7 Petunjuk Soal Tyr Palsu di God of War: Ragnarok

Petunjuknya sendiri sudah dibeberkan di awal cerita

7 Petunjuk Soal Tyr Palsu di God of War: Ragnarok

Salah satu plot twist terbesar di God of War: Ragnarok adalah Tyr yang ditemukan Atreus dan Kratos di penjara Svartalfheim adalah sosok Odin yang selama ini menyamar demi mendapat informasi penting dari kubu Kratos.

Nah, jika kalian sadari, ada beberapa petunjuk yang menjelaskan bahwa Tyr satu ini adalah sosok palsu sebelum penyamarannya terbongkar di momen kematian Brok.

Apa saja petunjuknya?

Baca Juga: 6 Fakta Draupnir Spear dari God of War: Ragnarok, Senjata Baru Kratos

1. Tyr palsu langsung mengenali Kratos sedangkan yang asli belum tahu rupa sosoknya seperti apa sebelum diperkenalkan Mimir

Petunjuk ini sudah terlihat pada saat Kratos dan Atreus menemukan Tyr palsu di penjara Svartalfheim.

Saat Tyr palsu melihat Blade of Chaos yang dipegang Kratos, ia langsung menyebut kalau ayah Atreus tersebut adalah pembunuh dewa dan bertanya apakah pria tersebut akan datang membunuhnya.

Dia seolah-olah tahu kalau Kratos sebelumnya pernah memporak-porandakan kerajaan dewa.

Sedangkan Tyr asli tak tak sama sekali sosok Kratos seperti apa sampai Mimir memperkenalkannya. Ia sendiri cuma berkata kalau ia tahu nama tersebut berasal dari dunia luar namun tak tahu seperti apa rupa pemiliknya.

Kemungkinan Tyr asli tahu nama Kratos karena ia sendiri memiliki koleksi barang-barang antik dari Yunani, yang salah satunya adalah guci bergambar sosok Kratos.

2. Selera makan Tyr palsu terkesan terlalu mewah

7 Petunjuk Soal Tyr Palsu di God of War: RagnarokTyr palsu protes soal makanan yang disajikan Brok ( Dok. Santa Monica Studio / God of War: Ragnarok )

Pada saat Kratos dan lainnya makan bersama, Tyr palsu sempat berkata bahwa ia mengingat makanan yang rasanya lebih baik dari yang ia konsumsi sekarang.

Brok sendiri sempat tersinggung dan berkata bahwa Tyr palsu lebih baik memasak sendiri. Nah, sosok penyusup ini pun langsung menyahut bahwa ia menerimanya.

Kelakuan Tyr yang satu ini memang terkesan sangat aneh karena seolah-olah menunjukkan bahwa dirinya adalah sosok bangsawan yang layak mendapat makanan yang lebih enak.

Padahal ia sendiri sedang berada di posisi numpang di rumah orang sehingga tak sepatutnya mencela sajian buatan tuan rumah.

Hal itu tak mengherankan karena Odin sendiri berada di balik penyamaran tersebut.

3. Reaksi Tyr palsu saat melihat ramalan Groa

7 Petunjuk Soal Tyr Palsu di God of War: RagnarokTyr palsu melihat ramalan Odin dan Asgard akan hancur ( Dok. Santa Monica Studio / God of War: Ragnarok )

Saat Atreus, Kratos dan Tyr berkunjung ke Alfheim, mereka menemukan ramalan tersembunyi tentang kebenaran Ragnarok.

Mereka mendapati fakta bahwa kenyataannya Odin akan mati dan Asgard akan hancur. Sedangkan alam lainnya akan tetap utuh.

Mimir bahkan sampai tertawa setelah tahu kalau Odin selama ini bergerak berdasarkan ramalan palsu.

Namun jika kita perhatikan reaksi Tyr, cara pengucapananya saat berkata Groa berbohong terasa seperti kesal meski berhasil ia tahan.

Reaksi yang lebih jelas ia tunjukkan saat Tyr palsu berkata bahwa ini salah dan ia tak mau ramalan tersebut akan mempengaruhi pilihannya.

Hanya saja ia beruntung kalau perkataanya tersebut sejalan dengan pemikiran Kratos yang tak mau bergantung pada prediksi masa depan.

4. Tyr ketahuan memanggil Freya dan Atreus dengan panggilan yang diketahui Odin

7 Petunjuk Soal Tyr Palsu di God of War: RagnarokAtreus dan Kratos bertemu Tyr di Svartalfheim ( Dok. Santa Monica Studio / God of War: Ragnarok )

Saat Atreus pertama kali bertemu Tyr palsu, ia memperkenalkan diri dengan nama Atreus bukan dengan Loki.

Akan tetapi, Brok sempat berkata kalau ia mendengar Tyr palsu memanggil Atreus dengan sebutan Loki.

Hal itu juga berlaku pada Freya. Saat pertama bertemu dengan Tyr palsu, sosok itu langsung memanggil namanya dengan sebutan Frigg.

Panggilan tersebut tentu membuat Freya tak nyaman karena hanya mantan suaminya, Odin yang memanggil dengan nama tersebut.

5. Tyr palsu sempat berkata pada Kratos untuk memberi kesempatan waktu pada Atreus yang pergi ke Asgard

7 Petunjuk Soal Tyr Palsu di God of War: RagnarokTyr palsu meyakinkan Kratos untuk membiarkan Atreus ( Dok. Santa Monica Studio / God of War: Ragnarok )

Momen ini sempat muncul pasca kepergian Atreus menuju ke Asgard.

Demi mencari keberadaan putranya tersebut, Kratos sempat meminta bantuan Freya untuk menemukan keberadaan para Norns, entitas dengan kemampuan melihat masa depan.

Nah, pada saat itu, Tyr palsu sempat mencoba meyakinkan Kratos untuk memberi waktu pada putranya tersebut karena ia tahu Atreus cukup mampu.

Gara-gara itu, Kratos sempat memarahi balik Tyr palsu karena menganggap dialah yang membuat kebodohan dan kebingungan Atreus semakin menjadi-jadi.

Kalau kita perhatikan lagi, ucapan Tyr palsu seolah-olah ingin membuat skenarionya mengundang Atreus ke Asgard tetap berjalan lancar.

6. Perubahan besar-besaran sifatnya saat melihat Atreus mendapatkan topeng

7 Petunjuk Soal Tyr Palsu di God of War: RagnarokPara sekutu Kratos berkumpul ( Dok. Santa Monica Studio / God of War: Ragnarok )

Setelah melihat Atreus mendapat topengnya, Tyr palsu secara mendadak mengungkapkan tujuannya untuk memandu semua orang ke Asgard. Hal itu terasa aneh mengingat sosok tersebut menyatakan dirinya tak mau berperang saat di awal cerita.

Nah, pada saat itu Brok langsung curiga dan sempat bertanya bagaimana Tyr palsu membuka jalannya.

Sosok tersebut hanya menjawab bahwa ia harus mengumpulkan perlengkapannya namun Brok justru langsung membantah karena Tyr palsu sendiri tak punya barang apapun selama di rumah tersebut.

Kecurigaan Brok semakin bertambah besar setelah melihat Tyr palsu membawa topeng yang harusnya disimpan oleh Atreus dan mendengar secara langsung ia menyebut kata Loki.

Gara-gara hal itu, penyamaran Odin sebagai Tyr pun terbongkar hingga ia harus membunuh Brok.

7. Untuk subtitle dialognya, sosok palsu ditulis dengan nama Tyr, sedangkan yang asli adalah Týr dengan huruf diakritik

7 Petunjuk Soal Tyr Palsu di God of War: RagnarokKelompok Kratos menemukan Tyr yang asli terpenjara di Niflheim ( Dok. Santa Monica Studio / God of War: Ragnarok )

Petunjuk satu ini merupakan salah satu yang paling jelas namun ternyata banyak yang melewatkannya.

Jika kita memperhatikan subtitle dialognya, sosok Odin yang menyamar diberi nama Tyr.

Sedangkan yang asli sendiri menggunakan nama Týr dengan huruf 'ý" yang diucapkan secara diakritik.

Itulah 5 petunjuk bahwa Tyr yang ditemukan di awal cerita game adalah sosok Odin yang menyamar.

Bagaimana pendapat kalian? Jangan lupa tulis di kolom komentar, yah!

Baca Juga: 8 Fakta Blade of Chaos God of War, Senjata Ikonik Kratos 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU