Nippon Pride! 6 Game Keren Jepang yang Tidak Pernah Rilis di USA

Mereka keren tapi tidak pernah rilis di USA.

Nippon Pride! 6 Game Keren Jepang yang Tidak Pernah Rilis di USA

Hingga saat ini harus diakui Jepang masih menjadi magnet terkuat dalam industri game. Di Jepang, banyak sekali game-game bagus yang ditelurkan dan juga beberapa produsen raksasa game berasal dari Jepang.

Sebut saja Sega dan Nintendo yang dulu bersaing dengan sengit untuk menelurkan game-game terbaik. Di industri modern seperti sekarang ada nama Sony yang begitu ciamik dalam mendistribusikan game-game keren keseluruh dunia, salah satunya tentu Amerika Serikat (nanti disebut USA). USA harus diakui menjadi destinasi yang legit untuk mendistribusikan game.

Beberapa game Jepang yang mampir ke USA antara lain Super Mario 64, Pokemon Red and Blue, Ico, dan Shadow of Colossus. Semua game tersebut bisa dibilang cukup banyak dilirik. Tapi tahukah kalian, ternyata tidak semua game Jepang itu mampir ke USA lho meskipun mereka negara yang bagus untuk didistribusikan game.

Sialnya, beberapa game yang tidak pernah ke USA itu adalah game bagus. Tapi karena beberapa kontroversi, pada akhirnya game tersebut tertahan dan tidak bisa dirilis di USA.

Lantas, apa saja ya game keren Jepang yang tidak pernah rilis di USA? Duniaku.net bakal membahasnya satu per satu dan inilah kisah game-game keren Jepang yang tidak pernah rilis di USA.

Nippon Pride! 6 Game Keren Jepang yang Tidak Pernah Rilis di USA Source: Retrotech.info[/caption]

Devil World merupakan sebuah game labirin yang dirilis untuk Nintendo 64 pada tahun 1984. Dalam game ini kalian disuruh untuk mengendalikan Tamagon yang merupakan seekor naga lucu berwarna hijau. Dalam game ini kalian disuruh untuk memakan sebuah tanda kuning (mirip seperti salib) agar bisa menyemburkan api dan memakan dinding labirin.

Tapi untuk menyelesaikan game ini tidak mudah karena Labirin bakal terus bergerak serta kalian akan menghadapi musuh yang merupakan antek-antek dari iblis di dalam game tersebut. Untuk gameplay pada masanya, game ini cukup adiktif dan bisa membuat lupa waktu.

Devil World memang mendapatkan rilis Eropa pada tahun 1987 dan juga dirilis untuk WII pada tahun 2008. Tapi sialnya game ini tidak pernah rilis di USA. Alasannya, tanda mirip salib di dalam game ini terlalu sensitif untuk masyarakat Amerika. Menembakan bola api yang berasal dari tanda mirip salib itu terlalu ikonoklastik (gerakan menghancurkan benda yang dianggap suci).

Itulah yang pada akhirnya membuat Devil World tidak pernah masuk ke USA meski dianggap sebagai game legendaris nan ikonik.

Nippon Pride! 6 Game Keren Jepang yang Tidak Pernah Rilis di USA Source: Youtube[/caption]

Bayangkan apabila Battletech dan Final Fantsy digabungkan, maka mereka bakal menghadirkan game baru. Kira-kira, game baru ini adalah Front Mission. Game tersebut adalah game yang lahir dari tangan dingin Square Enix pada tahun 1995.

Seri ini berlangsung pada abad 21 dan 22 dengan mengambil latar belakang konflik-konflik militer serta politik serikat-serikat yang sedang berkuasa saat itu. Bagian paling asyik tentu saja kalian bisa memainkan robot besar yang luar biasa bernama Wanzer.

Front Mission dapat sambutan hangat, tapi entah mengapa Front Mission 5: Scars Of The War yang dirilis untuk platform PlayStation 2 di tahun 2005 tidak mendapatkan rilis internasional, termasuk USA. Untungnya sebuah kelompok bernama Front Mission: Series Translation Project, melakukan patch untuk memasukkan bahasa Inggris ke dalam game ini.

Tidak rilisnya di negara lain membuat Front Mission 5: Scars Of The War menjadi salah satu game keren Jepang yang tidak pernah rilis di USA.

Source: Den of Geek[/caption]

Game keren Jepang yang tidak pernah rilis di USA selanjutnya adalah Famicom Wars. Game ini merupakan game yang dirilis untuk PC pada tahun 1988 dan langsung mendapatkan pujian. Kesuksesan Famicon Wars membuatnya rilis ke Gameboy Advance dan Nintendo Entertainment System di tahun 1990-an.

Game ini punya gameplay unik yaitu kalian harus bersaing dengan satu rekan kalian untuk saling menghancurkan markas. Pada akhirnya game lawas ini dirilis untuk virtual console di tahun 2009, tapi hanya untuk di Jepang! Tidak tahu kebijakan apa yang membuat game ini tidak pergi ke negara lainnya, termasuk USA.

Apalagi ya game keren Jepang yang tidak pernah rilis di USA? Yuk langsung kita meluncur ke halaman selanjutnya.

Nippon Pride! 6 Game Keren Jepang yang Tidak Pernah Rilis di USA

Shin Megami Tensei: Devil Summoner adalah RPG yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Altus. Game ini merupakan seri spin-off pertama dari seri Megami Tensei yang dirilis untuk Sega Saturn pada tahun 1995 dan dirilis untuk PSP pada tahun 2005.

Game ini memaksa kalian untuk berhadapan dengan iblis dan game ini mengambil beberapa elemen klasik seperti dungeon first person navigasi, pertempuran berbasis giliran (seperti Final Fantasy di PlayStation 1), dan sistem rekrut iblis untuk dijadikan alat bertempur kalian. Tapi sialnya, dengan segala kebaikan yang mereka miliki, game ini menjadi salah satu game keren Jepang yang tidak pernah rilis di USA.

Meski pada kenyataannya ada desas-desus yang mengatakan game ini bisa saja dirilis di USA dan negara lainnya, mengingat game seperti Doom dan Devil May Cry yang mengambil tema iblis baik-baik saja dan diterima di negara lain. Mudah-mudahan saja remaster untuk game ini bisa terwujud dan dirilis ke negara lain.

Nippon Pride! 6 Game Keren Jepang yang Tidak Pernah Rilis di USA Source: Neko Random[/caption]

Sega, mendengar nama itu memang cukup tragis apalagi Sega di zaman dulu merupakan salah satu yang paling superior di industri game. Mereka tak tanggung-tanggung bersaing dengan Nintendo dengan cukup sengit.

Di zaman dulu, Sega menelurkan sebuah game berjudul Segagaga. Game ini adalah game RPG yang dikembangkan oleh Tez Okano serta dirilis hanya di Jepang untuk platform Dreamcast di tahun 2001. Meski awalnya dianggap sebagai sebuah lelucon, tapi akhirnya game ini diakui sebagai game yang keren dan solid.

Tapi sayangnya meski tampil memukau, game ini belum bisa menyeberang dan diproduksi ke USA. Padahal game ini cukup potensial dan fresh dari segi ide.

Source: Geek.com[/caption]

Metal Wolf Chaos punya kebingungan tersendiri mengapa pada akhirnya mereka menjadi salah satu game keren Jepang yang tidak pernah rilis di USA. Padahal game ini menceritakan mengenai pertarungan seorang Presiden Amerika Serikat yang menggunakan baju armor nan keren untuk memberantas penjahat yang berusaha menguasai USA.

Apalagi game ini dirilis untuk Xbox yang merupakan perusahaan asal Amerika Serikat. Mungkin hal tersebut sangat tidak masuk akal dong? Padahal game ini bisa punya keuntungan berlipat ganda apabila dirilis di USA, apalagi inti cerita dari game ini adalah USA itu sendiri.

Nih satu lagi game keren Jepang yang tidak pernah rilis di USA ada di halaman selanjutnya bro-bro semua.

Nippon Pride! 6 Game Keren Jepang yang Tidak Pernah Rilis di USA Source: Kotaku[/caption]

Salah satu game yang cukup legendaris di masanya adalah Mother 3 yang dirilis pada tahun 2006 untuk Game Boy Advance tahun 2006. Perkembangan game ini sudah ada sejak 1994 untuk platform SNES sebelum ke GBA. Perlu diketahui, hadirnya Mother 3 ke GBA di tahun 2006 butuh waktu yang lama karena sebelumnya game ini telah dikembangkan untuk GBA sejak 2003.

Game ini punya mekanisme RPG seperti umumnya, pemain mengontrol sekelompok karakter yang menjelajahi dunia terbuka, mengobrol dengan NPC, dan melawan musuh. Di tahun 2006, mereka menjadi salah satu game terlaris di Jepang dan sayangnya Mother 3 tidak rilis internasional.

Banyak yang penasaran dengan game tersebut, tapi sepertinya Nintendo belum mau merilis mereka di luar Jepang.


Sepertinya itulah tujuh game keren Jepang yang tidak pernah rilis di USA. Padahal bila berbicara keuntungan, game-game di atas bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak bila dirilis negara lain termasuk USA. Tapi sayang, game-game tersebut mengurung diri untuk dirilis ke negara lain, salah satunya USA.

Sumber: Whatculture

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

Latest