Comscore Tracker

Bola Jalanan! Kupas Tuntas Volta Football, Mode Terbaru FIFA 20

Di Volta Football, kamu bisa main sepak bola di luar lapangan hijau; entah di tengah kota atau di lapangan futsal!

Duniaku.net - Tahun baru artinya game FIFA baru. Setiap tahunnya EA selalu memasukkan fitur baru serta upgrade signifikan dari FIFA sebelumnya. Untuk tahun ini, gim sepak bola FIFA 20 bakal punya mode baru bernama Volta Football.

Volta Football diantisipasi oleh fans FIFA karena menampilkan mode sepak bola jalanan yang terinspirasi dari seri FIFA lainnya yaitu FIFA Street. Namun, EA meyakinkan bahwa Volta Football berbeda dengan FIFA Street. Seperti apa perbedaannya? Mari kita kupas tuntas!

Dalam bahasa Portugis, “volta” artinya adalah “kembali.” Lewat Volta Football, EA ingin membawa sepak bola “kembali” ke asalnya, yaitu di jalanan. Ada banyak sekali pesepak bola yang mulai bermain dari jalanan, dan tentunya kamu pun pernah bermain sepak bola di jalan.

“Bagi jutaan orang di seluruh dunia, jalanan adalah stadion mereka,” ujar produser Volta Football, Jeff Antwi. “FIFA kembali ke sepak bola jalanan dan kami senang bisa mengunjungi tempat-tempat yang jadi akarnya sepak bola.”

Volta Football tentu bukan pertama kalinya EA mencoba membuat gim bertema sepak bola jalanan. Mereka bahkan punya satu franchise khusus untuk gim tersebut, yaitu FIFA Street. Lalu apa bedanya Volta Football dengan FIFA Street?

“(Dulu) kami membuat FIFA Street dan itu sangat fantastis,” ungkap produser eksekutif FIFA 20, Aaron McHardy. “(Gimnya) sedikit lebay dan agak kurang otentik. Kami ingin (Volta Football) seotentik mungkin.”

Rasa-rasanya McHardy ingin menarik perbandingan antara FIFA Street dan Volta Football layaknya gim skateboard Tony Hawk dan Skate yang juga diproduksi EA. Gim Tony Hawk membolehkan gamer melancarkan trik-trik skateboard super keren. Sementara gim Skate tidak memungkinkan gamer membuat trik seabsurd mungkin, namun dipuji karena menyajikan pengalaman bermain skateboard yang realistis.

Bola Jalanan! Kupas Tuntas Volta Football, Mode Terbaru FIFA 20 Sumber: GamesRadar[/caption]

Walaupun membuat karakter sendiri bukan hal yang baru dalam FIFA (dan gim sepak bola lainnya), Volta Football memungkinkan kamu membuat karakter sendiri yang bisa dikustomisasi dengan bebas.

Kamu bisa mengubah jenis kelamin, penampilan fisik, model rambut, serta pakaian dengan puluhan item dari brand olahraga terkenal. Kamu juga bisa memberikan item spesial yang disebut Vanity Items, tato, serta selebrasi gol khusus untuk karakter kamu.

Skill karakter kamu bisa dikembangkan lewat sistem experience layaknya The Journey. Bakal ada skill tree yang dibagi ke dalam teknik serangan, bertahan, hingga teknik gelandang. 

Bola Jalanan! Kupas Tuntas Volta Football, Mode Terbaru FIFA 20 Sumber: Complex[/caption]

Volta Football punya berbagai jenis aturan permainan. Ada aturan permainan 3v3, 4v4, hingga 5v5. Ada aturan permainan sepak bola jalanan, atau aturann Rush tanpa kiper. Kamu juga bisa bermain menggunakan aturan futsal, yang artinya bakal ada wasit, cedera, pelanggaran, free kick, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengunjungi 17 lokasi tempat bermain, mulai dari favela di Brasil, atap pencakar langit di Jepang, kolong jembatan di Belanda, hingga stadion futsal di Jerman. Lokasi-lokasi ini punya konfigurasi tersendiri mulai dari ukuran lapangan sampai dinding sekat.

Bola Jalanan! Kupas Tuntas Volta Football, Mode Terbaru FIFA 20 Sumber: Goal[/caption]

Volta Football dalam FIFA 20 sudah seperti gim di dalam gim. Volta Football dibagi ke dalam beberapa menu utama. Misalnya di Volta Tour, kamu bisa membuat tim sendiri untuk menantang tim gamer lain. Jika menang, kamu bisa merekrut pemain lawan untuk membentuk tim yang lebih kuat. Berbeda dengan tim pria dan wanita yang dipisah di mode standar FIFA, kamu bisa membentuk tim campuran pria-wanita di Volta Football. 

Volta Story menggantikan mode The Journey sebagai story mode FIFA 20, dimana karakter buatanmu bakal berkeliling dunia untuk melawan legenda sepak bola jalanan. Kamu harus membangun tim, reputasi serta skill agar bisa bertanding di Volta Football Championship di Buenos Aires.

Sementara itu, Volta League merupakan mode multiplayer dimana kamu bertanding dengan gamer lainnya dalam sebuah liga. Jika bermain baik, tim kamu akan promosi ke liga yang lebih tinggi. Begitu pula dengan sebaliknya.

Terakhir, adalah Volta Kick Off. Seperti mode Kick Off standar di FIFA 20, kamu bisa memilih tim secara bebas dan bertanding dengan peraturan yang kamu suka. Ingin menciptakan duel jalanan antara Messi dan Ronaldo? Bisa banget!

Bola Jalanan! Kupas Tuntas Volta Football, Mode Terbaru FIFA 20 Sumber: The Sun[/caption]

Jika bermain dengan aturan sepak bola jalanan, maka sistem Volta Footbal akan dibuat lebih simpel. Tak ada pemain yang capek atau cedera, tak ada pula pelanggaran. Manfaatkan segala kemungkinan untuk bisa mencetak skor!

Kamu bisa melakukan operan, umpan, dan tembakan dengan gaya keren. Kecoh lawan dengan gocekan dan gerakan trik, atau manfaatkan dinding sekat untuk menciptakan operan dan umpan tidak terduga. Ya, kamu bisa melakukan operan 1-2 ke dinding hingga memanfaatkan dinding untuk melakukan selebrasi.

Gimana, tertarik memainkan Volta Football? Volta Football di FIFA 20 bisa kamu mainkan di PS4, Xbox One, serta Windows ketika rilis tanggal 24 September 2019. Sayangnya, versi Nintendo Switch tidak disertai mode Volta Football karena FIFA 20 di Switch hanya merupakan update dari FIFA 19.

Diedit oleh Fahrul R.U.N.

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game