Samsung Merilis GT-i8160 Galaxy Ace 2, Kartu As Samsung di Android Kelas Menengah

Galaxy Ace menjadi salah satu Android terlaris dari Samsung di kelas menengah... dan dua hari lagi, tepatnya 14 Juli 2012, Samsung berencana merilis secara resmi penerusnya di Indonesia. Berikut impresi kami untuk Android dual-core yang cukup worthed tersebut.

Samsung Merilis GT-i8160 Galaxy Ace 2, Kartu As Samsung di Android Kelas Menengah[/caption]

UPDATE: Berdasarkan promotional video ofisial dari Samsung yang ada di bagian akhir artikel ini, Galaxy Ace 2 juga masuk jajaran penerima update Android 4.0 Ice Cream Sandwich, walaupun belum dikonfirmasikan kapan pastinya. Namun melihat spesifikasi Ace 2 ini, RAM 768 MB sudah lebih dari cukup untuk menjalankan Ice Cream Sandwich.

Android = Galaxy... khususnya di Indonesia, jamak kita bertemu orang awam yang hanya terpaku pada merk Galaxy ketika mereka mengenali Android. Dan tidak bisa dipungkiri, berkat Samsung dengan jajaran Galaxy-nya yang seakan tidak berhenti bermunculan tipe barunya, makin banyak yang aware dengan Android. Namun cara Samsung yang seakan tidak berhenti merilis tipe baru tersebut juga patut dicatat. Jika kita jeli, sebenarnya untuk satu tipe yang tergolong populer, variannya sangat banyak. Misalnya, Samsung GT-i9000 Galaxy S. Droid terpopuler Samsung pada masanya itu juga dirilis sebagai Samsung GT-i9003 Galaxy SL pada Februari 2011, serta Samsung GT-i9001 Galaxy S Plus Juli 2011. Kemudian berlanjut pada April 2012 lalu, muncul Samsung GT-i9070 Galaxy S Advance. Di antara ketiganya hanya Galaxy S Plus saja yang absen di Indonesia. Dan di antara ketiganya, kamu hanya mendapatkan upgrade minor.

[/caption]

Dari ketiga nama itu, kita bisa melihat selain kode nama, Samsung biasanya menggunakan kata “plus” atau "advance" untuk upgrade minor Galaxy mereka. Misalnya, tablet pertama dan terpopuler mereka, Samsung GT-P1000N Galaxy Tab 7.0. Mendapatkan update pertamanya dan disebut Samsung GT-P6200 Galaxy Tab 7.0 Plus, yang dirilis mulai Oktober 2011 lalu. Kemudian upgrade lainnya juga diberikan melalui Samsung GT-P6800 Galaxy Tab 7.7. Selain pada Galaxy S dan Galaxy Tab, Samsung juga menggunakan kata “plus” pada Galaxy mereka yang begitu populer di kelas mengengah, yaitu Samsung GT-S7500 Galaxy Ace Plus. Smartphone yang eksis sejak Februari 2012 lalu dan di Indonesia dijual dengan harga sama seperti kakaknya, Samsung SCH-i579 Galaxy Ace -- per Juli 2012 ini, harga barunya sudah turun di kisaran 2.2 jutaan.

Di kelas menengah, tidak terbantahkan jika Galaxy Ace menjadi Droid terlaris Samsung. Namun sayang seperti Galaxy Tab 7.0 Plus, Galaxy Ace Plus tidak banyak dilirik karena memang perbaikan yang diberikan Samsung terasa kurang maksimal. Apalagi di saat Galaxy Ace Plus dirilis Februari 2012 lalu, publik sudah mengetahui jika Samsung sudah menyiapkan Samsung GT-i8160 Galaxy Ace 2 sebagai penerus tahta Droid terlaris Samsung di kelas middle -- dan Galaxy Ace 2 itu sudah dirilis di Eropa sejak akhir Mei 2012 lalu. Ketika melihat spesifikasinya, kami yakin siapa pun pasti tergoda...

Samsung Merilis GT-i8160 Galaxy Ace 2, Kartu As Samsung di Android Kelas Menengah[/caption]

Samsung GT-i8160 Galaxy Ace 2 pertama kali dikonfirmasikan selama event Mobile World Congress 2012 yang digelar akhir Februari 2012 lalu, bersama Samsung GT-S6500 Galaxy Mini 2 -- yang sudah dirilis di Indonesia sejak awal Juni 2012 lalu dengan harga 1.9 jutaan. Dan menyusul sebulan kemudian, tepatnya Sabtu, 14 Juli 2012 nanti, Samsung bakal membuat event khusus untuk meluncurkan Galaxy Ace 2. Peluncuran khusus? Kami rasa wajar, mengingat di kelas mengengah, kepopuleran Galace Ace setara dengan Galaxy S. Event peluncuran sehari tersebut bakal berlangsung di empat kota sekaligus, yaitu Jakarta, Medan, Surabaya dan Bandung.

Lokasinya untuk Jakarta di Samsung Brand Shop Erafone - MOI Kelapa Gading, Felixindo - Mall Ambassador Lt.3, Felixindo - ITC Roxy Mas Lt. 3, Victorindo - Pondok Indah Mall 2 Lt. 2, Megafone - ITC Cempaka Mas Lt. 4 dan Samsung Experimental Shop - Emporium Mall Pluit Lt. 1. Sedangkan di Medan kamu temui di Samsung Brand Shop GIS - Plaza Medan Fair Lt. 4. Kemudian di Surabaya diadakan di Samsung Brand Shop Asia Jaya - Lobby Utama WTC Surabaya, Cellular World - Tunjungan Plaza 2 Lt. 2 dan Cellular World - Plaza Marina Lt. 3. Dan untuk Bandung, launching-nya dilakukan di Samsung Brand Shop Point Multi Media - BEC, Upper Ground serta di Dukomsel - Jl. IR. H. Juanda.

Lanjut ke halaman 2...

Samsung Merilis GT-i8160 Galaxy Ace 2, Kartu As Samsung di Android Kelas Menengah[/caption]

Melihat daftar tempat peluncurannya, ternyata lebih banyak slot-nya jika dibandingkan ketika mereka merilis Samsung GT-i9300 Galaxy S III beberapa waktu lalu. Sepertinya Samsung paham jika nama Galaxy Ace memang memiliki magnet khusus, dan juga pantas dipromosikan lebih. Dan seperti biasanya, melalui event launching tersebut kamu bisa mendapatkan Galaxy Ace 2 dengan harga lebih murah, yaitu Rp. 2.799.000 (khusus untuk nasabah kartu kredit BII dan Mandiri) dari harga normal Rp. 2.999.000. Selain potongan harga 200 ribu, pembeli via kartu kredit tersebut juga berkesempatan mendapatkan cash back serta tawaran upgrade paket internet. Namun kita kesampingkan saja diskon 200 ribu itu, karena seperti tipikal peluncuran smartphone Samsung sebelumnya, kami yakin tak sampai seminggu kamu bisa mendapatkan di toko retail dengan harga lebih murah dari harga normalnya, walaupun munkin tidak semurah harga promo Rp. 2.799.000. Demikian harga penawaran Galaxy Ace 2 ini setara dengan harga perdana Samsung GT-i8150 Galaxy W, yang dirilis sejak Oktober 2011 lalu. Namun jelas, Galaxy Ace 2 jauh lebih worthed dibandingkan Galaxy W, atau bahkan Galaxy Ace.

Samsung Merilis GT-i8160 Galaxy Ace 2, Kartu As Samsung di Android Kelas Menengah[/caption]

Secara spesifikasi, memang kita tidak bisa berharap sebuah kinerja yang signifikan dibandingkan Galace Ace Plus. Namun dukungan nama "Ace" jelas sudah cukup menjadikan Galaxy Ace 2 salah satu pusat perhatian. Dibandingkan Ace dan Ace Plus, anggota termuda ini terlihat berkembang membesar di luarnya. Beberapa yang meningkat adalah ukuran layar, besar resolusi, chipset dan prosesor yang lebih baik, serta kapasitas baterai. Layar kapasitifnya sendiri jelas membesar, menjadi 3.8 inchi dengan bahan PLS (Plane to Line Switching) LCD dengan resolusi WVGA 480 x 800 pixel, serta kerapatan tiap pixel-nya 246ppi. Bandingkan dengan ukuran 3.65 inchi pada Ace Plus, atau 3.5 inchi pada Ace. Oh ya, layar multi touch tersebut juga dilapisi dengan lapisan Gorilla Glass. Sayangnya, Samsung mempertahankan resolusi kameranya yang masih autofokus 5 megapixel. Namun berkat chipset yang kemampuannya meningkat, Ace 2 ini mampu merekam video dengan resolusi HD 720p (1280 x 720 pixel) pada 30 fps, serta ada kamera depan beresolusi VGA untuk melakukan video call/chat.

Samsung Merilis GT-i8160 Galaxy Ace 2, Kartu As Samsung di Android Kelas Menengah

Chipset-nya tidak lagi single-core, karena Samsung memilih NovaThor U8500 dengan prosesor dual-core dari arsitektur Cortex-A9 berkecepatan 800 MHz, serta dipadukan dengan GPU Mali-400 yang sudah terbukti kinerja 3D-nya di atas rata – rata, atau bisa dikatakan setara Samsung GT-i9100 Galaxy S II. Sedangkan RAM-nya juga meningkat menjadi 768 MB (hanya 555 MB yang bisa kamu gunakan setelah booting), cukup lega mengingat banyak dual-core di rentang harga yang setara, seperti Sony Xperia P, U dan sola (yang juga menggunakan chipset NovaThor) hanya mendapat jatah RAM 512 MB. Oh ya, untuk prosesornya, kami sangat yakin bisa di-overclock menjadi 1 GHz jika kamu mendapat akses ROOT, mengingat standar NovaThor U8500 memang 1 GHz.

NovaThor memang nama baru, dan prosesornya yang diset di 800 MHz bisa saja membuat kita ragu. Namun keseluruhan Ace 2 ini jauh lebih cepat dari Ace dan Ace Plus. Hasil uji benchmark  Quadrant Standard mendapat skor 1953 serta NenaMark 2 yang menguji kemampuan 3D-nya dengan angka 32,4, tidak terpaut jauh dengan Sony Xperia U yang NovaThor U8500-nya di-set di clock speed 1 GHz. Xperia U mendapatkan skor 2266 untuk Quadrant dan 28,3 untuk NenaMark 2. Sedangkan pada aplikasi benchmark Antutu, seperti terlihat di gambar atas, Ace 2 mendapatkan nilai 4222, sedangkan Xperia U mencapai 5419.

Lanjut ke halaman 3...

Samsung Merilis GT-i8160 Galaxy Ace 2, Kartu As Samsung di Android Kelas Menengah[/caption]

Droid dengan dimensi 118.3 x 62.3 x 10.5 mm dan berat 122 gram ini masih menggunakan Android 2.3.6 (Gingerbread) ketika dirilis. Namun dipastikan Samsung bakal memberikan update Android 4.0 Ice Cream Sandwich tidak lama lagi, mengingat update untuk Galaxy Tab juga sudah mereka sebarkan. Detail spesifikasi lainnya, kamu mendapatkan akses internal storage 4 GB (hanya tersedia 1 GB untuk menyimpan musik, foto atau video) yang masih bisa ditambah melalui slot micro SD hingga 32 GB, konektivitas Wi-Fi b/g/n, Wi-Fi hotspot, Wi-Fi Direct, streaming media via DLNA, Bluetooth 3.0, port microUSB, GPS dengan A-GPS yang mendukung satelit GLONASS, port audio 3.5mm, radio FM dengan RDS, serta sensor seperti accelerometer, proximity dan juga compass -- sayangnya tidak ada ambient light sensor yang bisa otomatis mengatur pencahayaan layar berdasarkan kondisi terang-gelap ruangan. Seperti Droid Samsung lainnya, antar mukanya mengadopsi TouchWiz 4.0, dan baterainya pun meningkat dibandingkan Ace serta Ace Plus, kini menjadi 1500mAh.

Samsung Merilis GT-i8160 Galaxy Ace 2, Kartu As Samsung di Android Kelas Menengah

Berkat nama "ace," seharusnya Galaxy Ace 2 bisa kembali menjadi Droid kelas menengah Samsung yang laris dijual, apalagi jika pasar tidak terlalu mempermasalahkan desainnya yang tidak banyak perbedaan dibandingkan Ace atau pun Ace Plus. Ukurannya juga kompak dan tetap nyaman untuk ukuran tipikal tangan orang Indonesia, didukung layar PLS LCD yang cukup terang untuk penggunaan dalam atau luar ruangan, serta prosesor dual-core menjadikannya pilihan menarik. Dia hanya jatuh karena versi Android-nya yang masih Gingerbread, di saat misalnya, HTC One V, langsung menggunakan Ice Cream Sandwich serta desainnya jauh lebih cakep -- namun kalah karena masih single-core, RAM hanya 512 MB dan tidak ada kamera depan. Kembali ke masalah desain, alternatif lain adalah Sony Xperia U (sekitar 2.7 jutaan) dan Xperia sola (sekitar 3.2 jutaan), yang desainnya begitu modern dan trendy (dan jelas terlihat lebih menarik daripada Ace 2), walaupun sayang dari sisi ketahanan baterai, serta kapasitas RAM tidak selega Ace 2.

Samsung Merilis GT-i8160 Galaxy Ace 2, Kartu As Samsung di Android Kelas Menengah

So, kembali padamu, jika mencadi Droid yang sudah tidak asing namanya, pasti juga mudah dicari aksesorisnya, dan juga lebih mudah ngoprek-nya dibandingkan kompetitor lain dengan harga setara, Galaxy Ace 2 bisa menjadi pilihan terbaikmu.

UPDATE: Berdasarkan promotional video ofisial dari Samsung berikut ini, Galaxy Ace 2 juga masuk jajaran penerima update Android 4.0 Ice Cream Sandwich, walaupun belum dikonfirmasikan kapan pastinya. Namun melihat spesifikasi Ace 2 ini, RAM 768 MB sudah lebih dari cukup untuk menjalankan Ice Cream Sandwich.

Samsung Galaxy Ace 2 Bakal Mendapatkan Android 4.0

httpv://youtu.be/oyxi6_jaxaU

 Sumber: Samsung

ARTIKEL TERBARU