4 Keistimewaan Buah Zoan One Piece Dibanding Devil Fruit Lain

Gak kalah kok dari Logia dan Paramecia

4 Keistimewaan Buah Zoan One Piece Dibanding Devil Fruit Lain

Pemakan Buah Iblis Paramecia akan memperoleh kekuatan unik, seperti menjadi manusia karet. Pemakan Buah Iblis Logia bakal langsung jadi luar biasa kuat, karena mereka seakan berubah jadi perwujudan suatu elemen alam.

Gimana dengan Zoan? Jangan remehkan Buah Zoan One Piece hanya karena kemampuannya "sekedar" memberi transformasi jadi hewan lho. Ini empat keistimewaan Buah Zoan One Piece dibanding Devil Fruit lain! 

1. Meningkatkan kemampuan fisik, baik serangan maupun bertahan

4 Keistimewaan Buah Zoan One Piece Dibanding Devil Fruit LainToei Animation/One Piece

Buah Zoan One Piece memberikan peningkatkan kemampuan fisik pada pemakannya. Ini termasuk daya serang, serta ketangguhan menerima serangan. Tergantung dari jenis Zoan-nya, bisa saja si pemakan juga memperoleh peningkatan pendengaran, peningkatan pengelihatan, atau kemampuan melompat. 

Untuk petarung yang ingin meningkatkan daya hancur serangan fisik serta ketangguhannya, Zoan pun malah lebih bisa diandalkan ketimbang Logia atau Paramecia.

Terutama bila kekuatan dan ketangguhan ini dipadukan dengan Busoshoku Haki. Si pengguna Zoan jadi sulit dikalahkan dan bisa menghajar musuh dengan cepat.

Ancient Zoan bahkan tampak memiliki ketangguhan yang lebih besar dari Zoan biasa. Kamu bisa lihat ini pada Page One, yang mampu menerima serangan bertubi-tubi Sanji dan terus bangkit. Lalu ada Ulti juga, yang mampu bangkit lagi meski sudah dihajar Raimei Hakke oleh Yamato. 

Baca Juga: Jadi Gepeng, Ini 11 Momen Kocak Anime One Piece Saat di-Pause!

2. Mythical Zoan memberikan transformasi jadi hewan plus kekuatan super lain

4 Keistimewaan Buah Zoan One Piece Dibanding Devil Fruit LainToei Animation/One Piece

Bisa dibilang, yang bisa menemukan dan memakan Mythical Zoan tergolong beruntung sekali.

Selain memperoleh kemampuan dasar Zoan, yaitu transformasi jadi hewan, mereka pun bakal mendapat kekuatan super lain.

Wujud rubah ekor sembilan Catharina Devon bisa menyamar jadi orang lain dengan sempurna. Wujud naga Kaido bisa "terbang" dengan menapak di awan. Wujud phoenix Marco bisa menyembuhkan orang lain, dan menyembuhkan diri sendiri.

3. Bisa menghidupkan obyek

4 Keistimewaan Buah Zoan One Piece Dibanding Devil Fruit LainToei Animation/One Piece

Bila Buah Zoan dimakankan ke sebuah obyek, maka obyek itu akan hidup. Metodenya gimana sih saya belum tahu, namun ini sudah bisa dilakukan di dunia One Piece

Kita sudah melihat beberapa kasusnya, seperti Funkfreed milik Spandam yang sebenarnya adalah pedang, namun menjadi gajah. Juga Lassoo, bazooka milik Mr. 4 yang bisa menjadi anjing.

Belum diketahui apakah Paramecia dan Logia bisa melakukan ini. Kalaupun bisa, saya rasa hasilnya hanya jadi senjata unik. Seperti misalnya pedang dengan kemampuan karet, atau pedang berelemen petir, bukannya menjadi makhluk hidup. 

4. Memperoleh karakteristik hewan yang bisa bermanfaat juga

4 Keistimewaan Buah Zoan One Piece Dibanding Devil Fruit LainToei Animation/Pell

Sekedar bertransformasi jadi hewan saja bisa sangat membantu.

Buah Zoan bisa memberikan sayap, yang dapat membuat seorang petarung mengudara. Sosok seperti Marco dan Pell jadi lebih berbahaya karena kemampuan ini.

Para Ancient Zoan bisa membuat tubuh mereka jadi besar dan makin berbahaya. Lihat saja tubuh brachiosaurus Queen yang begitu besar, hingga menjatuhkannya akan lebih sulit. 

Tentu saja, kalau hewan transformasi para pemakan Buah Zoan ini punya taring, cakar, dan ekor, pemakannya pun bisa memperoleh itu. Para pengguna Buah Zoan pun bisa menggunakan bagian tubuh hewan mereka untuk membantu dalam pertempuran. 

Itulah empat keistimewaan Buah Zoan One Piece dibanding Devil Fruit lain. Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: 7 Kelompok Bajak Laut dengan Total Bounty Terbesar di One Piece 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU