6 Manga Ini Pernah Mengalahkan Penjualan One Piece!

Sebelum One Piece mendominasi, enam manga ini pernah unggul!

6 Manga Ini Pernah Mengalahkan Penjualan One Piece!

Mulai dari tahun 2007, dominasi One Piece di Jepang benar-benar luar biasa. Manga yang satu ini rutin menjadi manga terlaris. Nanatsu no Taizai dan Attack on Titan pernah hampir menyalip penjualan tahunan One Piece, tapi pada akhirnya kalah tipis. 

Tapi memang manga apa saja sih yang pernah mengalahkan penjualan One Piece di Jepang? Ada enam judul yang menonjol.

1. Detective Conan (Tahun 1999)

6 Manga Ini Pernah Mengalahkan Penjualan One Piece!comicbook.com

Di tahun 1999, One Piece mulai naik daun. Di tahun 98 sih banyak manga yang penjualannya melampaui One Piece (termasuk judul seperti Hoshin Engi dan Hana Yori Dango). Tapi begitu 99, One Piece merangkak naik ke peringkat tiga penjualan manga tahunan. 

Di tahun 1999 ini, ada dua manga yang tetap belum bisa dilampaui One Piece. Yang nomor satu di tahun itu adalah Detective Conan ini. Conan juga adalah raja penjualan manga Jepang di tahun 98.

Adapun selama tahun 1999, buku One Piece yang rilis mulai dari volume 7 (konflik di Baratie melawan Krieg) hingga volume 11 (Luffy sampai di Loguetown). 

2. Rurouni Kenshin (Tahun 1999)

6 Manga Ini Pernah Mengalahkan Penjualan One Piece!comicbook.com

Ada dua manga yang mengalahkan One Piece di tahun 1999. Satunya adalah Detective Conan, satunya lagi adalah Rurouni Kenshin. Rurouni Kenshin adalah manga terlaris kedua di tahun itu. 

Yang unik soal Rurouni Kenshin adalah: Eiichiro Oda pernah jadi asisten untuk Nobuhiro Watsuki saat Watsuki mengerjakan Kenshin. Bahkan logo Topi Jerami pernah menghiasi bom di halaman manga Rurouni Kenshin

Baca Juga: Siapa yang Pernah Mengalahkan Kaido? Ini 7 Kemungkinan Tersangkanya!

3. Vagabond (Tahun 2001)

6 Manga Ini Pernah Mengalahkan Penjualan One Piece!viz.com/vagabond

Di tahun 2011, penjualan manga One Piece di Jepang kalah dari Vagabond, seri manga soal Miyamoto Musashi sang samurai legenda. Yang luar biasa dari prestasi ini adalah Vagabond merupakan manga dewasa. Manga dewasa biasanya sulit untuk mengungguli manga remaja seperti One Piece

Tahun 2017, manga One Piece yang rilis di Jepang mulai dari volume 17 (konflik melawan Wapol) hingga volume 21 (pertarungan melawan Baroque Works, di mana Zoro memotong Mr. 1). 

4. Nana (Tahun 2005)

6 Manga Ini Pernah Mengalahkan Penjualan One Piece!myanimelist.net

Kalau dari segi volume, Nana volume 10 sebenarnya sudah mengalahkan penjualan One Piece sejak tahun 2004. Namun di 2004, secara keseluruhan seri One Piece masih nomor 1. 

Untuk tahun 2005, dominasi Nana tak terbendung lagi. Manga dari Ai Yazawa soal drama mengenai dua tokoh bernama Nana ini benar-benar populer di Jepang. Nana mematahkan dominasi One Piece yang menguasai dari tahun 2002 hingga 2004. 

Di tahun 2005, seri One Piece yang terbit dari volume 36 (alur Water Seven yang mengungkap kalau beberapa tukang kayu sebenarnya agen CP9) hingga volume 40 (pertempuran di Enies Lobby). 

5. Death Note (Tahun 2006)

6 Manga Ini Pernah Mengalahkan Penjualan One Piece!fanpop.com

One Piece masih gagal meraih kembali kejayaan di tahun 2006. Bahkan di tahun ini, One Piece disalip oleh dua manga sekaligus! Manga jawara di tahun 2006 adalah Death Note, yang menceritakan soal Light Yagami dan buku kematian yang bisa membunuh siapa saja yang namanya ditulis di sana. 

Manga One Piece di tahun 2006 terbit dari volume 41 (kilas balik Nico Robin) hingga volume 44 (Topi Jerami kabur dari Buster Call). 

6. Nodame Cantabile (Tahun 2006)

6 Manga Ini Pernah Mengalahkan Penjualan One Piece!nautiljon.com

Selain Death Note, di tahun 2006 juga One Piece kalah dari Nodame Cantabile, manga romantis bernuansa musik. 

Setelah tahun 2006, One Piece terus berjaya menjadi nomor satu. Ada manga yang hampir menyusul, seperti Attack on Titan dan Nanatsu no Taizai, tapi begitu dihitung di akhir tahun mereka masih tertinggal dari One Piece

Di tahun 2019 ini, data penjualan Kimetsu no Yaiba adalah yang paling mendekati One Piece. Akankah Kimetsu no Yaiba unggul? Tampaknya berat, tapi mari kita lihat nanti!

Baca Juga: 7 Karakter One Piece Ini Bisa Merusak Rencana Shogun Orochi!

Artikel terkait

Latest