Ini 5 Cara Mengalahkan Logia di One Piece! Bukan Cuma Haki!

Bukan cuma dengan Haki!

Ini 5 Cara Mengalahkan Logia di One Piece! Bukan Cuma Haki!

Tahukah kalian? Di dunia One Piece ternyata ada 5 cara yang bisa digunakan untuk mengalahkan pengguna Buah Iblis Logia! Apa saja? Simak daftarnya dalam artikel berikut ini!

1. Menggunakan Batu Laut!

Tentu saja sebagai pengguna Buah Iblis, semua pemakan Logia bakal lemah terhadap Batu Laut. Inilah kenapa Angkatan Laut memiliki borgol yang terbuat dari Batu Laut.

Tak cuma itu, beberapa persenjataan mereka juga dilengkapi dengan Batu Laut. Jitte milik Smoker, misalnya, ujungnya mengandung Batu Laut sehingga bisa dipakai untuk menyerang pemakan Buah Iblis.

Mengingat banyaknya pemakan Buah Iblis di dunia One Piece, sampai penjara Impel Down pun memakai Batu Laut sebagai bahan jerujinya agar mereka tak bisa kabur!

Kalau dengan Batu Laut, pengguna Logia pun bisa disentuh sehingga mereka juga bisa dikalahkan!

2. Menenggelamkannya!

Ini 5 Cara Mengalahkan Logia di One Piece! Bukan Cuma Haki!onepiece.fandom.com

Tentu saja cara yang paling sederhana untuk menjatuhkan pemakan Buah Iblis apapun adalah dengan menenggelamkannya.

Meski cara ini hampir tak pernah terlihat dipakai untuk mengalahkan Logia, tapi tak perlu diragukan lagi bahwa menenggelamkan pengguna Logia bisa melemahkannya.

Namun cara ini tidak akan mempan jika pengguna Logia tersebut adalah Manusia Ikan, seperti yang terlihat pada Jack. Meskipun Jack tenggelam dan tubuhnya melemah di laut, dia tetap bisa bertahan hidup karena Jack bisa bernapas dalam air!

3. Memakai elemen yang jadi kelemahannya!

Ini 5 Cara Mengalahkan Logia di One Piece! Bukan Cuma Haki!crunchyroll.com/One Piece

Cara ini beberapa kali dimanfaatkan oleh Luffy untuk mengalahkan beberapa pengguna Logia, seperti Crocodile dan Enel.

Jika pengguna Logia bertemu dengan elemen yang jadi lawannya, maka kekuatan Logia miliknya akan jadi netral atau dengan kata lain tubuh Logianya bisa disentuh oleh elemen yang jadi lawannya tersebut!

Misalnya Enel sang pengguna Logia Goro Goro yang berkekuatan petir. Berhubung tubuh Luffy terbuat dari karet yang merupakan isolator listrik, Luffy jadi bisa menyentuh dan menghajar Enel.

Hal ini sebelumnya juga dimanfaatkan oleh Luffy untuk melawan Crocodile. Kelemahan Logia Suna Suna milik Crocodile adalah air, meski dalam jumlah sedikit.

Luffy saat itu mengalahkan Crocodile dengan memanfaatkan tubuhnya yang bersimbah darah, membuat kekuatan Logia Crocodile jadi bisa disentuh oleh tubuh Luffy!

Baca Juga: [One Piece] 6 Buah Iblis Ini Jadi Kelemahan Gomu Gomu! Apa Saja?

4. Menggunakan Busoshoku Haki!

Ini 5 Cara Mengalahkan Logia di One Piece! Bukan Cuma Haki!crunchyroll.com/One Piece

Mengalahkan Logia pada dasarnya sangatlah sulit karena memerlukan beberapa hal spesifik seperti elemen lawan dari Logia tersebut atau Batu Laut yang cukup sulit ditemukan.

Namun jika kita memiliki Haki, tepatnya Busoshoku Haki, maka siapapun bisa menyentuh Logia dalam bentuk apapun!

Busoshoku Haki adalah jenis Haki yang menciptakan "senjata" atau "baju zirah" dengan energi dari dalam tubuh masing-masing penggunannya.

Busoshoku Haki ini bisa menghilangkan efek Buah Iblis apapun dengan menyentuhnya, jadi serangan apapun yang dilapisi dengan Busoshoku Haki juga bisa melukai pengguna Buah Iblis Logia!

5. Mengacaukan mental pengguna Logia!

Ini 5 Cara Mengalahkan Logia di One Piece! Bukan Cuma Haki!onepiece.fandom.com

Salah satu cara mengalahkan Logia terunik yang pernah diperlihatkan di manga One Piece adalah dengan mengacaukan mental sang pengguna Buah Iblis!

Dengan mengacaukan mentalnya, pengguna Logia ini akan kesulitan untuk menggerakkan tubuhnya sehingga juga sulit untuk mengendalikan wujud Logianya.

Hal ini diperlihatkan oleh Zoro saat dia mengalahkan Monet. Zoro menanamkan teror yang mendalam pada Monet dengan nafsu membunuh, sampai-sampai Monet gemetaran dan tak sanggup menyatukan tubuh Logianya yang terbelah dua.

Dari sini bisa disimpulkan kalau kekuatan Logia tetap dipengaruhi dari kondisi mental penggunanya. Jika mental pengguna Logia kacau, dia akan kehilangan fokus dan kesulitan untuk mengendalikan tubuh Logianya.

Itu dia 5 cara untuk mengalahkan Logia yang sudah diperlihatkan sejauh ini di anime dan manga One Piece! 

Selain lima itu, ada juga Buah Yami Yami. Namun yang itu cara kerjanya beda sendiri dibanding Logia lain, hingga kalau pemakannya tidak sekuat Blackbeard ya mengalahkan pemakan Yami Yami seharusnya tidak sulit. 

Apakah ada lagi cara mengalahkan Buah Iblis Logia yang terlewat dari daftar? Coba berikan tanggapanmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: [Teori] 5 Kemungkinan Peran Benn Beckman di Kelompok Shanks One Piece

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU