5 Game yang Bermasalah Saat Rilis, tapi Kemudian Dikenang Baik 

Mulai karena penuh bug sampai minim fitur

5 Game yang Bermasalah Saat Rilis, tapi Kemudian Dikenang Baik 

Gak semua game mulus saat rilis. 

Ada yang waktu rilis game-nya penuh bug. Ada yang ternyata minim fitur dan tidak sesuai dengan janji. 

Tapi sementara sejumlah game benar-benar tidak pulih, ada beberapa yang tetap bertahan. Bahkan bertahun-tahun setelah rilis game seperti itu masih dianggap bagus.

Apa saja? 

1. No Man's Sky

Kalau kamu ingat momen rilis No Man's Sky pada tahun 2016, kamu mungkin ingat game ini sempat dapat banyak kritik negatif. Meskipun hype-nya besar banget, nilai reviu untuk game-nya ada di kisaran 6-7, atau biasa saja. 

Kalau kamu jalan-jalan ke YouTube di masa itu, kamu bisa menemukan banyak video yang memperlihatkan kalau game ini tak sesuai janji.

Meski begitu, pengembang game ini tidak serta-merta menyerah. Mereka terus memberi update. Puncaknya? Pada tahun 2020, No Man's Sky sampai menang penghargaan The Best Award for Ongoing Game, mengalahkan game battle royale seperti Apex Legends dan Fortnite

Kalau kamu mencoba game-nya sekarang, kamu juga bakal mendapati kalau No Man's Sky memang sudah lebih mendekati janji dan ekspektasi sebelum rilis dulu. 

Baca Juga: Epic Games Hadirkan Teknologi Unreal Engine Dalam Produksi Film!

2. Vampire: The Masquerade - Bloodlines

Saat rilis, Vampire: The Masquerade - Bloodlines dianggap punya potensi jadi masterpiece, tapi masalahnya banyak juga. 

Cerita dan karakterisasi di game-nya sih kuat. Tapi saat pertama rilis, game ini memiliki masalah seperti error yang membuat game-nya crash, waktu loading yang lama, AI yang kacau, dan mekanik penggunaan senjata api yang mengecewakan. 

Masalah di game ini sendiri dasarnya adalah statusnya masih belum sepenuhnya selesai saat Activision memutuskan untuk merilisnya. Sudah begitu, game-nya pun rilis berdekatan dengan Half-Life 2, salah satu game legendaris. 

Tapi hingga 2021, kamu masih bisa menemukan orang-orang yang memasukkan VtM ke dalam daftar game RPG terbaik. Selain karena pada dasarnya plot ceritanya tergolong solid, fans game ini juga membuat unofficial patch yang menangani masalah-masalah teknis game-nya. 

Tentu saja, tidak semua masalah itu dapat teratasi dengan mod dan patch. Tapi setidaknya game-nya jadi lebih stabil, sehingga kamu dapat merasakan sisi positif game-nya. 

3. Final Fantasy XIV

Final Fantasy XIV ini tadinya bermasalah lho, dan responsnya jelek. IGN memberi nilai 5,5/10, dan GameSpot memberi nilai 4/10.

Sempat disangka akan mati, FF XIV dirilis versi baru yang awalnya disebut sebagai A Realm Reborn, dan responsnya berbalik positif sekali!

IGN, misalnya, jadi memberi versi baru FF XIV 8,6/10. 

Dari game MMORPG yang sempat disangka bakal mati, FF XIV kini menjadi salah satu MMORPG paling terkenal di dunia. 

4. Elder Scrolls 5: Skyrim

Gak kerasa ya, Skyrim pertama rilis 2011? Game-nya sekarang punya banyak versi, hingga rasanya judul satu ini gak ada matinya.

Saat pertama rilis dulu, game ini banyak masalah banget. Masalah seperti crash bisa sering terjadi, baik di versi PC, PS3, dan Xbox 360. Bahkan di versi PS3, game-nya bisa dapat banyak masalah hanya karena save file ukurannya sudah lebih dari 6 MB.

Seiring berjalannya waktu, Skyrim memperoleh banyak perbaikan yang menangani masalah-masalahnya. Apakah 100% teratasi? Berhubung ini game Bethesda, kalau kamu mainkan sekarang dengan update terbaru pun mungkin kamu masih bakal menemui masalah. Namun situasinya tak lagi separah saat rilis dulu.

Meski begitu, sejak awal pun Skyrim adalah game yang memang kuat dan memiliki banyak kelebihan. Karenanya, hingga 2021 pun game yang satu ini tidak kunjung lekang dari memori gamer

5. Fallout: New Vegas

Satu lagi game Bethesda yang masuk daftar ini.

Saat pertama rilis, New Vegas punya banyak masalah. Yang paling ngeselin adalah save game jadi corrupt. Selain itu ada juga bug yang mengganggu ending. Seperti misalnya di satu kesempatan kamu tak dapat menolong faksi The Followers of Apocalypse di ending NCR, jadi faksi baik itu tidak bisa dapat ending yang bagus. 

Tapi game ini lalu dapat banyak perbaikan. Seperti Skyrim, berhubung ini game Bethesda, meski kamu main di versi terbaru pun bisa jadi kamu masih bakal dapat menemui masalah. Meski begitu situasinya sudah tidak seburuk saat rilis pertama.

Selain itu, dari segi plot, New Vegas ini termasuk yang paling kuat di seri Fallout. Jadi begitu game-nya lebih stabil dimainkan, kekuatan ceritanya pun bisa dinikmati oleh para pemainnya. 

Akhirnya, New Vegas pun masih dikenang sebagai salah satu game Fallout terbaik saat ini.

Nah, itu lima game yang bermasalah saat rilis tapi kemudian dikenang baik. Bisa gak ya Cyberpunk 2077 nyusul game-game ini? Sampaikan teorimu di kolom komentar! 

Baca Juga: Sebelum Layanan Flash Ditutup, Kenang 10 Game Flash Legendaris Ini

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU