10 Fakta Nami, Navigator Andalan Topi Jerami di One Piece!

Tanpa dia, Topi Jerami mungkin gak pernah sampai Grand Line

10 Fakta Nami, Navigator Andalan Topi Jerami di One Piece!

Siapa yang tak kenal Nami si Pencuri dari kelompok bajak laut Topi Jerami. Dia adalah seorang navigator handal dari kru bajak laut ini, dan memiliki banyak penggemar, sehingga membuat membahas fakta-fakta Nami sepertinya akan menarik.

Memang ada apa saja 10 fakta Nami yang menarik dibahas? Lanjut baca, ya!

1. Untuk usia, Nami tergolong muda di Topi Jerami

10 Fakta Nami, Navigator Andalan Topi Jerami di One Piece!Nami dari anime One Piece. wallpapertag.com

Sampai saat ini, setelah timeskip, umur Nami adalah 20 tahun, dan termasuk yang muda di kelompok Topi Jerami.

Sebagai pebanding, yang paling muda adalah Chopper yang berumur 17 tahun, lalu Usopp dan Luffy juga lebih muda dari Nami yaitu 19 tahun. Selebihnya di atas Nami umurnya, seperti Zoro dan Sanji yang sama-sama 21 tahun, lalu sisa empat lagi (termasuk Jinbe) adalah anggota tertua dari Topi Jerami.

Oh iya, Nami lahir tanggal 3 Juli, ada yang sama?

Baca Juga: 9 Kemungkinan Pengintai Jinbe dan Robin di One Piece 979

2. Kalau sudah urusan uang, sisi penakut Nami hilang

Bersama dengan Usopp dan Chopper, Nami dikenal sebagai trio penakut dari Topi Jerami.

Takutnya di sini berasal dari berbagai faktor, mulai dari takut bertarung, takut dengan tempat berbahaya, takut dengan orang berbahaya, dan takut hantu.

Meskipun begitu, jika berhubungan dengan uang, harta karun atau sejenisnya maka dia akan menjadi berani, seperti contohnya mencuri dari orang yang kuat.

Selain itu, kelompok Topi Jerami beberapa kali masuk dalam sesuatu hal yang berbahaya karena Nami menginginkan sesuatu dari tempat itu (dan tentu saja Luffy juga) seperti saat mereka ke Pulau Karakuri demi mahkota emas (meskipun Nami juga takut), dan saat Topi Jerami ikut balapan antar Bajak Laut demi hadiahnya (catatan: ini ada di film One Piece Dead End Adventure dan Karakuri Castle).

3. Desain awal Nami lebih terlihat seperti petarung

10 Fakta Nami, Navigator Andalan Topi Jerami di One Piece!onepiece.fandom.com

Fakta Nami yang ini mungkin memang hanya sedikit saja yang tahu, karena ternyata desain awal Nami terlihat sangat garang!

Oda memperlihatkan desainnya seperti di atas, ternyata Nami direncanakan memiliki senjata kapak! Tak hanya itu, dia juga digambarkan memiliki kaki kanan dan tangan kiri yang terbuat dari mesin! Dia cyborg!

Ini tentunya ajaib, karena di cerita versi sekarang sih Nami bukan petarung fisik. Ia masih bisa melumpuhkan banyak prajurit, tapi ia mengandalkan perlengkapannya untuk melakukan itu. 

4. Di versi anime, Nami jadi nakama pertama Luffy yang muncul

10 Fakta Nami, Navigator Andalan Topi Jerami di One Piece!funimation.com/One Piece

Bukankah nakama pertama Luffy adalah Zoro? Memang, namun yang muncul pertama atau diperlihatkan pertama di anime adalah Nami.

Nami memang muncul lebih cepat di anime, yaitu di episode 1, sedangkan di manga dia baru muncul di chapter 8.

Uniknya? Di manga juga Nami muncul bersama dengan Luffy dan Shanks di cover manga One Piece chapter 1, membuat Nami menjadi Nakama Luffy yang muncul pertama kali.

5. Menurut Oda, jika di dunia nyata Nami berasal dari Swedia

10 Fakta Nami, Navigator Andalan Topi Jerami di One Piece!comicbook.com

Saat Eiichiro Oda menjawab pertanyaan soal asal karakter dari Topi Jerami jika berasal dari negara di dunia nyata, negeri asal Nami ternyata unik. 

Menurut Eiichiro Oda, Nami berasal dari negara Swedia jika dia berasal dari dunia nyata! Hayo siapa di sini yang orang Swedia? Ada tidak nih? (becanda).

6. Orang terpintar ketiga di alur East Blue

Di dalam kelompok Topi Jerami, dikatakan bahwa Nami adalah salah satu anggota yang pintar selain Nico Robin, sudah jelas ya tak perlu ditanya lagi.

Dari semua karakter yang sudah muncul di alur East Blue menurut Oda, Nami adalah orang ketiga yang paling pintar. Orang pintar pertama dari alur itu adalah Benn Beckman, dan yang kedua adalah Kuro

7. Nami pernah mendahului Luffy menawari seorang calon anak buah untuk gabung

10 Fakta Nami, Navigator Andalan Topi Jerami di One Piece!comicbook.com

Orang pertama yang sampai saat ini pernah mengundang nakama baru sebelum Luffy adalah Nami, dan tentu saja menjadi salah satu fakta Nami yang menarik.

Siapa nakama yang diundang? Dia adalah Chopper saat Nami sedang berada di bawah perawatan si dokter unik ini. Meskipun belum bergabung, barulah saat Luffy meminta Chopper bergabung, Topi Jerami jadi memiliki seorang dokter.

8. Sempat jadi Topi Jerami pertama yang mengkhianati Luffy

10 Fakta Nami, Navigator Andalan Topi Jerami di One Piece!crunchyroll.com/One Piece

Dari semua nakama Luffy, hanya ada empat yang pernah keluar lalu masuk lagi sebagai kelompok Topi Jerami, mereka adalah Nami, Usopp, Robin, dan Sanji. Dari empat nama di atas, Nami adalah orang pertama yang pernah keluar dari kru, lalu bergabung kembali.

Saat itu Nami kabur dari Topi Jerami untuk kembali dengan Arlong demi desanya, barulah Luffy datang untuk mengambil kembali Nami dan mengalahkan Arlong.

9. Anggota pertama yang dipercaya Luffy mengenakan topi jerami miliknya

10 Fakta Nami, Navigator Andalan Topi Jerami di One Piece!funimation.com/One Piece

Masih dari alur cerita yang sama, yaitu saat alur cerita Arlong. Nami adalah anggota pertama yang mengenakan topi jerami khas Luffy.

Robin juga pernah, bedanya dia mengambil paksa dari Luffy, dan saat itu dia belum bergabung secara resmi menjadi kelompok Topi Jerami.

Bedanya dengan Nami, Luffy justru yang memberikan topi tersebut dan meminta Nami untuk menjaganya selagi dia bertarung.

10. Tubuh Nami sensitif terhadap perubahan cuaca

10 Fakta Nami, Navigator Andalan Topi Jerami di One Piece!crunchyroll.com/one-piece

Apa maksudnya? Di sini maksudnya, Nami adalah navigator handal yang bahkan bisa merasakan perubahan cuaca hanya menggunakan tubuhnya saja! Maksudnya di sini apa yang ia rasakan, maka itulah yang dia prediksi terkait cuaca, mulai dari awan, angin, badai, hingga gelombang pasang laut! Orang pertama yang menyadari tentang hal ini adalah Vivi.

Di Grand Line yang gila, kemampuan ini tentunya sangat berguna. 

Itulah 10 fakta Nami yang menarik dan mungkin tidak kamu ketahui. Bagaimana menurutmu? Kamu suka dengan karakter Nami? Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Baca Juga: 6 Fakta Marco One Piece, sang Phoenix yang Bisa Menyembuhkan Luka 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU