Jangan Salah Paham! Apa Itu Dark Joke? Baca Dulu 5 Penjelasan Ini!

Hus, ngomongin yang edgy itu nggak boleh sembarangan!

Jangan Salah Paham! Apa Itu Dark Joke? Baca Dulu 5 Penjelasan Ini!

Jadi, banyak sekali netizen di media sosial yang membicarakan tentang Dark Joke, malah sampai-sampai ada yang bangga bisa menikmatinya. Padahal, selera itu nggak bisa sembarangan dibanggakan! Jadi, humor gelap itu tentunya harus jelas definisinya dan setidaknya, membuat orang yang membicarakannya berpikir dulu sebelum ia menjadi suatu tema yang dapat dibanggakan. Jadi, bagaimana sebenarnya menjelaskan tema humor yang gelap itu kepada yang baru mengenalnya? Baca dulu penjelasan lengkapnya di sini!  

 

1. Komedi dark joke menyorot pada topik yang awamnya bikin kamu tidak nyaman

Lawakan gelap itu persis seperti namanya, gelap, dalam arti bukan karena rumahmu lagi mati listrik atau gara-gara istilah 'dark joke' terdengar seperti 'dark jok' alias jok hitam. Tema-temanya justru berkisar pada hal-hal yang tidak mengenakkan daripada hal-hal yang segar!

2. Biar kena, dark joke butuh konteks

Lawakan gelap tentu saja butuh konteks jelasnya pakai banget supaya orang-orang bisa paham di mana lucunya. Dalam hal ini, kalau hanya kamu yang tahu kenapa hal tersebut terkesan sedikit menggelitik, cukup kamu dan orang-orang yang mengerti saja yang tahu.

Karena itu, makanya lawakan seperti ini tidak untuk semua orang berkat konteks dan pengertian yang berbeda dari masing-masing orang. Ada yang justru nyaman dengan humor seperti orang tertawa di pemakaman, tapi ada juga yang gak ngerti lucunya ketawa di pemakaman itu di mana!

Baca Juga: Yuk Intip Mobil Andalan Para Karakter Fast & Furious 9!

3. Karena temanya begitu, dark joke bisa sensitif dan menyinggung orang!

Tidak jarang, hal dengan topik-topik sensitif juga justru tidak hanya gak lucu bagi sebagian orang, namun justru menyinggung dan bikin tersinggung. Makanya, jangan sembarangan membanggakan kalau kamu paham, sementara orang lain bisa tersinggung dengan hal itu, karena memang topik lawakan yang gelap justru adalah topik yang sensitif!

4. Topik dark joke mencakup hal-hal yang awamnya tidak dianggap lucu

Bagaimana saja topik yang bermasalah itu? Topik itu bisa berupa kematian, kelainan dan penyakit, maupun hal-hal yang menjurus pada nilai-nilai gelap manusia yang bisa membuat orang lain sakit hati ketika disinggung!

5. Karena faktor-faktor ini, dark joke memang lebih cocok jadi lawakan internal ketimbang upaya viral

Kalau bisa, lebih baik dark joke memang cukup dijadikan sebagai obrolan internal kepada sesama yang paham saja. Mencoba menggunakannya untuk lawakan medsos?

Tentu, itu pilihan kamu. Karya seperti Cyanide and Happiness yang gambar-gambarnya jadi peraga di artikel ini pun jadi hit karena dark joke.

Tapi minimal kamu sebaiknya siap dulu menerima dark joke bisa menghasilkan konsekuensi seperti pembacanya tersinggung atau merasa tidak lucu. 

Apa pendapatmu tentang dark joke? Apakah maksudnya benar-benar jok hitam di motor? Bagikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ini! 

Baca Juga: Jangan Percaya Hoaks! Virus Corona Tidak Bisa Menyebar Lewat Xiaomi!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU