Menolak Berhenti! Inilah 6 Manga yang Mendapat Sekuel setelah Tamat

Bahkan sampai ada yang dapat adaptasi animenya!

Menolak Berhenti! Inilah 6 Manga yang Mendapat Sekuel setelah Tamat

Biasanya manga yang sudah selesai tidak akan mendapatkan lanjutan lagi oleh sang mangaka. Namun, ada juga yang malah dapat sekuel lanjutan karena tingkat popularitasnya. Yang lebih hebatnya lagi, sekuel manga tersebut ada yang langsung mendapat adaptasi anime.

Manga apa saja yang berhasil mendapat sekuelnya? Simak terus, yah!

Baca Juga: 10 Klise Anime dan Manga Shonen Aksi! Sering Banget Ditemukan!

1. Naruto

Menolak Berhenti! Inilah 6 Manga yang Mendapat Sekuel setelah TamatPierrot/Naruto

Serial satu ini dulunya dibuat berdasarkan pada komik one-shot oleh Kishimoto yang diterbitkan dalam edisi Akamaru Jump pada Agustus 1997. Ceritanya sendiri berpusat pada perjuangan Uzumaki Naruto menggapai impiannya untuk menjadi seorang Hokage.

Saking populernya, ceritanya komiknya sendiri sudah mencapai 72 volume. Adaptasi animenya mencapai sebanyak 720 episode yang terbagi menjadi bagian pertama yang berjumlah 220 episode dan bagian kedua sebanyak 500 episode.

Setelah tamat, kisah Naruto pun tak berhenti sampai di situ. Estafet tokoh utama pun kini beralih ke anaknya, Boruto dan para generasi baru dalam animanga Boruto: Naruto Next Generations yang manganya sudah mencapai 14 volume dan animenya berjumlah 213 episode.

Baca Juga: Ini Kekuatan Utama 10 Anggota Kara yang Terkenal di Boruto!

2. Bleach

Menolak Berhenti! Inilah 6 Manga yang Mendapat Sekuel setelah TamatDok. Konami

Siapa sih yang tidak kenal sang dewa kematian satu ini?

Manga bertema supernatural ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Kurosaki Ichigo menghadapi segala macam konflik di dunia spiritual sebagai seorang dewa kematian. Mulai dari hal yang remeh seperti para Hollow hingga perang besar yang mengancam dunia pun ia pernah lewati.

Bleach sendiri telah dimuat berseri sejak bulan Agustus 2001 hingga Agustus 2016. Bab-babnya yang berjumlah 686 telah dibundel menjadi 74 volume.

Kisah Ichigo pun tak berhenti sampai di situ. Pada Agustus kemarin dalam rangka perayaan 20 tahun perayaan rilisnya Bleach, bab spesial yang digambar oleh Kubo sendiri pun telah dirilis. Isinya sendiri tentang kelanjutan kisah Ichigo yang telah dewasa dalam menghadapi ancaman dari dalam lubang neraka.

Saya sendiri berharap cerita baru Ichigo dalam one-shot bisa dilanjutkan dalam bentuk serialisasi.

3. Inuyasha

Menolak Berhenti! Inilah 6 Manga yang Mendapat Sekuel setelah Tamatinuyasha.fandom.com

Generasi 90-an pasti banyak yang terkenang dengan animanga satu ini.

Inuyasha sendiri berkisah tentang perjuangan Kagome dan makhluk setengah siluman bernama Inuyasha dalam mengumpulkan pecahan Shikon no Tama. Ceritanya sendiri terbundel dalam 56 volume.

Anime seri pertamanya sendiri tayang sebanyak 167 episode sejak tanggal 16 Oktober 2000 hingga 13 September 2004. Sedangkan bagian kedua yang dilabeli Inuyasha: The Final Act berjumlah 26 episode.

Kisah Inuyasha pun dilanjutkan dalam cerita Yashahime: Princess Half-demon yang tokoh utamanya justru bukan putri Inuyasha yang bernama Moroha, melainkan Towa dan Setsuna yang merupakan anak kembar dari Sesshoumaru dan Rin.

Berbeda dengan kebanyakan sekuel animanga lain, Yashahime: Princess Half-demon dirilis dalam bentuk animenya terlebih dahulu. Manganya sendiri sudah terkonfirmasi baru akan dirilis pada tanggal 25 September 2021.

Baca Juga: 10 Fakta Rin dari Inuyasha, Ternyata Jadi Istri Sesshoumaru!

4. Fairytail

Menolak Berhenti! Inilah 6 Manga yang Mendapat Sekuel setelah TamatDok. Studio A-1 Pictures

Trend sekuel pasca tamat ternyata juga diikuti oleh Fairytail.

Buat yang sudah lupa, manga ini bercerita tentang guild penyihir yang nyentrik namun penuh rasa kekeluargaan bernama Fairytail. Kelompok ini sendiri berisi Natsu, Lucy, Erza dan para penyihir yang siap membasmi ancaman dari golongan penyihir hitam dan makhluk superior seperti iblis dan naga.

Fairytail sendiri berhasil merampungkan ceritanya setelah mencapai 545 bab manga dan adaptasi 328 episode anime. Cerita Natsu dan kawan-kawan pun berlanjut pada sekuel manganya yang berjudul Fairytail: 100 Years Quest.

Tidak seperti cerita utamanya, konflik yang dihadapi Natsu pun jauh lebih berat karena ia dan rekannya harus merampungkan misi 100 tahun yang konon belum terselesaikan sampai sekarang.

Mereka baru mengetahui bahwa misi mereka adalah menyegel Lima Dewa Naga, sekelompok naga berkekuatan besar yang mampu menyebabkan kiamat jika tak terkendali.

5. Nanatsu no Taizai

Buat kalian yang lupa, Nanatsu no Taizai adalah manga yang berlatarbelakang di dunia bernuansa abad pertengahan. Kisahnya sendiri berpusat pada Elizabeth yang mencari bantuan dari kelompok Seven Deadly Sins untuk merebut kembali kerajaan dari para Holy Knight.

Manga ini berhasil mencapai 346 episode dan adaptasi animenya yang berjumlah 5 musim yang masing-masing terdiri dari 24 episode. Setelah kisahnya berakhir, Nakaba Suzuki pun melanjutkannya pada seri baru berjudul Four Knight of The Apocalypse.

Alih-alih mengambil Tristan selaku putra dari protagonis utama manga sebelumnya, sang author justru menciptakan karakter baru bernama Percival sebagai tokoh utamanya.

6. Dragon Ball

Menolak Berhenti! Inilah 6 Manga yang Mendapat Sekuel setelah TamatToei Animation/Dragon Ball Super

Manga yang terinspirasi dari kisah Journey to The West ini bercerita tentang Goku dan kawan-kawannya dalam mencari keberadaan artefak bola naga yang mampu mengabulkan permintaan.

Seiring berjalannya cerita, fokus mereka pun beralih dalam perjuangan mereka melindungi bumi dari gangguan makhluk jahat seperti ras Saiyan, para Android, pasukan Frieza dan Majin Buu.

Secara resmi, manga Dragon Ball berakhir di Majin Buu Saga. Kelanjutannya pun dimulai pada seri barunya yang berjudul Dragon Ball Super di mana ranah ceritanya sudah merambah ke tingkat multiverse, di mana Goku harus melawan para petarung dari dunia lain untuk mencegah kehancuran semestanya.

Itulah daftar manga yang berhasil mendapatkan sekuel setelah tamat. Apakah kalian tahu judul lain yang tidak ada dalam daftar ini? Silahkan sampaikan ke kolom komentar, yah!

Baca Juga: Tayang 2022, Manga Blue Lock Bakal Diadaptasi Jadi Anime!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU