RUMOR: Tak Hanya Garap Silent Hill, Sony Juga akan Beli 3 Game Konami

Sony bantu mediasi antara Konami dan Hideo Kojima

RUMOR: Tak Hanya Garap Silent Hill, Sony Juga akan Beli 3 Game Konami

Sebelumnya dikabarkan bahwa Sony ditunjuk oleh Konami untuk mengerjakan game reboot Silent Hill. Ada rumor yang menyebutkan bahwa SIE Japan Studio akan mengerjakan game tersebut, serta ada keterlibatan Hideo Kojima yang sebelumnya memproduksi PT.

Namun kali ini lebih banyak rumor yang beredar bahwa Sony tidak hanya akan memproduksi Silent Hill, namun juga membeli game tersebut beserta dua game lain dari Konami!

1. Berawal dari postingan 4chan

Semuanya berawal dari bulan Januari lalu di mana seseorang yang mengaku sebagai pegawai Konami memberikan sebuah bocoran di 4chan bahwa Sony ingin membeli serial Silent Hill, Metal Gear, dan Castlevania untuk menambah konten eksklusif PlayStation 5.

Untuk Silent Hill, Sony berharap bisa membuat soft reboot game tersebut dengan bantuan kreator originalnya Keiichiro Toyama, Hideo Kojima yang pernah mengerjakan PT, serta desainer The Evil Within dan waifu-nya internet Ikumi Nakamura.

Untuk Metal Gear, Sony tertarik membuat remake Metal Gear dan Metal Gear 2: Solid Snake yang rilis di komputer retro MSX. Sementara itu Sony juga ingin me-reboot Castlevania ala Bloodborne dengan bantuan kreator Koji Igarashi dan Shutari Iida.

Baca Juga: RUMOR: Sony Akan Garap Game Reboot Silent Hill?

2. Terlalu banyak informasi yang cocok

Biasanya rumor dari 4chan seharusnya dianggap angin lalu. Namun, ada banyak informasi dari rumor tersebut yang cocok dengan kejadian di masa lalu dan masa kini.

Di bulan November 2019, Kojima memberikan petunjuk bahwa ia akan membuat game horor setelah Death Stranding. Masahiro Ito yang mendesain karakter di Silent Hill mengatakan tengah mengerjakan game baru dan berharap game ini "tidak dibatalkan."

Puncaknya adalah berita di mana Sony ditunjuk oleh Konami untuk mengerjakan game Silent Hill. Konami memilih beberapa konsep game yang dikirimkan berbagai developer, dan pilihan mereka jatuh pada SIE Japan milik Sony.

3. Business model yang berubah

RUMOR: Tak Hanya Garap Silent Hill, Sony Juga akan Beli 3 Game Konamimetro.co.uk

Sebenarnya apa alasan Konami menjual 3 franchise besarnya? Uang bisa jadi faktor terbesar. Coba sebutkan apa rilisan game terbesar dari Konami dalam 3 tahun terakhir selain PES. 

Model bisnis Konami telah berubah dan kini mengandalkan pemasukan dari game mobile, arcade, serta pachinko. Jika Konami mengabaikan IP-IP hebat mereka selain PES, maka tentunya Konami tak punya alasan untuk terus menyimpannya jika tidak digunakan sama sekali.

Selain itu ada juga alasan kenapa Sony ingin membeli IP-IP dari Konami. Ada laporan yang menyebutkan bahwa Sony kurang puas dengan hasil penjualan Death Stranding. Game ini memiliki budget yang sangat besar, namun memiliki penjualan yang sangat lambat. Selain itu, studio-studio Sony juga mengeluhkan sikap Sony yang menganak emaskan Kojima.

Meski demikian, Sony masih mempercayai kemampuan Hideo Kojima dengan menyerahkan proyek reboot Silent Hill dan juga remake Metal Gear. Bedanya, kali ini Kojima diberikan budget terbatas untuk meminimalisir pengeluaran.

Menurut kamu, adakah alasan lain kenapa Konami ingin menjual IP game mereka?

Baca Juga: Kemahalan? Sony Kesulitan Tentukan Harga PlayStation 5

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU