"The All New" iPad Benchmarked, Dua Kali Lebih Kencang Dari Tegra 3!

Masih ada dua hari lagi sebelum "the all new" iPad resmi dirilis, tablet Apple yang sebelumnya disebut sebagai iPad 3 ini datang dengan chipset baru Apple A5X, dengan prosesor dual core 1GHz serta GPU dengan empat core, serta resolusi terbesar di ranah tablet hingga saat ini. Namun rupanya ada yang mendapatkannya lebih awal.

"The All New" iPad Benchmarked, Dua Kali Lebih Kencang Dari Tegra 3!

The All New iPad Benchmarked, Dua Kali Lebih Kencang Dari Tegra 3!

Masih ada dua hari lagi sebelum "the all new" iPad resmi dirilis. Dan seperti yang kami ulas seminggu lalu, tablet Apple yang sebelumnya disebut sebagai iPad 3 ini datang dengan chipset baru Apple A5X, dengan prosesor dual core 1GHz serta GPU dengan empat core, serta resolusi terbesar di ranah tablet hingga saat ini. Memang masih ada dua hari lagi. Namun rupanya ada yang mendapatkannya lebih awal.

The All New iPad Benchmarked, Dua Kali Lebih Kencang Dari Tegra 3!

Adalah website dari Vietnam Tinhte, yang entah bagaimana mereka bisa mendapatkannya lebih awal, melakukan pengetasan ringan sekaligus benchmark. Hasilnya sungguh di luar dugaan, karena iPad baru ini mengukuhkan diri sebagai gadget dengan kinerja grafis terbaik, bahkan melebihi Tegra 3. Benchmark melalui aplikasi Geekbench tersebut sekaligus juga menunjukkan kecepatan prosesor dan informasi RAM-nya, yang hingga saat ini masih belum diungkapkan oleh Apple -- dan memang tidak pernah diungkapkan secara resmi. iPad baru tersebut melalui chipset Apple A5X, diperkuat prosesor dual core 1 GHz serta  RAM 988 MB. Kemungkinan itu yang available, dan RAM yang terinstall 1 GB, bukanya 512 MB seperti yang dirumorkan sebelumnya.

Selain benchmark dari hasil unboxing dan hands on website Vietnam tersebut, melalui website GLBenchmark, juga diketahui jika iPad baru ini menduduki posisi teratas hasil benchmark GLBenchmark 2.1, dengan meraih point 15924. Mengungguli iPad 2 hingga 50% lebih. Apple iPhone 4S, yang juga menggunakan chipset yang sama seperti iPad 2, menduduki posisi ketiga, dan dibayangi oleh Acer Iconia Tab A510 dengan prosesor quad-core NVIDIA Tegra 3. GPU yang digunakan iPad terbaru ini sendiri adalah PowerVR SGX543MP4, atau yang sama digunakan Sony pada PlayStation Vita -- sekaligus menjadi bukti otentik bagi Vita, secara tidak langsung unggul secara grafis dibandingkan semua gadget ber-Tegra 3.

The All New iPad Benchmarked, Dua Kali Lebih Kencang Dari Tegra 3!

Pencapaian iPad terbaru yang mengungguli Tegra 3 dalam uji GLBenchmark 2.1 tersebut sekaligus memberi standar baru, karena kinerjanya dua kali lebih baik dibandingkan tipikal Tegra 3. Apple sendiri sebelumnya mengklaim jika kinerja GPU iPad terbaru ini empat kali lebih baik daripada tipikal Tegra 3, namun dengan hasil dua kali itu saja saya rasa sudah cukup membuat NVIDIA segera memikirkan strategi marketing baru dalam menjual chipset mereka, yang sebelumnya digembar-gemborkan memiliki kinerja grafis terbaik.

Lanjut ke halaman 2, untuk video hands on iPad terbaru...

The All New iPad Benchmarked, Dua Kali Lebih Kencang Dari Tegra 3!

Oh ya, melengkapi ulasan kami sebelumnya, berikut ini fitur-fitur baru yang bakal kamu dapatkan dalam ipad terbaru. Dari layar Retina berbahan IPS dengan ukuran 9.7 inchi serta yang resolusi 2048×1536 (QXGA, serta total pixel 3.1 juta serta 264 pixel per inchi). Secara matematis, layar multi-touch tersebut menampilkan pixel empat kali lebih banyak dari iPad 2, dan memiliki satu juta pixel lebih banyak dari tipikal HDTV 1080p.

Kamera 5 megapixel-nya merupakan peningkatan besar dari kamera 0.7 megapixel dari iPad 2. Sedangkan jaringan LTE yang didukungnya kini mampu men-download hingga 42 Mbps. Kemudian iPad baru dengan iOS 5.1 ini juga memiliki fitur dictation. Artinya, jika kamu bicara, maka iPad bakal mengetikkan apa yang sudah kamu katakan.

The All New iPad Benchmarked, Dua Kali Lebih Kencang Dari Tegra 3!

Konektivitasnya kamu mendapatkan Wi-Fi (802.11a/b/g/n), Bluetooth 4.0, GPS (dengan Assisted GPS khusus yang model 4G LTE) dan LTE (khusus yang versi 4G LTE). Khusus yang 4G LTE, kamu juga mendapatkan adanya slot micro SIM. Lalu ada sensor seperti proximity, ambient light sensors, 3-axis gyroscope, magnetometer, dan accelerometer.

The All New iPad Benchmarked, Dua Kali Lebih Kencang Dari Tegra 3!

iPad generasi ketiga ini juga mendukung GarageBand, iMovie, iPhoto dan aplikasi iWork seperti Pages, Keynote, dan Numbers -- yang sayangnya, tidak built in, harus dibeli dari App Store. Kini kamu juga bisa memfungsikan iPad terbaru ini sebagai hotspot, membagi koneksi internetnya via WiFi, Bluetooth, atau USB. Aksesoris Smart Cover yang mulai dikenalkan mulai iPad 2, masih bisa digunakan untuk iPad terbaru ini. Dan seperti yang kamu utarakan sebelumnya, memang benar iPad baru ini sedikit lebih tebal dari iPad 2, dengan 0.6 lebih tebal, dan lebih berat 51 gram untuk versi Wifi (totalnya 650 grams). Sedangkan versi 4G LTE beratnya 660 gram. Detailnya, iPad terbaru ini berukuran 241 x 186 x 9.4 mm untuk versi WiFi, dan 185.7 x 241.2 x 9.4 mm untuk versi 4G LTE.

The All New iPad Benchmarked, Dua Kali Lebih Kencang Dari Tegra 3!

Kembali ke iPad terbaru yang bocor di website Vietnam, berikut ini video hands on mereka:

httpv://youtu.be/9FCm_ggEhPQ

Artikel terkait

Latest