Ngobrol Santai Bareng Penerjemah Indonesia untuk Library of Ohara!

Yuk ngobrol santai bareng Murders!

Ngobrol Santai Bareng Penerjemah Indonesia untuk Library of Ohara!

duniaku.com mendapatkan kesempatan untuk mengobrol santai dengan Murders, penerjemah untuk bahasa Indonesia dari Artur Library of Ohara yang biasa memberikan bocoran, teori, chapter secret, dan lain sebagainya dari dunia One Piece.

Saya berhasil menghubungi Murders melalui Twitternya di @Murd3r5 dan berbincang santai.

Seperti apa obrolannya? Yuk simak berikut ini!

1. Bagaimana sih awalnya menjadi penerjemah dari Artur Library of Ohara?

Ngobrol Santai Bareng Penerjemah Indonesia untuk Library of Ohara!comicbook.com

Kalau kamu belum tahu, bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa resmi yang ada di website milik Artur Library of Ohara dan Murders adalah penerjemah untuk bahasa Indonesia.

Awalnya bagaimana sih?

Ternyata pada awalnya Murders bersama dengan NicoRobin29 yaitu temannya dan juga penggemar One Piece wanita dari Indonesia ingin menghadirkan konten One Piece yang berbeda, karena itu keduanya menjadi admin di fandom One Piece.

"Kalau saya pribadi kan pencipta fandom One Piece Cianjur dan juga pernah ngadmin di fandom Maniak One Piece sama One Piece Club. Nah, di One Piece Club ini barengan sama mba NicoRobin29. Dengan landasan pengen nyari konten fresh itulah, mba ini ngajakin saya buat jd penerjemah khususnya terjemahin One Piece Chapter Secret by Artur ini."  - ujar Murders tentang awalnya menjadi penerjemah.

Memulai translasi mandiri sejak November 2017 yang salah satunya di fanpage mandiri yang bisa kamu akses di facebook.com/Murd3r5.

Nah akhirnya Artur meresmikan translasi berbahasa Indonesia di situs pada tanggal 21 Februari 2020 lalu dengan Murders sebagai penerjemahnya.

2. Kenapa salah satu bahasa resmi yang diterjemahkan itu bahasa Indonesia?

Ngobrol Santai Bareng Penerjemah Indonesia untuk Library of Ohara!funimation.com/One Piece

Artur Library of Ohara adalah salah satu sumber terpercaya dari dunia One Piece yang menyediakan konten dari bahasa Jepang ke bahasa Inggris, lalu kenapa sekarang ada bahasa Indonesia?

"Sebenarnya bahasa lain yg pertama kali Artur sediain itu bahasa Spanyol. Itu yg resmi. Sebenarnya banyak rekan-rekan saya di luar negeri yg juga ikut terjemahin, macam Italia, Perancis, Tiongkok, itu juga terjemahin kok. Tapi memang belum di resmikan di webnya Artur aja." jelas Murders.

Nah setelah tahu kalau bahasa Spanyol menjadi salah satu bahasa resmi di Library of Ohara, Murders pun mengajukan kembali tawaran untuk menjadikan bahasa Indonesa sebagai salah satu bahasa resmi di Library of Ohara.

Akhirnya deh kita bisa membaca pembahasan bab rahasia dan lain sebagainya dari Artur berbahasa Indonesia berkat Murders dan timnya!

3. Gimana nih rasanya tahu informasi soal One Piece duluan dibanding kebanyakan pembaca indonesia?

Karena menerjemahkan duluan, gimana rasanya tau teori dan spekulasi serta beberapa info rahasia di bab One Piece lebih dulu, ya?

"Seneng tapi ga terlalu hype juga. Karena ini kan kita di Murders Team juga niatannya ingin memberikan edukasi kepada khalayak terutama fans OP di Indonesia kalau "hey, ini nih ada konten yang kaya gini loh, yang mengedukasi kita." jelas Murders.

Intinya dengan terjemahan ini dia mau para penggemar One Piece di Indonesia jadi mendapatkan ilmu dan informasi baru terkait One Piece yang jelas mengedukasi.

Menurutnya juga penjelasan teori, spekulasi, dan lainnya dari grup atau komunitas Indonesia juga tidak kalah bagusnya.

Baca Juga: 7 Fakta Big Mom, Yonko Wanita Satu-satunya di One Piece!

4. Library of Ohara kan suka membuat teori One Piece yang bagus, tapi pembaca Indonesia banyak yang tak suka teori, gimana nih?

Ngobrol Santai Bareng Penerjemah Indonesia untuk Library of Ohara!duniaku.com/fudo

Terkadang penggemar Indonesia memang kurang suka dengan teori anime atau manga tak seperti penggemar luar negeri, apalagi kalau teorinya menurut pembaca tidak masuk akal. Bagaimana tuh?

"Teori (buatan grup atau komunitas) di kita (Indonesia) sebenarnya bagus-bagus. Cuma disayangkan sekali kalau pembaca kita itu masih mengagungkan konten teori dari grup atau forum luar negeri."

Dia juga mengatakan kalau beberapa pembaca dan penikmat teori di One Piece di Indonesia kebanyakan masih belum bisa move on dari beberapa teoritis terkenal.

"Beberapa masih belum bisa move on sama pensiunnya teoritis terkenal kita Bung Tonyhoho dan Rokushikimaster, serta beberapa pembedah chapter yang fakum macam Lempok Durian, Calgara, Oge dan Miminwara. Jujur deh, yg saya tangkap seperti itu."

Murders juga mengatakan kalau teori dan spekulasi selama berlandaskan kepada manga dengan alasan yang jelas, maka tidak perlu deh para pembaca mem-bully teori tersebut, karena bisa saja benar kan?

5. Nah sekarang nih, siapa karakter favoritnya dan selain Jinbe, berharap karakter siapa jadi anggota Topi Jerami baru?

Ngobrol Santai Bareng Penerjemah Indonesia untuk Library of Ohara!comicbook.com

Sekarang kita pertanyaan santai saja ya. Kalau di One Piece, siapa sih karakter favorit Murders?

"(Vinsmoke) Sanji, karena kita memiliki mimpi yang sama" kata Murders. Nah ini mimpinya yang soal All Blue atau yang soal wanita nih?

Selain itu kalau boleh memilih karakter selain Jinbe untuk bergabung dengan Topi Jerami, maunya milih siapa nih?

"Carrot, atau bisa cewek lagi. Karena, ayolah, kita kan bosen cewek cuma dua. Itu kalau saya bisa milih mah." lumayan setuju juga sih. Tapi Murders pun sependapat kalau Jinbe juga karakter yang sangat cocok di Topi Jerami berkaitan dengan sifat karakternya.

Nah itu dia obrolan santai bersama dengan Murders yaitu penerjemah Artur Library of Ohara untuk bahasa Indonesia! Kalau kamu mau mengobrol juga dengan Murders, silahkan main ke sosial medianya di bawah ini, ya!

Facebook.com/Murd3r5/ atau twitter.com/Murd3r5 dan tentunya website Library of Ohara!

Baca Juga: 7 Fakta Boa Hancock sang Ratu Bajak Laut di One Piece!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU