Dari Perubahan Status Hingga Nama yang Unik, Ini Beberapa Fakta Shinnok Mortal Kombat!

Selain Shao Kahn, Shinnok juga merupakan musuh utama di seri Mortal Kombat, lho! Siapa sih Shinnok ini? Berikut ini faktanya!

Dari Perubahan Status Hingga Nama yang Unik, Ini Beberapa Fakta Shinnok Mortal Kombat!

Sebelumnya, kita telah banyak membahas karakter-karakter yang ada di Mortal Kombat seperti Shao Kahn, Scorpion, Sub Zero, dan yang lainnya. Kali ini, kita akan kembali membahas salah satu karakter yang ada di Mortal Kombat. Ya, sesuai dengan judul yang saya tuliskan, kita akan membahas mengenai Shinnok.

Bisa dikatakan, Shinnok adalah karakter antagonis utama yang paling jahat selain Shao Kahn. Bahkan dari segi kekuatan, dia bisa jadi lebih kuat dari Shao Kahn karena menguasai banyak kekuatan sihir. Selain itu, dia juga berstatus sebagai Elder God atau dewa dalam mitologi Mortal Kombat. Status ini sama seperti Raiden yang juga merupakan Elder God.

Di Mortal Kombat X, diperlihatkan bahwa Liu Kang dan Raiden tidak mampu untuk mengalahkan Shinnok! Menarik bukan? Oleh sebab itu, saya sangat tertarik untuk membahas karakter antagonis yang satu ini. Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung kita bahas inilah beberapa fakta Shinnok yang wajib diketahui.

Dari Perubahan Status Hingga Nama yang Unik, Ini Beberapa Fakta Shinnok Mortal Kombat! Source: Pinterest[/caption]

Saat penciptaan dunia di Mortal Kombat, Shinnok sebagai salah satu dewa yang tertarik untuk menguasai Earthrealm. Saat itu dia menilai, bila dirinya mampu menguasai Earthrealm, maka kekuatan yang akan dimilikinya bisa semakin besar. Hal ini kemudian ditentang oleh para Elder God yang lain (dewa tertinggi di Mortal Kombat).

Shinnok yang sudah termakan nafsu untuk menguasai Earthrealm pada akhirnya memiliki ide licik untuk membuat mantra yang bisa membuatnya masuk ke Earthrealm. Mantra ini akan membuat lapisan pelindung Earthrealm lemah sehingga memungkinkan sang Elder God untuk masuk ke dalamnya. Mengetahui niat jahat Elder God yang satu ini, rekannya sebagai dewa, Raiden kemudian berusaha untuk mencegahnya.

Akan tetapi, Raiden merasa bahwa dirinya tidak cukup kuat untuk menghadapi Shinnok sehingga Raiden hanya punya dua pilihan, yakni: mengajak para petarung Earthrealm untuk menghabisi Shinnok atau membiarkannya menguasai Earthrealm. Di tengah kegundahannya itu, para Elder God kemudian membantu Raiden untuk mengalahkan Shinnok.

Di penghujung perang, Shinnok berhasil dikalahkan dan membuatnya kehilangan mantranya serta dirinya harus rela dibuang ke wilayah terdalam Netherrealm. Bukan hanya itu, yang paling menyedihkan adalah bahwa dirinya harus rela kehilangan gelarnya sebagai seorang Elder God. Meski dalam cerita dikatakan bahwa Shinnok kehilangan gelarnya sebagai Elder God, namun dirinya masih diakui sebagai seorang Elder God di berbagai macam literatur.

Sejak kekalahannya, dimensi dunia mengalami pelemahan, lho! Bahkan planet Saurian dan Earthrealm nyaris hancur karena tragedi ini.

Dari Perubahan Status Hingga Nama yang Unik, Ini Beberapa Fakta Shinnok Mortal Kombat! Source: Steam Trading[/caption]

Fakta Shinnok Mortal Kombat selanjutnya adalah dirinya membunuh tiga dari empat dewa elemen! Sebelum masuk ke dalam fakta ini, saya akan memberitahukan nasib sang mantan Elder God ini setelah dilempar ke dasar Netherrealm. Sejak menjadi pesakitan, dia yang lemah disiksa habis-habisan oleh penguasa Netherrealm, Lucifer.

Di tengah-tengah statusnya sebagai seorang pesakitan, Shinnok bertemu dengan penyihir Quan Chi. Quan Chi memang tidak begitu memiliki kekuatan yang besar, namun keahliannya untuk berpindah-pindah ke berbagai tempat membuat Shinnok tertarik dan menjadikan Quan Chi sekutu. Di samping itu, Quan Chi juga memiliki keinginan yang sama dengan Shinnok untuk menghabisi Lucifer.

Pada akhirnya Lucifer dikalahkan dan Shinnok mulai membangun banyak tentara yang dinamakan Brotherhood of Shadow. Setelah kegagalan Shao Kahn untuk melakukan invasi ke Earthrealm, Shinnok dan Quan Chi mengambil kesempatan ini dengan menyerang Earthrealm demi mendapatkan jimat rahasia yang berguna agar kekuatannya bertambah untuk menguasai dunia.

Dalam pertarungan itu, Shinnok berhasil membunuh tiga dari empat dewa elemen. Satu-satunya yang selamat adalah dewa elemen bernama Fujin yang diselamatkan oleh Liu Kang dan Kai. Meskipun berhasil membuat kekacauan, misi sang mantan Elder God untuk mendapatkan jimat ternyata gagal karena jimat yang asli berada di tangan Quan Chi yang dikurung oleh Scorpion di Nethearrealm.

Shinnok hanya mendapatkan yang palsu dan pada akhirnya Liu Kang serta Raiden sukses mengembalikan sang Elder God ini ke Netherralem dengan mengalahkannya di turnamen Mortal Kombat.

Ada fakta Shinnok Mortal Kombat apalagi ya? Ingin tahu lebih lanjut? Yuk meluncur ke halaman selanjutnya!

Dari Perubahan Status Hingga Nama yang Unik, Ini Beberapa Fakta Shinnok Mortal Kombat! Source: Youtube[/caption]

Sebagai seorang Elder God, Shinnok adalah makhluk yang abadi sama seperti Raiden. Meskipun telah berkali-kali dikalahkan, dia tetap tidak bakal mati. Setidaknya hal ini dibuktikan dari post credit Mortal Kombat X ketika Raiden yang terpengaruh kekuatan Jinsei memberikan ultimatum kepada siapapun untuk tidak menghancurkan Earthrealm.

NB: Bagi yang gampang mual, dilarang melihat video berikut!

Usai dirinya mengatakan hal ini kepada Revenant Kitana dan Revenant Liu Kang, Raiden kemudian mengeluarkan kepala Shinnok dari tasnya. Saat itu diperlihatkan bahwa kepala si Elder God masih hidup dan tidak menunjukkan tanda-tanda kematian sama sekali. Terlihat bahwa mahkluk yang sudah tak lagi berstatus Elder God itu masih memperlihatkan rasa sakitnya ketika kepalanya diperlihatkan oleh Raiden.

Raiden kemudian menjelaskan, sebagai Elder God, sangat mustahil untuk membunuhnya. Namun, meski masih dalam keadaan hidup, Shinnok tidak bisa melakukan apapun karena kepalanya terpenggal dari tubuhnya. Meski begitu, Raiden mengatakan bahwa keabadian Elder God merupakan hal yang paling buruk dibandingkan kematian.

Dari Perubahan Status Hingga Nama yang Unik, Ini Beberapa Fakta Shinnok Mortal Kombat! Source: Mortal Kombat Wiki[/caption]

Mortal Kombat adalah game yang unik dan cukup niat dalam membuat karakter. Hal ini kemudian berujung pada karakter-karakternya yang memiliki fakta tersendiri tidak terkecuali Shinnok. Meskipun tidak ada data khusus yang memberitahukan asal muasal nama sang mantan Elder God ini, tapi banyak yang memprediksikan bahwa namanya berasal dari dua suku kata yang menggabungkan kata dari bahasa Jepang dan Latin.

Nama Shinnok dipercaya berasa dari kata Shin yang dalam bahasa Jepang artinya adalah dewa atau tuhan dan Nox yang dalam bahasa Latin berarti malam. Namun, Nox ini dipercaya memiliki arti kematian atau kegelapan. Sehingga bila digabungkan akan memiliki artinya dewa kegelapan atau dewa kematian.

Nah, itulah beberapa fakta Shinnok Mortal Kombat yang wajib diketahui fans. Dengan adanya fakta ini tentunya akan membuat kita lebih banyak mengetahui soal karakter-karakter di Mortal Kombat. Karena dalam game ini sebenarnya banyak sekali karakter yang kuat dan layak untuk digunakan dalam pertarungan, termasuk Shinnok.

Fakta ini juga memberikan gambaran sekaligus memberitahu bahwa dewa dalam Mortal Kombat bukan hanya Raiden saja. Selain itu, faktafakta ini juga mempertegas bahwa Elder God di Mortal Kombat adalah entitas abadi yang tidak bisa dibunuh.

Diedit oleh Snow

Artikel terkait

Latest