One Piece: Cuma Dikasih Bayangan Brook, Moria Menyia-nyiakan Ryuma? 

Padahal Moria sempat punya bayangan Zoro, yang bisa cocok 

One Piece: Cuma Dikasih Bayangan Brook, Moria Menyia-nyiakan Ryuma? 

Semakin lama, semakin terasa kalau Gecko Moria sebenarnya punya rencana yang solid untuk melawan Kaido lagi. Sayang, dia tampak jadi terlalu malas hingga ia malah memberikan zombi-zombinya bayangan yang kurang kuat. 

Salah satu yang paling menonjol adalah Zombi Ryuma, yang diberikan bayangan Brook. Apakah Moria menyia-nyiakan Ryuma? 

1. Gecko Moria sebenarnya memiliki ide yang menarik untuk melawan Kaido

Sebenarnya tak bisa dilupakan: Moria adalah salah satu karakter One Piece yang pernah melawan Kaido dan masih bertahan hidup. Sayang semua anak buahnya mati. 

Setelah melihat kekuatan Kaido, ada tiga jasad yang tampaknya Moria kumpulkan secara spesifik untuk melawan Yonko itu. 

Ada John, jasad salah satu anggota Rocks. Sosok yang pastinya pernah berjumpa Kaido semasa hidup. Ada Oars, raksasa besar yang mungkin di masa primanya bisa mengimbangi Kaido dalam duel. 

Lalu ada Ryuma, si pembunuh naga. Cocok yang tepat untuk melawan Kaido. Pedang Shusui pun berhasil diamankan Moria sekalian dengan mayat Ryuma. 

Pedang bisa digunakan untuk menyakiti Kaido. Kozuki Oden sudah membuktikannya. Sang pembunuh naga pun seharusnya bisa mengalahkan Kaido. Sayang, Moria melakukan kesalahan fatal. 

Baca Juga: 8 Petarung Terkuat Kelompok Whitebeard dalam Sejarah One Piece!

2. Moria tidak memberikan bayangan kuat untuk zombi-zombi ini

One Piece: Cuma Dikasih Bayangan Brook, Moria Menyia-nyiakan Ryuma? aminoapps.com

Sayangnya, jasad-jasad yang dibangkitkan ini tidak sepenuhnya kembali menjadi diri mereka yang dulu. Teknik Moria bukan Edo Tensei. Zombi-zombi ini sifat dan kemampuannya mengikuti bayangan di diri mereka. Oars jadi menggunakan teknik Luffy, sementara Ryuma menggunakan teknik-teknik Brook.

Efeknya ya bisa kamu lihat sendiri di Thriller Bark. Zombi Ryuma bisa dikalahkan Zoro satu lawan satu, John tidak terlihat menonjol di antara para zombi, dan Oars bisa kalah dikeroyok oleh Topi Jerami. 

Bila pasukan ini melawan Kaido, mereka bakal dihajar. 

3. Konyolnya, Moria sebenarnya sudah sempat melepas bayangan Zoro, orang yang bisa jadi punya darah Ryuma

One Piece: Cuma Dikasih Bayangan Brook, Moria Menyia-nyiakan Ryuma? Dok. Shueisha

Yang menarik adalah, sekarang kita tahu kalau ada kemungkinan si Zoro sebenarnya bisa jadi bayangan yang pas untuk Ryuma. 

Ada gelagat kalau Zoro adalah keturunan Shimotsuki, seperti Shimotsuki Ushimaru.

Sudah begitu, Kawamatsu mengomentari kalau teknik pedang Zoro juga mirip dengan Ushimaru yang sudah dikonfirmasi merupakan keturunan dari Ryuma. 

Patut diperhitungkan kalau Zoro juga seharusnya dilatih oleh keturunan Shimotsuki yaitu Koushirou, anak Shimotsuki Kozaburo. 

Kalau saja bayangan Zoro diberikan ke Ryuma, Ryuma bisa jadi bakal bertarung mirip dengan Ushimaru (dengan tambahan satu pedang di mulut), dengan teknik pedang keluarga Shimotsuki. 

Memang, ini adalah Zoro sebelum timeskip. Namun... bukankah ada kemungkinan Zombi Ryuma akan bisa menggunakan teknik Zoro lebih efektif dari Zoro? Seperti bagaimana Zombi Ryuma menggunakan teknik Brook dengan lebih efektif dari Brook sendiri di era itu?

Sayang bagi Ryuma, dan untung bagi para hero, bayangan Zoro hanya diberikan ke Jigoro. 

4. Penyebabnya adalah sifat malas Moria?

One Piece: Cuma Dikasih Bayangan Brook, Moria Menyia-nyiakan Ryuma? onepiece.fandom.com

Moria adalah sosok malas, yang lebih suka mengandalkan para zombinya untuk melakukan sesuatu. Entah apakah ini memang sifat aslinya, ataukah kekalahannya dari Kaido yang membuat dia seperti ini. 

Sebenarnya, bila Moria lebih aktif memburu bayangan yang tepat, dia bisa saja mendapatkan sosok-sosok yang lebih kuat dari Topi Jerami. Soalnya, Moria punya Perona. 

Bila Trio Monster Topi Jerami saja bisa takluk oleh hantu Perona, maka Perona mungkin bisa melumpuhkan sosok seperti Vista dari kelompok Whitebeard. Malah, sebenarnya Moria bisa saja berkunjung ke Dressrosa dan mengambil bayangan petarung dari arena Doflamingo. 

Namun Moria tampaknya lebih memilih untuk menunggu, dan jadi beginilah. 

5. Sekarang, Moria sudah kehilangan Ryuma

One Piece: Cuma Dikasih Bayangan Brook, Moria Menyia-nyiakan Ryuma? onepiece-treasurecruise.com

Ryuma adalah zombi yang tubuhnya hancur permanen. Kekalahannya dari Zoro menyebabkan zombi ini terbakar sampai menjadi abu. Jadi, Moria tidak punya kesempatan lagi untuk mencoba menghidupkan Ryuma dengan bayangan yang lebih kuat. 

Uniknya, seharusnya Moria masih memiliki jasad Oars, John, dan Jigoro. Moria tampak lebih aktif setelah timeskip, di mana dia sampai mencapai Hachinosu untuk mencoba menyelamatkan Absalom. 

Mungkinkah Moria setidaknya bisa mencoba membangkitkan Oars dan John dengan bayangan berbeda? Mari kita lihat nanti. 

Baca Juga: Akun Twitter One Piece Menyampaikan Eiichiro Oda Sudah Pulih

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU