Review Stand by Me Doraemon 2, Nobita dan Shizuka Akhirnya Menikah

Nobita dan Shizuka akan menikah! Sayang Nobita menghilang?

Review Stand by Me Doraemon 2, Nobita dan Shizuka Akhirnya Menikah

Menulis review film Stand By Me 2 itu sama dengan membuka buku komik Doraemon yang sudah lama kita lupakan. Menontonnya membuat kita bernostalgia sambil mengingat-ingat bagian dari komiknya yang terhubung langsung dengan filmnya.

Salah satu poin cerita utama Stand by Me Doraemon 2 ini berdasarkan cerita dari Doraemon buku keempat, lebih tepatnya bab 70. Bab di mana Nobita masa depan ketemu dengan neneknya. 

1. Pernikahan Nobita dan Shizuka

Review Stand by Me Doraemon 2, Nobita dan Shizuka Akhirnya Menikahhttps://odex-anime.myshopify.com/

Stand by Me Doraemon 2 dimulai dengan Nobita yang menangis karena habis dimarahi ibunya. Lagi-lagi Nobita ketahuan kalau dia mendapatkan nilai nol ketika ulangan, padahal saat itu dia sedang menikmati liburan musim panas yang cukup panjang.

Ketika menyembunyikan nilai-nilainya yang jelek, Nobita tanpa sengaja menemukan boneka beruang yang menjadi kesayangannya waktu kecil. Boneka tersebut membuat Nobita kembali mengingat kenangannya bersama sang nenek yang kerap memanjakannya.

Nobita yang sedang down karena nilai ulangannya langsung kangen dengan keberadaan sang nenek. Tanpa berpikir panjang Nobita langsung meminta Doraemon untuk pergi dengan mesin waktu ke zaman dia kecil. Doraemon yang sedang merapikan alat-alat ajaibnya langsung mengemas beberapa alat-alat penting sebelum akhirnya masuk ke mesin waktu.

Pada bagian lain, kita diajak melihat Nobita dewasa sedang pulang setelah pesta bujang bersama dengan Dekisugi, Suneo, dan Giant. Besok dia akan menikah sehingga Giant dan Suneo mewanti-wanti untuk dia segera pulang dan datang tepat waktu esok harinya.

Esoknya hari yang ditunggu-tunggu datang juga, Shizuka, Giant, dan Suneo menunggu dengan panik Nobita yang tidak kunjung datang ke hotel untuk menjalani proses pernikahan. Sementara itu Nobita kecil sedang berusaha mewujudkan impian sang nenek untuk melihat dirinya menikah dengan Shizuka.

Bisakah impian tersebut terwujud? Di manakah Nobita dewasa berada? Apakah pernikahan Nobita dan Shizuka bisa berjalan dengan baik?

Baca Juga: Serial Anime Kimetsu no Yaiba Dapatkan Season 2! Tayang Tahun ini!

2. Penuh kenangan dan emosi

Review Stand by Me Doraemon 2, Nobita dan Shizuka Akhirnya Menikahhttps://odex-anime.myshopify.com/

Kalau kamu sempat menyaksikan Stand By Me yang pertama, kamu pasti paham betul kalau film animasi tahun 2014 tersebut dibuat untuk mengocok-ngocok emosi kita. Bagaimana proses Doraemon meninggalkan Nobita membuat semua orang berlinangan air mata.

Nah, film Stand by Me Doraemon 2 ini mengambil formula yang mirip-mirip dengan hal tersebut. Tapi ketimbang berurusan dengan kehilangan orang yang disayangi, Stand By Me 2 lebih mengangkat tema kenangan yang terlupakan dan proses pendewasaan.

Di dalam animasi 96 menit ini kita diajak untuk melihat bagaimana sanga Nobita dewasa berusaha meyakinkan dirinya kalau dia sanggup membahagiakan Shizuka, sayangnya sang nenek terhadap Nobita, proses pemberian nama, serta berbagai impian ayah dan ibu Nobita untuk anak semata wayangnya ini.

Pokoknya kamu pasti akan kembali menangis menyaksikan berbagai adegan emosionil di dalam film ini, apalagi kalau kamu merupakan generasi yang tumbuh bersama Doraemon.

3. Lebih dewasa

Review Stand by Me Doraemon 2, Nobita dan Shizuka Akhirnya Menikahhttps://odex-anime.myshopify.com/

Dari dulu komik Doraemon memang selalu identik dengan kisah ringan yang bisa diterima anak-anak. Tampaknya hal ini sedikit digeser di film Stand By Me 2. Di film ini kamu akan menemukan banyak momen lebih dewasa ketimbang biasanya. Misalnya seperti pidato pernikahan ataupun janji nikah.

Walaupun kedua elemen pernikahan di atas ditampilkan dengan penuh candaan, kami yakin pasti banyak anak-anak yang menanyakan maksud dari pidato dan janji nikah tersebut. Yah mau bagaimana lagi, Stand By Me 2 memang mengusung tema yang jauh lebih dewasa ketimbang filmnya yang pertama.

Walaupun mengangkat sedikit elemen dewasa di sana-sini film ini tetap bisa dinikmati sebagai film keluarga yang bisa ditonton oleh semua umur. Tentunya kamu harus rajin memberikan penjelasan pada adik-adikmu kalau mereka sampai bertanya apa yang sedang dilakukan Nobita dan Shizuka di depan altar.

4. Kesimpulan

Review Stand by Me Doraemon 2, Nobita dan Shizuka Akhirnya Menikahhttps://odex-anime.myshopify.com/

Stand by Me Doraemon 2 merupakan film animasi keluarga yang apik dan wajib kamu tonton di layar bioskop. Kualitas animasinya jauh lebih baik dari yang pertama. Selain itu kamu juga bakal mendapatkan cerita yang penuh dengan nasihat dan pesan moral.

Paling satu-satunya yang mengganjal dari film ini adalah, munculnya plot hole di bagian akhir cerita. Yah plot hole ini tidaklah terlalu kentara, tetapi kalau kamu terbiasa menonton film kamu pasti sadar dengan sedikit keanehan yang muncul di bagian akhir. Masalahnya yang mana ya? Penasaran? Rahasia...

Kembali mengingatkan, jangan pernah lupa untuk menggunakan protokol kesehatan ketika menyaksikan filmnya di bioskop kesayangan kamu. Film Stand by Me Doraemon 2 hadir di bioskop Indonesia pada tanggal 19 Februari 2021.

Baca Juga: Anime Godzilla: Singular Point Merilis Desain Final Sang Raja Monster!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU