7 Anime yang Mungkin Kamu Gak Sadari Punya Unsur Isekai

Jadi gak melulu ke dunia lain gara-gara ditabrak truk

7 Anime yang Mungkin Kamu Gak Sadari Punya Unsur Isekai

Banyak orang beranggapan bahwa anime isekai itu sangat spesifik. Tokohnya harus ditabrak truk, tokohnya harus muncul ke dunia lain yang berbau Eropa abad pertengahan dengan mekanik mirip game RPG, tokohnya overpowered dan berpotensi punya harem.

Padahal isekai sendiri pada dasarnya istilah untuk genre cerita dimana seorang tokoh pindah ke dunia lain. Gak harus pindahnya ke dunia game RPG, gak harus pindahnya karena truk, dan gak harus yang pindah ini terjebak permanen di dunia lain. 

Jadi, ada beberapa anime yang mungkin gak kamu sadar punya unsur isekai di dalamnya. 

Penasaran bukan? Berikut pembahasannya!

Baca Juga: 5 Alasan Anime Boruto Tak Disukai Penggemar Lama

1. Bleach

7 Anime yang Mungkin Kamu Gak Sadari Punya Unsur IsekaiDok. Studio Pierrot

Anime populer bertema supernatural ini sebenarnya bisa dianggap sebagai anime isekai.

Secara teknis, setting Bleach berada di tiga dunia yang berbeda, yaitu Soul Society, Hueco Mundo dan dunia manusia. Di sini Ichigo dan kawan-kawan sering mondar-mandir di antara ketiga dunia tersebut selama pertarungan melawan Aizen dan Yhwach.

Debut petualangan isekai mereka ke Soul Society dan Hueco Mundo dimulai saat misi penyelamatan Rukia yang akan dieksekusi serta Orihime yang waktu itu disandera oleh Aizen.

Mereka juga sempat mampir ke Neraka dalam movie Hell Verse demi merebut kembali Yuzu yang sempat dibawa kabur oleh para Togabito.

2. Digimon Adventure

7 Anime yang Mungkin Kamu Gak Sadari Punya Unsur Isekaicbr.com

Sama seperti Bleach. anime yang sempat tayang di kanal TV Indosiar satu ini juga sebenarnya memiliki unsur isekai meski tak banyak fans yang menyadari.

Bedanya, dunia yang mereka masuki bukanlah alam spiritual melainkan sebuah dunia digital atau metaverse yang terbentuk dari jaringan teknologi informasi manusia.

Layaknya sebuah cheat yang biasanya diberikan ke para orang terpilih, karakter Digimon Adventure juga akan mendapatkan partner baru berupa seekor monster digital atau digimon yang merupakan cerminan dari personality anak-anak yang masuk.

Ibarat seorang pahlawan yang dipanggil untuk mengalahkan raja iblis, anak-anak tersebut juga diatur sedemikain rupa untuk menyelesaikan krisis yang melanda dunia digital tersebut.

3. Dragon Ball Super

7 Anime yang Mungkin Kamu Gak Sadari Punya Unsur IsekaiToei Animation/Dragon Ball Super

Anime favorit sejuta umat satu ini juga awalnya hanya anime bertema seni bela diri. Namun seiring berjalannya waktu, ruang lingkup konflik ceritanya mulai berkembang lebih luas.

Dimulai dari pertarungan dengan sekelompok penjajah lokal, Goku dan kawan-kawan pun sering berhadapan dengan musuh yang berdatangan dari luar angkasa dan terlibat dalam peperangan di planet lain.

Puncaknya adalah kelompok Goku mulai diundang ke dunia yang disebut Null Realm untuk mengikuti Tournament of Power, ajang bela diri yang mempertemukan para petarung dari realita yang berbeda-beda.

Dalam kompetisi tersebut, setiap tim harus menang atau semesta mereka akan dilenyapkan oleh Zen-Oh.

Jadi bisa dikatakan, kalau ranah cerita Goku sendiri sudah merambah tidak hanya ke dunia lain, tapi juga level multiverse.

4. Bakugan Battle Brawlers

7 Anime yang Mungkin Kamu Gak Sadari Punya Unsur IsekaiDok. TMS Entertaiment

Dari judulnya, mungkin banyak yang berpikir kalau anime ini bertema tentang kompetisi dengan menggunakan mainan monster imajiner sebagai aduannya.

Namun jika kita lihat, tempat pertarungan para protagonisnya sendiri bukan di dunia manusia, melainkan sebuah dunia lain bernama Vestroia, rumah para monster Bakugan. Para anggota Battle Brawlers sendiri ditarik secara paksa karena mereka adalah harapan terakhir untuk menyelamatkan dunia tersebut.

Alasan mengapa dunia tersebut sempat mengalami kekacauan sendiri dikarenakan ulah sesosok Bakugan jahat bernama Naga yang ingin merebut Perfect Core, inti kekuatan yang berfungsi menstabilkan Vestroia.

5. Space Dandy

7 Anime yang Mungkin Kamu Gak Sadari Punya Unsur IsekaiDok. Studio Bones

Bisa dibilang, Space Dandy merupakan salah satu anime yang menyisipkan unsur isekai tanpa disadari banyak orang.

Ada beberapa bukti yang mendasari pendapat tersebut. Yang pertama, pada episode pertama musim kedua, Dandy dan kawan-kawan sempat masuk ke dunia paralel setelah tak sengaja menarik benang kosmis. Ketiganya juga bertemu dengan versi paralel mereka masing-masing.

Lalu di episode 8, seorang karakter heroine bernama Poe sempat mengungkapkan bahwa Dandy sendiri sudah beberapa kali mati dan berpindah ke dimensi lain dengan jalan cerita yang berbeda.

Hal ini yang seolah menjelaskan mengapa Dandy bisa muncul lagi meski sempat tewas di episode sebelumnya.

6. Blood Lad

7 Anime yang Mungkin Kamu Gak Sadari Punya Unsur IsekaiDok. Brain's Base

Anime bertema komedi supernatural ini juga menyisipkan petualangan antar dua dunia.

Bedanya, yang mengalaminya adalah seorang heroine bernama Fuyumi Yanagi yang tak sengaja terdampar di dunia iblis setelah melalui sebuah portal.

Masalahnya, Fuyumi sempat tewas dan menjadi arwah penasaran karena suatu kejadian. Staz yang terobsesi dengan kultur Jepang pun berusaha keras mencari cara agar Fuyumi bisa hidup lagi sebagai manusia biasa.

Dari situlah, petualangan Staz dan Fuyumi di dunia manusia dan iblis dimulai.

7. Welcome to Demon School, Iruma-kun

7 Anime yang Mungkin Kamu Gak Sadari Punya Unsur IsekaiDok. Bandai Namco Pictures

Apa jadinya jika kamu harus hidup di dunia lain setelah dijual oleh keluargamu sendiri? Mungkin hanya Iruma yang bisa menjawabnya.

Iruma sendiri ditarik ke dunia para iblis setelah jiwanya dijual kepada iblis bernama Sullivan. Untungnya, anak tersebut malah dijadikan sebagai cucu angkat dan disekolahkan ke Babyls.

Masalahnya, kebanyakan para iblis di sana menganggap bahwa manusia adalah makanan. Mau tak mau, Iruma pun harus berusaha agar tidak mencolok atau identitas aslinya akan terbongkar.

Itulah daftar anime populer yang sebenarnya memiliki unsur anime isekai.

Apakah kalian ada judul lain yang tak ada di daftar? Jangan lupa tulis di kolom komentar, yah!

Baca Juga: Serial Rurouni Kenshin Akan Mendapatkan Anime Terbaru!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU