Google Resmikan Android 4.1 Kacang Jeli, Ajukan Nexus 7 Sebagai Duta

Menjelang event Google I/O, apa yang menjadi tanda tanya publik adalah versi baru Android yang bakal dikofirmasikan Google, serta apa produk yang menjadi duta untuk mengenalkannya. Jawabannya ada di dalam!

Google Resmikan Android 4.1 Kacang Jeli, Ajukan Nexus 7 Sebagai Duta

Google Resmikan Android 4.1 Kacang Jeli, Ajukan Nexus 7 Sebagai Duta

Menjelang berlangsungnya event Google I/O yang digelar 27 - 29 Juni 2012 ini, apa yang menjadi tanda tanya publik adalah versi baru Android yang bakal dikofirmasikan Google, serta apa produk yang menjadi duta untuk mengenalkannya. Sebelumnya sudah kita ketahui jika versi Android itu akan menjadi major release alias update penting setelah Ice Cream Sandwich, dan diberi nama Jelly Bean.

Google Resmikan Android 4.1 Kacang Jeli, Ajukan Nexus 7 Sebagai Duta

Gosip sih, namun jika kamu ragu, Google berusaha menghapusnya, karena kemarin mereka sudah menempatkan patung baru di halaman markas mereka, tepatnya di luar Building 44, Mountain View, California. Sudah menjadi tradisi unik Google ketika mau mengkonfirmasikan update baru versi Android, mereka selalu menempatkan semacam monumen / patung di halaman depan salah satu gedungnya, menemani patung - patung yang mewakili Android versi sebelumnya seperti Cupcake (versi 1.5) hingga Ice Cream Sandwich (versi 4.0). Kebiasaan berlanjut ketika mereka hendak mengkonfirmasikan update Android 4.1 yang sudah diketahui bernama Jelly Bean, dan patung yang mewakili "kacang jeli" tersebut berdiri tegak di sana.

Do Androids Dream of Jelly Beans?

httpv://youtu.be/i_QAAP2AtPo

Lanjut ke halaman 2 untuk detail spesifikasi Google Nexus 7...

Google Resmikan Android 4.1 Kacang Jeli, Ajukan Nexus 7 Sebagai Duta

Dan produk apa yang menjadi duta? Seperti yang kami konfirmasikan sebelumnya, duta pengenalan Jelly Bean dipegang oleh Google Nexus 7, tablet pertama ofisial dari Google, yang menjadi hasil kerja bareng mereka dengan Asus. Dan beberapa hari lalu sedikit penampilannya sudah bisa kita lihat, serta dikabarkan bakal dirilis pertama kali di Asutralia pada Juli 2012 nanti.

Tablet yang menggunakan chipset NVIDIA  Tegra 3 ini menggunakan layar 7 inchi dan menjalankan Android 4.1 Jelly Bean. Google dan Asus memilih menggunakan varian NVIDIA Tegra 3 T30L, dengan prosesor utama untuk setiap core-nya bnerjalan pada kecepatan 1.3Ghz. Masih tetap berkonfigurasi 4-PLUS-1 yang memiliki 1 core tambahan dengan kecepatan 500 Mhz, Tegra 3 T30L ini juga dibekali GPU NVIDIA GeForce ULP dengan 12-core serta RAM-nya mencapai 1 GB. Ada dua opsi internal storage, 8 dan 16 GB, serta semuanya hanya dilengkapi koneksi Wi-Fi a/b/g/n, tidak ada yang 3G .

Google Resmikan Android 4.1 Kacang Jeli, Ajukan Nexus 7 Sebagai Duta

Secara kinerja Tegra 3 T30L setara dengan tablet sejenis yang juga mengadopsi chipset sama. Mereka antara lain Microsoft Surface Tablet 64GB (yang baru dirilis September 2012), Acer Iconia Tab A210 WiFi 16GB, Acer Iconia Tab A701 64GB, Acer Iconia Tab A110 8GB (ketiganya baru dirilis Juli 2012), lalu Acer Iconia Tab A700 32GB yang sudah muncul awal Juni 2012 lalu, dan Asus Transformer Pad 300 yang sudah meluncur April 2012 lalu.

Google Resmikan Android 4.1 Kacang Jeli, Ajukan Nexus 7 Sebagai Duta

Layar Google Nexus 7 ini menggunakan bahan IPS dengan sudut pandangan 178 derajat, serta resolusi 1280×800 pixel. Kamera depannya diketahui 1.2 megapixel, dan memang hanya memiliki kamera depan itu saja. Juga disebutkan jika tablet yang sudah dibekali chip near field communication / NFC untuk mengakomodasi penggunaan Google Wallet (mungkin hanya bisa dimanfaatkan di US) ini, memiliki baterai yang mampu bekerja hingga 9 jam non-stop. Google sendiri bakal mengambil alih kewajiban memberikan update software untuk tablet ini, sehingga jika ada update Android baru nantinya bakal lebih cepat diterima, karena ditangani langsung oleh Google. Mengenai harga, untuk yang 8GB bakal dijual US $199 dan yang 16GB sekitar US $249.

Google Resmikan Android 4.1 Kacang Jeli, Ajukan Nexus 7 Sebagai Duta[/caption]

Sebelumnya kami juga menyebutkan kenapa Google memilih Asus sebagai partner, karena memang Google Nexus 7 ini diadaptasi dari Eee Pad MeMO 370T... tablet murah Asus yang memang dibuat untuk menandingi kedigjayaan Amazon dengan Kindle Fire mereka, yang masih menjadi penguasa pasar tablet untuk kelas Android. Dan tablet ini seakan menjadi kartu truft Google untuk menghadapi Apple yang awal Juni 2012 lalu mengkonfirmasikan iOS 6, serta Microsoft yang baru saja menemukan jati diri dengan Surface.

Namun di sini yang menjadi target utama adalah Kindle Fire. Dibandingkan langsung, Google Nexus unggul, namun masih perlu dibuktikan apakah mampu menggeser dominasi Kindle Fire yang sudah identik sebagai tablet paling worthed dengan harga $200!

Sumber: Google Plus 1 & 2 , target="_blank">YouTube.

Artikel terkait

Latest