Comscore Tracker

Deretan Game Nintendo Switch Ini Buktikan Nintendo Tidak Lagi Krisis Dukungan Third-Party

Dari Super Mario hingga Skyrim, Nintendo membuktikan jika mereka berhasil membuat developer game-game beken mendukung konsol game hybrid Switch.

Deretan Game Nintendo Switch Ini Buktikan Nintendo Tidak Lagi Krisis Dukungan Third-Party

[read_more id="273900"]

Akhirnya Nintendo mengungkapkan identitas Nintendo NX yang selama ini masih menjadi kode nama untuk platform game baru mereka, 20 Oktober 2016 kemarin. Nintendo Switch merupakan nama resmi untuk NX, yang selama ini menjadi nama konsol game terbarunya mereka ini, yang sekaligus juga bisa dibawa kemana-mana sebagai mesin game portable (handheld). Konsol game hybrid ini bakal dirilis Maret 2017 mendatang.

Menurut Nintendo, selain menawarkan pengalaman single-player dan multiplayer di rumah, Nintendo Switch juga memungkinkan kalian memainkan game yang sama yang dimainkan dengan tampilan lebar HDTV di rumah ketika kalian mobile, kapan pun, dimana pun. Nintendo Switch tetap bisa kita sebut sebagai konsol, namun mendapatkan aspek mobilitas sebuah handheld. Hasilnya, pengalaman bermain game yang belum pernah kita rasakan sebelumnya.

Deretan Game Nintendo Switch Ini Buktikan Nintendo Tidak Lagi Krisis Dukungan Third-Party

[read_more id="274068"]

Ketika berada di rumah, Nintendo Switch kalian tempatkan di atas docking station Nintendo Switch yang menghubungkannya ke televisi, dan kalian bisa mulai bermain dengan keluarga dan teman dengan kenyamanan kamar pribadi atau ruang keluarga. Kemudian ketika kalian mengangkatnya dari docking tersbut, otomatis Nintendo Switch berganti ke mode handheld (dari situlah asal kata switch, transisi dari mode konsol dan handheld), dan kalian mendapatkan kontrol serta visual yang sama seperti ketika memainkannya melalui televisi. Ya, tentu saja, dengan ukuran layar yang berbeda. Namun ketika menyinggung mobilitas, apa ada yang lebih baik ketika kalian bisa memainkan game konsol selama bepergian di luar rumah?

Deretan Game Nintendo Switch Ini Buktikan Nintendo Tidak Lagi Krisis Dukungan Third-Party

Meskipun dengan karakteristiknya tersebutl ternyata Nintendo masih menyebutnya sebagai home console daripada sebuah mesin portable. Dan bisa jadi karena Nintendo tetap memposisikannya masuk jajaran konsol, daftar pengembang yang sudah dipastikan mendukungnnya pun juga diisi nama-nama beken dari ranah game konsol. Satu yang pasti, tidak seperti konsol mereka sebelumnya, Nintendo Switch bisa diprasiasi karena berhasil memikat lebih banyak pengembang third-party. Hal ini membuktikan mereka percaya kepada konsep Switch ini, dan inovasinya bisa diterima dengan baik oleh pasar.

Deretan Game Nintendo Switch Ini Buktikan Nintendo Tidak Lagi Krisis Dukungan Third-Party

[read_more id="195496"]

Melalui pernyataan awalnya, total ada 48 penerbit game third-party, studio dan juga pengembang kelas menengah yang sudah memberikan dukungannya. Diantaranya adalah Activision, Bandai Namco Entertainment, Capcom, Electronic Arts, Konami, Sega, Square Enix, Take Two Interactive, Ubisoft and Warner Bros. Interactive Entertainment, sekaligus juga 505 Games, Arc System Works, Atlus, Bethesda Softworks, Codemasters, FromSoftware, Frozenbyte, Koei Tecmo, Level-5, PlatinumGames, Spike Chunsoft, Telltale Games, dan THQ Nordic.

[read_more id="274031"]

Sedangkan di sisi game, sejauh ini kami sudah mendapatkan data total ada sepuluh game yang bakal dirilis untuk Switch. Melihat dari daftar penerbitnya, game-game Switch ini pasti akan bervariasi, bukan sekadar game casual saja, seperti yang biasanya kita kenal dari sebuah mesin portable. Mulai yang menjadi andalan, Deretan Game Nintendo Switch Ini Buktikan Nintendo Tidak Lagi Krisis Dukungan Third-Party

Kemudian sebelum konsol ini dirilis, Sega dan Ubisoft sudah mengkonfirmasikan jika mereka menyiapkan beberapa game untuk Switch, termasuk di sana Just Dance 2017 dan Project Sonic 2017. Selain itu mereka juga sekilas memperlihatkan versi port NBA 2K17 untuk Switch. Kemudian meskipun ada The Elder Scrolls V: Skyrim muncuk selama trailer, pengembangnya Bethesda, belum memastikan apakah mereka akan membawa game tersebut untuk Switch. Bethesda Softworks sendiri terdaftar sebagai salah satu penerbit yang mendukung Switch, dan seharusnya kita bakal mendapatkan satu game dari mereka.

Berikut daftar game Nintendo Switch yang sudah dipastikan untuk konsol hybrid ini:

  • Dragon Quest X, Role-playing game (Square Enix), dijadwalkan rilis tahun 2017
  • Dragon Quest XI, Role-playing game (Square Enix), dijadwalkan rilis tahun 2017
  • Just Dance 2017, Rhythm Dance (Ubisoft), dijadwalkan rilis tahun 2017
  • The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Action-adventure (Nintendo EPD), dijadwalkan rilis tahun 2017
  • Game Mario Kart baru, Kart racing (Nintendo EPD), belum diketahui jadwal rilisnya
  • Project Sonic 2017, Platformer (Sonic Team), dijadwalkan rilis tahun 2017
  • Game Pokémon baru, Role-playing game (Game Freak), belum diketahui jadwal rilisnya
  • RISE: Race The Future, Racing (VD-Dev), dijadwalkan rilis tahun 2017
  • Riverside, Open world (Zockrates Laboratories), belum diketahui jadwal rilisnya
  • Game Super Mario baru, Platformer (Nintendo EPD), belum diketahui jadwal rilisnya

First Look at Nintendo Switch

https://youtu.be/f5uik5fgIaI

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game