Ukuran Foto Instagram untuk Posting, dari Foto Feeds hingga Reels

Berbagai ukuran foto instagram sesuai jenis post

caption

Pengaturan ukuran foto Instagram atau biasa disebut IG tentu menjadi hal penting, terutama seorang influencer. Setiap orang pasti ingin membuat foto atau video yang diunggah terlihat lebih rapi dan enak dipandang.

Oleh sebab itu, cara yang dilakukan adalah mengetahui ukuran foto Instagram yang ideal sesuai jenis post-nya. Berikut ini adalah ukuran foto Instagram sesuai jenis post.

1. Ukuran foto Instagram untuk feeds

captionunsplash.com/Gabrielle Henderson

Sejak Juli 2015, Instagram telah memperbarui ukuran feeds foto pada aplikasinya menjadi 1080 x 1080 pixel atau rasio 1:1. Hal tersebut tentu memiliki tujuan untuk mengakomodasi layar beresolusi pada setiap perangkat yang dipakai untuk membuka Instagram.

Apabila kalian sering mengedit feeds foto Instagram, pastikan untuk memahami ukuran-ukuran yang ada di aplikasi Instagram supaya membuatnya terlihat rapi layaknya feeds para influencer.

Untuk ukuran feeds foto Instagram ini terbagi menjadi tiga macam, yakni landscape, portrait dan square. Berikut ini adalah rasionya.

  • Ukuran square: maksimal 1080 x 1080 pixel atau rasio 1:1.
  • Ukuran portrait (vertikal): maksimal 1080 x 1350 pixel atau rasio 4:5.
  • Ukuran landscape (horizontal): maksimal 1080 x 608 pixel atau rasio 1,91:1.

Untuk menghindari adanya foto menjadi pecah, alangkah baiknya kalian mem-posting foto dalam resolusi square. Hal tersebut dapat mudah dilakukan apabila kalian langsung mengambil foto dari aplikasi, sebab biasanya sudah langsung otomatis berukuran square.

2. Ukuran video feeds Instagram

captionunsplash.com/Jakob Owens

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selain foto kalian juga dapat mengunggah video di Instagram. Dalam mengunggah video, kalian juga perlu memerhatikan ukuran yang paling baik dan ideal serta enak dipandang.

Selain itu, kalian harus ketahui juga ukuran tersebut supaya video menjadi sempurna dan tidak terpotong. Perhatikan dengan teliti sebelum mengunggahnya di Instagram, apalagi jika tujuannya adalah untuk promosi.

Berikut tiga macam ukuran feeds Instagram video.

  • Ukuran square: maksimal 1080 x 1080 pixel atau rasio 1:1.
  • Ukuran portrait (vertikal): maksimal 1080 x 1350 pixel atau rasio 4:5.
  • Ukuran landscape (horizontal): maksimal 1080 x 608 pixel atau rasio 1,91:1.

3. Ukuran video Instagram untuk Live

captionunsplash.com/Nathan Dumlao

Fitur lainnya dari Instagram yaitu IG Live atau Instagram Live. Fitur ini memerlukan ukuran feed yang memadai.

Live Instagram ini memang bukanlah suatu hal yang baru, namun belakangan ini fitur IG Live sangat diminati. Selain itu, IG Live juga dibuat dengan ukuran minimal tertentu supaya gambar yang dihasilkan itu ideal dan enak dipandang.

Saat melakukan live Instagram, kalian bisa mengatur kualitas video menjadi resolusi 1080 x 1920 pixel atau rasio 9:16. Tujuannya agar yang menonton baik dari HP maupun laptop dapat melihat dengan kualitas yang lebih baik.

4. Ukuran foto dan video Instagram untuk story

captionunsplash.com/Magnus Andersson

Fitur lainnya yang tidak kalah populer adalah fitur Instagram Story. Menggunakan fitur ini, kalian dapat berbagi foto maupun video singkat, bahkan bisa menambah coretan dan tulisan supaya lebih menarik.

Hasil foto atau video yang telah diunggah akan tersimpan di bagian pojok kiri atas pada tampilan beranda Instagram. Selain itu, kalian juga dapat mengetahui siapa saja yang melihat, membalas, membagi atau juga memberikan reaksi terhadap IG Story.

Adapun ukuran feed IG Story yang paling ideal adalah sebagai berikut.

  • Ukuran foto: maksimal 1080 x 608 pixel atau rasio 1,91:1.
  • Ukuran video: maksimal 1080 x 1920 pixel atau rasio 9:16.

5. Ukuran foto atau video instagram untuk Reels

captionunsplash.com/Georgia de Lotz

Tidak mau tertinggal dengan aplikasi lain yang sudah menyediakan video pendek, kini Instagram juga merilis fitur baru dalam aplikasinya yakni Reels. Fitur Reels ini dapat dipakai untuk mengedit video yang berdurasi maksimal 90 detik, dengan tambahan berbagai fitur menarik lainnya.

Ukuran atau rasio fitur ini hampir sama dengan IG Live dan IG Story, yakni rasio 9:16 atau setara 1080 x 1920 pixel.

Hasil video dari Reels juga bisa dijadikan draf lebih dahulu sebelum diunggah. Saat kalian telah mengunggah video Reels tersebut, maka akan muncul sendiri di bagian Reels dan juga dapat ditonton oleh followers.

Seperti yang kita ketahui, Instagram kini sudah menjadi salah satu media terbesar dan terpopuler di dunia. Posting foto atau video dengan ukuran yang tepat adalah suatu hal yang sebaiknya dilakukan.

Baca Juga: Tips Jam Posting Instagram Terbaik, Dijamin Meraih Banyak Like!

Baca Juga: 7 Cara Iklan di Instagram, Buat Bisnismu Lebih Laris!