7 Fakta Muramasa, Zanpakutou yang Menjadi Musuh Utama Para Shinigami

Gara-gara dia, semua roh zanpakutou sempat memberontak

7 Fakta Muramasa, Zanpakutou yang Menjadi Musuh Utama Para Shinigami

Muramasa merupakan antagonis utama dalam episode filler anime Bleach yang berjudul Zanpakutou Rebellion.

Ia juga merupakan satu-satunya penjahat yang berasal dari kalangan roh zanpakuto dan berhasil membuat kekacauan karena para Shinigami sempat kehilangan kekuatan terbesar mereka.

Apa saja fakta menarik dari zanpakuto satu ini? Berikut pembahasannya!

Baca Juga: 6 Fakta Zangetsu, Zanpakutou Spesial Milik Ichigo

1. Hidup hanya untuk melayani Koga

7 Fakta Muramasa, Zanpakutou yang Menjadi Musuh Utama Para ShinigamiMuramasa muncul di depan Koga Kuchiki ( Dok. Pierrot / Bleach )

Sama seperti halnya zanpakuto lain, Muramasa digambarkan begitu setia mengabdi kepada masternya, Koga Kuchiki.

Zanpakuto satu inilah yang selama ini selalu meyakinkan majikannya untuk jangan ragu pada dirinya dan kekuatannya sendiri. Ia juga sering sekali muncul saat Koga bertugas di medan pertempuran.

Buat yang belum tahu, Koga adalah menantu Ginrei, kakek dari Byakuya. Namun karena tindakannya, ia pun dipenjara oleh ayah mertuanya dan juga Yamamoto.

Sepeninggalan tuannya tersebut, Muramasa pun bertekad untuk membebaskannya dengan segala cara, termasuk mencuci otak para zanpakuto lain.

2. Mampu mencuci otak para roh Zanpakuto lain

7 Fakta Muramasa, Zanpakutou yang Menjadi Musuh Utama Para ShinigamiPara roh zanpakutou yang sempat tercuci otak oleh Muramasa ( Dok. Pierrot / Bleach )

Muramasa memang tergolong zanpakuto yang istimewa.

Muramasa bisa menggunakan kekuatannya untuk mengendalikan zanpakuto orang lain dalam baik wujud dalam wujud Shikai maupun Bankainya. Dengan demikian, bisa membuat senjata-senjata tersebut berbalik menyerang pemiliknya sendiri.

Ia juga bisa membuat ilusi yang mampu menipu panca indera lawannya.

Hebatnya, kekuatan tersebut juga masih bisa digunakan meski telah terpisah dengan Koga. Tak heran jika Muramasa berhasil memulai pemberontakan dengan membawa semua roh zanpakuto lain sebagai bawahannya.

Menurut Koga, kemampuan Muramasa satu ini merupakan cerminan kekuatan dirinya sehingga mantan anggota klan Kuchiki tersebut juga bisa melakukan hal yang sama.

Kemampuan cuci otak milik Muramasa jugalah yang kelak melahirkan sebuah fenomena baru yang disebut Toju, di mana zanpakuto yang kehilangan tuannya akan lepas kendali dan mengamuk.

3. Satu-satunya entitas luar yang pernah masuk ke dalam dunia tempat Zangetsu berada

7 Fakta Muramasa, Zanpakutou yang Menjadi Musuh Utama Para ShinigamiMuramasa muncul di alam bawah sadar Ichigo ( Dok. Pierrot / Bleach )

Seperti yang kita tahu dunia milik Ichigo adalah tempat khusus di mana hanya Zangetsu dan majikannya saja yang bisa memasukinya.

Namun semua itu mulai terpatahkan dalam Zanpakuto Rebellion arc, di mana Muramasa berhasil memasuki dunia tersebut demi merenggut Zangetsu keluar dari kediamannya.

Ia bahkan berhasil mencuci otak Zangetsu hitam dan menjadikannya sebagai anak buah sehingga Ichigo terpaksa melawan pedangnya sendiri.

Sayangnya, usaha Muramasa justru terbilang tak mudah karena ia harus melawan Hollow Ichigo yang tak sudi kediamannya dimasuki orang lain.

4. Tak bisa mempengaruhi musuh yang menutup hatinya

7 Fakta Muramasa, Zanpakutou yang Menjadi Musuh Utama Para ShinigamiMuramasa gagal mempengaruhi Ginrei ( Dok. Pierrot / Bleach )

Kekuatan ilusi milik Muramasa memang luar biasa. Akan tetapi, kemampuan tersebut juga memiliki batasannya sendiri.

Hal ini sempat diungkapkan oleh Ginrei. Ia mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk melawan pengaruh Muramasa dan Koga adalah dengan memahami cara kerjanya dan menutup hati selama pertarungan berlangsung.

Trik itu nyatanya berhasil sehingga Ginrei dan Yamamoto berhasil mengalahkan Koga dan memenjarakannya.  Akan tetapi, Byakuya sempat mengatakan bahwa cara tersebut tak akan pernah bisa membunuh penjahat tersebut secara permanen.

Oleh karena itu, Byakuya lebih memilih membuka hatinya dan membiarkannya dibimbing oleh Senbonzakura.

5. Dikhianati oleh tuannya sendiri di akhir

7 Fakta Muramasa, Zanpakutou yang Menjadi Musuh Utama Para ShinigamiPedang Muramasa dipatahkan oleh Koga ( Dok. Pierrot / Bleach )

Bisa dibilang semua usaha Muramasa berbuah sangat tragis dan sia-sia.

Meskipun telah bersusah payah mempengaruhi zanpakuto lain dan mengendalikan pikiran Yamamoto, upaya Muramasa membebaskan Koga justru menjadi petaka bagi dirinya sendiri.

Alih-alih mendapat ucapan terima kasih, Muramasa justru dikhianati dan hubungan batinnya dengan Koga diputus secara paksa dengan cara mematahkan pedangnya.

Gara-gara itulah, Muramasa sempat tenggelam dalam kesedihan dan keputusasaan.

6. Zanpakutou yang memiliki kekuatan Hollow selain Zangetsu

7 Fakta Muramasa, Zanpakutou yang Menjadi Musuh Utama Para ShinigamiHollowfikasi Muramasa ( Dok. Pierrot / Bleach )

Selain Zangetsu yang belakangan ini ternyata memiliki kekuatan Hollow dalam canon ceritanya, Muramasa juga diperlihatkan memiliki kemampuan serupa.

Salah satu buktinya adalah bagaimana ia membuka Garganta yang modelnya sedikit berbeda dengan yang biasanya digunakan para Hollow.

Selain itu, ia juga bisa menyerap semua Hollow lain demi mempertahankan wujud fisiknya setelah hubungannya diputus oleh Koga. Berkat kemampuan tersebut, Muramasa berhasil memiliki wujud Vasto Lorde dan mampu menembakkan Bala dan Cero.

Sayangnya dalam wujud tersebut, Muramasa lepas kendali sehingga berpotensi menghancurkan dunia jika dibiarkan terlalu lama.

7. Harapan terakhirnya baru terkabulkan oleh Ichigo

7 Fakta Muramasa, Zanpakutou yang Menjadi Musuh Utama Para ShinigamiIchigo memegang tangan Muramasa di saat terakhir ( Dok. Pierrot / Bleach )

Pada dasarnya, Muramasa memiliki keinginan sederhana, yaitu selalu terhubung dengan pemiliknya dan dihargai sebagai bagian dari majikannya tersebut.

Namun, arogansi Koga telah menghancurkan segalanya dan membuat koneksi mereka terputus. Akibatnya, suara Koga tak akan pernah mencapai Muramasa dan begitu juga sebaliknya.

Ironisnya, justru suara Ichigolah yang berhasil menjangkau Muramasa sehingga ia berhasil keluar dari kesedihannya.

Muramasa pun akhirnya bisa bernafas lega di saat-saat terakhirnya karena telah memiliki seseorang yang terhubung dengannya.

Itulah fakta-fakta menarik tentang Muramasa, zanpakuto yang sempat menjadi dalang pemberontakan di Soul Society.

Baca Juga: 7 Fakta Kurosaki Ichigo, Dewa Kematian Pengganti di Bleach

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU