Gamer Mass Effect Lebih Senang Bermain Menjadi Orang Baik

Developer: "Padahal jadi orang jahat sama asyiknya loh"

Gamer Mass Effect Lebih Senang Bermain Menjadi Orang Baik

Developer game Bioware dikenal karena senang merilis game dengan sistem narasi yang kuat. Dengan memilih dialog dalam percakapan saja, kamu bisa mengubah pengalaman bermain game kamu. Bioware memaksa kamu untuk menentukan pilihan dengan implikasi moral yang cukup serius.

Salah satu game Bioware tersebut adalah Mass Effect. Game RPG sains fiksi ini memungkinkan kamu memainkan Komandan Shepard sebagai seorang pahlawan heroik berwibawa atau prajurit tangguh berdarah dingin. Namun ternyata, para gamer Mass Effect lebih suka memainkan karakter baik dibandingkan karakter jahat!

1. Paragon VS Renegade

Mass Effect memiliki sistem moralitas yang disebut Paragon dan Renegade. Paragon dan Renegade mencatat aksi-aksi apa saja yang kamu lakukan di dalam game yang dianggap heroik atau brutal oleh karakter lain.

Berbeda dengan sistem moralitas di game kebanyakan yang berbentuk slider, aksi Paragon dan Renegade tidak mempengaruhi satu sama lain. Maksudnya jika kamu melakukan perbuatan baik, tidak serta merta menjadikan nilai Renegade kamu berkurang. Paragon dan Renegade memiliki meteran masing-masing. Jika mengumpulkan poin dalam jumlah tertentu, maka pilihan dialog baru akan terbuka serta ada penambahan stat karakter.

Baca Juga: Meski Sibuk dengan Anthem, BioWare Masih Sempat Siapkan Dragon Age dan Mass Effect Baru!

2. 92% gamer menjadi Paragon

Seorang mantan developer Bioware belum lama ini mengungkap bahwa gamer Mass Effect lebih suka bermain sebagai karakter baik daripada karakter jahat. Lewat akun Twitter-nya, mantan cinematic designer Bioware John Ebenger mengungkapkan hal tersebut sambil me-retweet sebuah meme.

"Kira-kira sekitar 92% gamer Mass Effect bermain sebagai Paragon," ungkapnya. Ia pun sedikit menyesalkan fakta itu karena dalam pembelaannya Ebenger serta tim Bioware lain juga telah memberikan konten yang sama menariknya di sisi Renegade.

3. Data statistik Mass Effect 3

Gamer Mass Effect Lebih Senang Bermain Menjadi Orang Baikgomgi.com

Pengakuan Ebenger tersebut tidak sepenuhnya salah, meskipun sedikit lebay. Fakta memang menunjukkan bahwa gamer Mass Effect lebih suka bermain sebagai karakter Paragon. Berdasarkan statistik game Mass Effect 3 yang dirilis dalam event PAX East 2013 menunjukkan hanya ada 35% gamer yang bermain sebagai karakter Renegade.

Data statistik lain yang mendukung bahwa gamer Mass Effect didominasi pemain Paragon adalah pada Mass Effect 3, hanya 8% gamer yang memilih tidak mengobati wabah Genophage. Kemudian 3.8% gamer memilih menembak Mordin, dan 36% gamer memilih menyelamatkan ras Quarian dan Geth bersamaan.

Nah, jika kamu mendapatkan pilihan bermain sebagai karakter baik atau jahat dalam video game, mana yang akan kamu pilih?

Baca Juga: Salah Satu RPG Terbaik BioWare, Jade Empire Akhirnya Merambah ke Mobile!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU