10 Hal yang Kami Ketahui dari Galaxy S7, Calon Pembunuh iPhone 7!

Samsung bakal segera meluncurkan Galaxy S7 minggu depan! Apa saja yang sudah kalian ketahui dari Android yang digadang-gadang bakal menghabisi iPhone 7 tersebut? Nih, kami berikan bocoran spesifikasinya!

10 Hal yang Kami Ketahui dari Galaxy S7, Calon Pembunuh iPhone 7!

[read_more link="https://static.duniaku.net/2016/02/Galaxy-S7-9.jpg" >


[page_break no="1" title="Seperti S6, dengan Baterai Lebih Besar"]


Di sisi desain, Galaxy S7 masih seperti Galaxy S6, namun bakal mendapatkan beberapa unsur Galaxy Note 5 disini, serta sedikit lebih tebal. Dengan ketebalan 7.9mm, Galaxy S7 bakal lebih tebal dibandingkan profil 6.9mm pada Galaxy S6. Bisa jadi ketebalan tersebut mengakomodir kapasitas baterai yang lebih besar, yang kabarnya mencapai 3,600-mAh untuk varian Galaxy S7 edge. Lengkapnya, panjang dan lebarnya 142.5mm x 69.5mm. Masih cukup kompak untuk pengoperasian satu tangan yang nyaman.

Bakal seperti ini Galaxy S7![/caption]


[page_break no="2" title="Layar yang Masih Sama"]


Layarnya masih sama, berbidang 5.1-inchi menggunakan material Super AMOLED dengan resolusi Quad HD 1440 x 2650 pixel yang diduga kini melengkung pada semua sisinya karena efek 2.5 Arc seperti tipikal beberapa layar Android akhir-akhir ini (hanya kaca luarnya saja yang melengkung). Sedangkan untuk Galaxy S7 Edge, dimensi layarnya 5.5-inchi, dan yang ini beneran melengkung.


[page_break no="3" title="Bakal Ada 3 Varian Galaxy S7"]


Galaxy S7 Edge? Yup, Samsung bakal merilisnya dalam 2 varian. Standar, varian dengan layar melengkung serta lebih besar melalui S7 edge yang layarnya mencapai 5.5-inchi! Sempat muncul juga rumor varian Galaxy S7 edge+. Jika itu memang benar, maka kapasitas baterainya bisa lebih besar, mencapai 4000-mAh.

Lensa kameranya tidak menonjol seperti sebelumnya![/caption]


[page_break no="4" title="Memadukan Desain Galaxy Note 5 dengan Galaxy A Terbaru"]


Untuk varian standar, spesifikasi Galaxy S7 ini nantinya seperti memadukan desain Galaxy Note 5 (punggungnya agak melengkung pada kedua sisinya dan memberi efek ergonomis selama menggenggamnya), dan juga layar mengadopsi keluarga seri Galaxy A, yang tidak sepenuhnya melengkung, atau efek 2.5D seperti yang kami sebutkan di atas.


[page_break no="5" title="Slot Micro SD Kembali"]


Salah satu kekecewaan penggemar Samsung atas lini Galaxy S6 dan juga Galaxy Note 5 adalah ketiadaan slot micro SD. Samsung sendiri dikabarkan bakal mengembalikan slot microSD pada Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge, dan bahkan juga ada yang berani menyebutkan jika Galaxy S7 anti debu dan air seperti pada Galaxy S5.

Lanjut ke halaman 2...


[page_break no="6" title="Tinggalkan Sony, Gunakan Kamera Samsung"]


Untuk kameranya, Samsung bakal menggunakan sensor 12-megapixel menggunakan sensor buatan Samsung sendiri (sebelumnya Exmor RS dari Sony), yaitu BRITECELL dengan diafragma yang lebar, mencapai f/1.7. Hasilnya, foto dalam kondisi minim cahaya masih bisa menghasilkan foto yang terang. Kamera selfie-nya sendiri masih sama seperti sebelumnya, yaitu 5-megapixel (walaupun ada kabar lain menyebutkan 8-megapixel). Didukung kapasitas baterainya, Galaxy S7 nantinya sanggup memutar video hingga 17 jam non-stop! Lensa kameranya juga tidak menonjol bentuknya, seperti pada Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+.

Hasil benchmark-nya mengagumkan![/caption]


[page_break no="7" title="CPU-nya Monster!"]


Pada bagian prosesornya, spesifikasi Galaxy S7 dan S7 Edge akan menggunakan chipset Samsung Exynos 8 Octa 8890, dan satu varian lainnya, Qualcomm Snapdragon 820 (yang sudah dipastikan menggunakan chipset ini Galaxy S7 Edge+). GPU-nya, Adreno 530 atau Mali-T880 MP12. Keduanya merupakan chipset terkencang di dunia saat ini. Hasil benchmark AnTuTu-nya saja menembus angka 100,000-an. Masing-masing tipe tersebut memiliki dua varian. Hal itu sebenarnya juga menguntungkan Samsung, karena masing-masing chipset memiliki karakteristik. Dan seorang opreker biasanya tidak tahan untuk tidak mencoba masing-masing varian. Chipset tersebut dipadukan dengan memory RAM LPDDR4 sebesar 4GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB atau 64GB. Galaxy S7 nantinya langsung menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow.


[page_break no="8" title="Bakal Lebih Irit Baterai"]


Menurut Samsung, penggunaan chipset Samsung Exynos 8 Octa 8890 bukan hanya lebih hemat energi 10% dibandingkan generasi sebelumnya Exynos 7 Octa yang diterapkan pada Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus. Selain itu, chipset baru tersebut juga 30% lebih kencang. Silikon ini juga memiliki modem LTE, sehingga kalian bisa streaming video dan sharing data dengan kecepadan unduh maksimal 600Mbps (Cat.12) dan unggah 150Mbps (Cat.13).

Dummy Galaxy S7... mirip Galaxy Note 5, ya!?[/caption]


[page_break no="9" title="Harganya Hanya 10 Jutaan!"]


Perkiraan bakal dijual mulai pekan kedua Maret 2016 ini, dengan harganya sendiri berada di kisaran yang sama seperti Galaxy S6, yaitu antara Rp. 10,5 jutaan hingga Rp. 12 jutaan untuk Galaxy S7 Edge varian tertinggi. Detailnya, untuk varian dengan storage 32GB dari Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge ditawarkan sekitar Rp. 10,5 dan 12 jutaan. Sedangkan untuk yang varian 64Gb dari masing-masing tipe, lebih mahal sekitar Rp. 1 jutaan! Samsung dikabarkan bakal menyediakan juga varian 128GB, namun perkiraan harganya masih belum bisa dipastikan. Samsung juga berencana menggelar sesi pre-order hingga 10 Maret 2016 mendayang, dan kalian yang memesan awal bakal mendapatkan sebuah Samsung Gear VR secara gratis. Headset virtual reality tersebut kompatibel juga dengan Galaxy Note 5, S6, S6 Edge, dan S6 Edge+, dan saat ini harganya sekitar Rp. 1,4 jutaan.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/11/12/samsung-gear-vr-dijual/" title="Samsung Gear VR Siap Dipesan, Ubah Android Galaxy Menjadi Perangkat Virtual!"]


[page_break no="10" title="Teknologi yang Sama Seperti iPhone Terbaru"]


Galaxy S7 nantinya diduga akan menerapkan teknologi feedback sentuhan dari Synaptics, yaitu ClearForce (untuk menandingi 3D Touch-nya Apple iPhone 6s dan Force Touch yang digunakan Huawei melalui Mate S). Layarnya juga dikabarkan berpelindung Corning Glass 5 untuk sisi depan dan belakang. Di bawah layarnya, pada tombol Home, kalian juga temukan sensor sidik jari. Selain itu, Samsung merilis Galaxy S7 ini lebih awal, karena merek juga tidak ingin didului oleh penerus iPhone 6s. Bahkan kabarnya, salah satu fitur keren iPhone 6s, Live Photos, fitur yang sudah jamak ditemui pengguna smartphone Lumia-nya Microsoft dan juga HTC One, dimana kalian bisa merekam beberapa detik video ketika memotret, bakal diterapkan untuk Galaxy S7. Nantinya kalian akan menjumpainya sebagai Timeless Photo atau Vivid Photo dalam Galaxy S7. Bedanya dengan Live Photos-nya Apple, Samsung memilih solusi ringan tidak merekam suara untuk mode pemotretan dinamis ini, sehingga foto yang kalian ambil tersebut bisa dibagikan ke Facebook sebagai file GIF (ya, karena Facebook sendiri sudah mendukung format gambar bergerak tersebut).

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU