[Teori] Apakah Monkey D. Dragon One Piece Dulunya Angkatan Laut? 

Bakal menarik kalau ternyata Dragon memang Angkatan Laut

[Teori] Apakah Monkey D. Dragon One Piece Dulunya Angkatan Laut? 

Monkey D. Dragon adalah sosok di One Piece yang masih menjadi bahan perbincangan hangat sekarang. Soalnya, semakin banyak info yang terungkap soal dirinya, semakin OPLovers penasaran dengan dirinya. Yang sudah diketahui adalah Dragon ini bosnya Pasukan Revolusioner. Dia adalah penjahat paling diwaspadai Pemerintah Dunia. Dia juga adalah anak dari Monkey D. Garp sang pahlawan Angkatan Laut, dan ayah dari Monkey D. Luffy, si bajak laut dari Worst Generation. Kenapa kira-kira dia ingin memberontak? Siapa istrinya? Bagaimana latar belakangnya dulu? Semua itu masih misteri. Namun penulis memikirkan satu kemungkinan menarik: bagaimana kalau Dragon dulunya Angkatan Laut?

1. Smoker mengenal Dragon

Interaksi singkat Smoker dan Dragon di Loguetown sangat menarik. 

"Pemerintah menginginkan kepalamu," kata Smoker saat menyadari kemunculan Dragon. Namun dia tidak terlihat terkejut bertatapan langsung dengan kriminal paling dicari di dunia. Ini menandakan kalau Smoker sudah pernah bertemu dengan Dragon sebelumnya.

Menariknya, hubungan Smoker dan Dragon juga tak terlihat terlalu buruk saat itu. Kalau memang Smoker menganggap Dragon musuh, dia harusnya akan bereaksi lebih panas saat melihat wajah Dragon.

Dragon lalu menjawab dengan misterius, "Dunia menanti jawaban kita."

Pilihan kata "Dunia menanti jawaban KITA" itu patut diteliti. Apakah itu ditujukan ke Luffy? Atau Smoker? 

Selain itu, di versi anime, Smoker tampak menanggapi kedatangan Dragon dengan datar. Sementara di manga.... Smoker terlihat tersenyum.

Setelah itu, sudah tentu Smoker marah karena Dragon telah membantu melepaskan Luffy. Tapi reaksi keseluruhan Smoker terhadap Dragon, bahkan interaksinya setelah angin melepaskan Luffy, benar-benar menarik untuk dianalisis.

Oh yang menarik lagi? Smoker bahkan tak mengabarkan kalau dia bertemu Dragon di Loguetown. 

Bila ini tokoh Angkatan Laut lain, pasti informasi soal Dragon jadi prioritas utama. Bukannya Luffy yang saat itu nilai buruannya masih 30 juta. 

Tapi dia lebih fokus ingin menangkap Luffy lagi ketimbang melaporkan keberadaan penjahat paling dicari Pemerintah Dunia. Memang mungkin sulit bagi seorang manusia kabut untuk menangkap sosok yang tampaknya bisa mengendalikan angin. Tapi tidak ada indikasi ia bahkan berupaya untuk membekuk Dragon.

Ini membuat saya curiga kalau dulunya Dragon dan Smoker pernah menjadi rekan di Angkatan Laut. Hanya saja Smoker setia di A.L., sementara itu Dragon justru menjadi ancaman bagi Pemerintah Dunia.

Baca Juga: 10 Fakta Buggy One Piece, Anggota Kelompok Gol D. Roger Terlemah 

2. Mengingat sifat Garp, harusnya dia akan memaksa Dragon jadi Angkatan Laut dulu

[Teori] Apakah Monkey D. Dragon One Piece Dulunya Angkatan Laut? Toei Animation/One Piece

Sebagai pahlawan Angkatan Laut, Garp menginginkan sekali Luffy dan Ace bergabung bersamanya menjadi pelindung lautan. Bahkan Garp beralasan siksaan-siksaan yang ia berikan ke Luffy dulu ia lakukan agar Luffy menjadi Angkatan Laut.

Nah, kalau Garp saja segila itu mendorong cucu dan anak asuhnya menjadi Angkatan Laut, bagaimana dengan anaknya sendiri?

Saya merasa Garp pun mempersiapkan Dragon menjadi Angkatan Laut sejak Dragon kecil. Mungkin dengan cara-cara gila seperti yang ia lakukan ke Luffy juga. 

Kalau benar Smoker mengenal Dragon di Angkatan Laut, ini berarti harusnya Dragon pun sempat gabung A.L. seperti ayahnya. 

3. Dari yang terlihat, kemampuan Dragon bersifat elemen seperti tiga laksamana sebelum time skip

[Teori] Apakah Monkey D. Dragon One Piece Dulunya Angkatan Laut? sotaku.com

Selain itu, dari yang diperlihatkan di Loguetown, kemampuan Dragon tampaknya adalah elemen tipe angin.

Ini membuat dia cocok dengan tiga laksamana sebelum time skip, yang semuanya adalah Logia. Mulai dari cahaya, es, sampai magma.

Tapi apakah itu berarti Dragon pun sebenarnya sudah mencapai posisi laksamana? 

4. Kalau benar Dragon Angkatan Laut, kenapa dia berontak?

[Teori] Apakah Monkey D. Dragon One Piece Dulunya Angkatan Laut? Toei Animation/One Piece

Tapi katakanlah Dragon One Piece dulunya Angkatan Laut. Kenapa dia berontak?

Yang jelas, target utama Dragon tampaknya adalah Pemerintah Dunia. Dia tidak mengincar satu persatu negara di bawah pemerintah, hanya pusatnya saja. 

Patut diingat kalau seorang laksamana di One Piece bisa dianggap langsung dikendalikan oleh Pemerintah Dunia. Kalau memang Dragon mencapai posisi tersebut, ia mungkin melihat kebusukan Pemerintah Dunia dan berinisiatif untuk menghentikannya.

Bahkan Garp menghindari dipromosikan supaya tak bisa diperintah langsung oleh Pemerintah Dunia. 

Lalu ada juga misteri tentang ibu Luffy, dan istri Dragon. Siapa dia dan apa yang terjadi kepadanya? Mungkinkah kematian istrinya yang membuat Dragon memutuskan jadi revolusioner? 

Bakal menarik kalau ternyata Dragon memang Angkatan Laut, dan istrinya adalah sosok yang dianggap mengancam dunia hingga dibunuh. Kita sudah tahu kalau Gorosei dan Im kadang memperhitungkan siapa tokoh yang harus disingkirkan dari dunia. 

Tapi tentu saja, untuk saat ini kita hanya bisa berspekulasi. Belum ada pengungkapan dari Oda soal siapa itu Dragon. Kalau memang One Piece direncanakan tamat 2024, berarti mungkin setelah Wano baru kita akan memperoleh jawaban benar tidak Dragon One Piece itu dulunya Angkatan Laut!

Kalau menurut kamu gimana? Apakah Dragon dulunya Angkatan Laut? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: 7 Fakta Koby One Piece, sang Pahlawan dari Insiden Rocky Port!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU