SSD PlayStation 5: Diproduksi Samsung dan Berukuran 2 TB?

Ukuran HDD terbesar PS4 adalah 1 TB

SSD PlayStation 5: Diproduksi Samsung dan Berukuran 2 TB?

Konsol generasi terbaru akan dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru. Salah satunya adalah Solid State Drive yang merevolusi sistem penyimpanan data komputer dan laptop. Memang sudah waktunya konsol game mendapatkan upgrade SSD langsung dari pabriknya.

Baik PlayStation 5 dan Xbox Series X akan diperkuat oleh SSD. Namun, SSD sendiri memiliki beragam spesifikasi yang membuat kualitasnya berbeda satu sama lain. Seperti apa SSD yang akan digunakan konsol next-gen tersebut?

1. Kapasitas SSD mencapai 2 TB

SSD PlayStation 5: Diproduksi Samsung dan Berukuran 2 TB?wccftech.com

Sony sendiri cukup terbuka selama pengembangan konsol PS5, meskipun sebenarnya keterbukaan tersebut berasal dari kebocoran informasi. Karenanya kita bisa mendapatkan berbagai informasi seputar spesifikasi dan teknologi konsol tersebut. SSD jadi salah satu info yang bisa kita kupas.

Berdasarkan bocoran dari insider Sony, mereka dilaporkan tengah bereksperimen dengan ukuran SSD yang akan mereka sematkan ke dalam PS5. Laporan menyebutkan Sony akan menggunakan SSD berukuran 1 TB, namun ada juga laporan lain yang menyebutkan bahwa ukurannya mencapai 2 TB.

Baca Juga: PlayStation Berikan Logo PS5 dan Pastikan Rilis Tahun ini!

2. SSD performa tinggi dari Samsung

Yang tak kalah penting dari ukuran SSD adalah kecepatannya. Untuk mencapai performa SSD yang sangat kencang Sony harus bekerja sama dengan produsen yang menciptakan SSD tercepat saat ini.

Nama Samsung kemudian dihubung-hubungkan dengan Sony setelah mereka merilis 980 EVO Pro dengan kecepatan baca-tulis mencapai 5000 MBps. Samsung juga dilaporkan tengah menyiapkan produk SSD bernama NVMe SSD 980 EVO, NVMe SSD 980 QVO, serta sesuatu yang disebut Unstoppable Speed. SSD dengan performa tinggi tersebut ditujukan untuk keperluan gaming sehingga mau tidak mau Samsung dihubungkan dengan Sony, dan mungkin Microsoft juga.

3. Timbang-menimbang agar kantong tak berlubang

SSD PlayStation 5: Diproduksi Samsung dan Berukuran 2 TB?techradar.com

Meskipun harga SSD untuk komputer dan laptop sudah cukup terjangkau, SSD dengan kecepatan tinggi dan kapasitas besar masih mahal. Hal ini akan jadi pertimbangan bagi Sony dan juga Microsoft dalam memilih SSD untuk konsol mereka.

Apakah mereka akan menitik beratkan kapasitas namun kecepatannya standar? Ataukah mereka akan mementingkan kecepatan baca-tulis tetapi ukuran penyimpanannya kecil? Apapun itu, SSD di dalam PS5 dan Xbox Series X akan jauh lebih baik dibandingkan dengan HDD konvensional.

Baca Juga: Gosip: Harga PlayStation 5 Mulai dari Rp9 Jutaan? Benarkah?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU