorhess! Thriller, di sisi lain membuat kita terus ingin tahu berbagai macam cara menjebak si pembunuh untuk kabur di film I Saw the Devil!

5. Horor: Meninggalkan rasa seram! Thriller: Perjalanan mencari solusi!

Sudahkah kamu menonton Cats 2019? Apakah kamu merasa bergidik ngeri setelahnya? Nah, pengalaman itu yang ingin dikubur dalam-dalam sebagai target karya horor, sementara perasaan puas maupun menggantung yang ditinggalkan oleh karya thriller merupakan bukti kalau ia pun berfokus pada kamu untuk dapat terlibat menyelesaikan ceritanya!

Tapi: Dua-duanya bisa digabung!

Jangan lupa, banyak sekali karya saat ini yang menggabungkan keduanya, bukan? Misteri yang tidak lepas dari hal-hal yang luar biasa menyeramkan seperti sekte misterius di Midsommar bisa jadi contoh bagus buat kamu!

Nah, apakah kamu punya perbedaan horor dan thriller yang menarik untuk ditambah? Bagikan opinimu melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Baca Juga: 7 Film Horor Asal Meksiko Terbaik Ini Bikin Degdegan, Berani Nonton?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU