Xbox Surface Muncul ke Permukaan, Inilah Jawaban Microsoft atas Wii U!

Bagian kedua dari rumor seputar rencana Microsoft di dunia game sampai tahun 2015 mendatang... Setelah Xbox 720, inilah Xbox Surface!! Satu bagian roadmap mereka yang disiapkan untuk menghadang Nintendo Wii U!

Xbox Surface Muncul ke Permukaan, Inilah Jawaban Microsoft atas Wii U!

Xbox Surface Muncul ke Permukaan, Inilah Jawaban Microsoft atas Wii U! Bahkan sebelum Electronic Entertainment Expo 2012, berita mengenai tablet khusus Xbox sudah banyak dibicarakan...[/caption]

Belum habis tanda tanya kami atas apa sebenarnya rencana Microsoft membawa masa depan dunia game, dan juga "kotak bermain" mereka pasca bocornya dokumen roadmap Xbox hingga 2015 mendatang, kini satu lagi yang sepertinya menjadi satu bentuk rencana dadakan sebagai bagian langkah counter attack terhadap Wii U, atau bisa jadi juga awal wujud nyata dari Project Fortaleza. Namun kami pribadi melihatnya masuk dengan satu paragraf artikel kami sebelumnya, yang merujuk pada roadmap pada halaman 48:

Dokumen tersebut juga menunjuk pada varian baru yang rencana awalnya bakal dirilis 2012 ini, disebut “Xbox 361,″ atau XTV - Xbox TV, didesain sebagai Xbox 360 dengan harga lebih murah untuk pasar yang lebih luas, dan bisa memasuki semua ruang televisi dari berbagai kalangan — mirip – mirip lah seperti cara Google membuka akses Android mereka ke banyak produsen sehingga kita temukan tablet atau Android Box yang sangat murah. Jika benar, rumor ini juga mematahkan rumor sebelumnya mengenai Xbox Loop awal tahun ini, yang menunjuk pada Xbox murah untuk menandingi AppleTV.

Hal lain yang disebutkan dalam dokumen tersebut seperti, NUI (atau natural user interface, semacam antar mukanya Kinect) Remote untuk pengalaman baru navigasi TV, ada juga HD Homerun + HDMI Pass Through + Home Networking. Semuanya menunjuk ke sebuah perangkat yang ditujukan untuk kalangan pasar baru, lebih tepatnya pengguna casual yang "aku tidak butuh HDTV lebar untuk bermain" -- misalnya, saya pribadi seorang mobile gamer yang pasti lebih berharap bisa memainkan game - game berkualitas konsol setidaknya dengan kondisi yang agak mobile, walaupun belum masuk kategori bisa dimainkan dimana saja.

Xbox Surface Muncul ke Permukaan, Inilah Jawaban Microsoft atas Wii U!

Xbox Surface Muncul ke Permukaan, Inilah Jawaban Microsoft atas Wii U! Spesifikasi sementara Xbox Surface... klik gambar untuk memperbesar![/caption]

Apakah itu? Melalui dokumen lain yang bocor hari ini (lihat gambar di atas), kita bisa mengetahui rupanya Microsoft sedang menyiapkan SKU Xbox 360 lainnya. Namun yang mengejutkan, konsepnya benar - benar menembak Nintendo Wii U!! Seperti yang disebutkan dalam dokumen tersebut, sementara ini kita mengenalnya sebagai "Xbox Surface." Kombinasi sebuah CPU yang disebut "stationary computing device" dengan tablet berlayar 7 inchi beresolusi layar 1280x720 pixel. Jadi perlu kamu perhatikan, ini adalah kombinasi dua perangkat, stationary device sepertinya bertindak layaknya mesin utama seperti pada Wii U, dimana media game dijalankan dan memancarkan gelombang untuk ditangkap pada layar tablet eksternal.

Detail lain yang patut disimak, bagian tablet Xbox Surface ini dilengkapi dengan fungsi konektifitas yang memadai. Bluetooth dan Wi-Fi menjadi sarana utama berhubungan dengan stationary device-nya. Lalu di balik layar LED berkualitas 720p tersebut kamu temukan chipset custom IBM yang belum diketahui berapa kecepatan operasinya, RAM 288MB, slot kartu SD reguler yang bisa menerima kartu memori berkapasitas tinggi. Sedangkan untuk kekuatan baterainya, tablet ini mampu beroperasi selama 7 jam dalam sekali charge. Jatah RAM yang hanya 288 MB terlalu kecil untuk menjadi tablet yang mandiri, dan jelas tablet tersebut lebih diposisikan sebagai layar untuk menampilkan apa yang diproses oleh stationary device secara wireless.

Lanjut ke halaman 2 untuk detail stationary device-nya...

Xbox Surface Muncul ke Permukaan, Inilah Jawaban Microsoft atas Wii U! Belum ada kejelasan seperti apa desain Xbox Surface, namun prinsip kerjanya mirip konsep Xbox SmartGlass atau Project Fortaleza, yaitu streaming intercace ke layar eksternal.... Hmmm, akhir tahun ini jelas topiknya adalah "perang layar kedua!"[/caption]

Kemudian untuk bagian stationary device-nya kita bisa berharap otak yang lebih cerdas. Ada dua IBM POWER7 SCM (software configuration manager) dengan enam core yang berlari di kecepatan 3.1GHz pada setiap core-nya. Dan membantu kinerjanya, Microsoft menyematkan memory 5GB, GPU besutan AMD dengan 1.2GB on-board memory yang juga mendukung DirectX 11 sebagai standar Windows terbaru. Selain itu, kamu juga langsung dapatkan hard disk 2.5 berkapasitas 250GB yang mampu berputar maksimal di kecepatan standar baru 10000 RPM. Sationary device ini juga dibuat ramah, kamu bisa hubungkan benda tersebut dengan empat kontroler wireless, ada 4 port USB 3.0 untuk kelengkapan lain seperti misalnya, keyboard atau eksternal storage tambahan, juga disediakan port component dan  HDMI TV-out, serta optical S/PDIFF dan juga port Ethernet jika kamu mau mengawinkan modem eksternal padanya.

Ya ya, jelas sudah lebih mirip Nintendo Wii U dengan brand Xbox. Karena memang terlalu dini bagi Microsoft untuk mengenalkan penerus Xbox 360 saat ini. Memang kehadiran perangkat ini juga masuk dalam roadmap mereka seperti terlihat dalam dokumen, walaupun kesannya dikerjakan dengan terburu - buru untuk mencegah semarak pasar game akan hadirnya satu - satunya konsol baru di tahun ini (Nintendo Wii U). Selain itu jika Xbox Surface ini benar adanya, juga tepat dengan rencana Microsoft yang bakal menggelar pengumuman penting besok. Bisa jadi mereka akan menunjukkan seperti apa desain final Xbox Surface ini... karena gambar yang kami pasang di atas hanya berupa contoh, bukan gambar desain resminya. Seperti kontroler Wii U dulu, dan versi akhirnya yang juga mengalami revisi pada beberapa bagiannya.

Xbox Surface Muncul ke Permukaan, Inilah Jawaban Microsoft atas Wii U! Jika benar Barnes & Noble ditunjuk sebagai developernya, bisa jadi desain Xbox Surface tidak jauh - jauh dari jajaran ebook reader keluaran Barnes & Noble.[/caption]

Jadi saat ini mari kita mulai berandai - andai, seperti apa kira - kira desain Xbox Surface nantinya. Dan apakah Microsoft tetap berjalan di road map mereka melalui dokumen yang bocor kemarin? Jika benar, Nintendo dan Sony sepertinya harus segera memikirkan langkah dan strategi baru. Oh ya, saya hampir lupa. Beberapa waktu lalu Microsoft mengakuisisi Barnes & Noble (perusahaan dengan bisnis toko buku seperti Amazon, dan juga memiliki lineup ebook reader mereka sendiri) dengan tujuan awal membuat tablet Nook, untuk menandingi runner up raja tablet, Kindle Fire. Sepertinya saya bisa membaca, apa sebenarnya tujuan utama Microsoft mengambil alih Barnes & Noble tersebut... bukan untuk mengejar Kindle Fire, melainkan untuk yang satu ini, Xbox untuk semua kalangan!! Dan mengenai Xbox Surface ini, jangan lupa tuangkan pendapatmu dalam kolom comment di bawah ya... :)

Artikel terkait

Latest