Smartphone HTC, LG dan Samsung Juga Kebagian Update Android Marshmallow

Pengguna Samsung Galaxy, LG G Series dan HTC One, siap-siap ya mendapatkan notif untuk update ke Android Marshmallow!

Smartphone HTC, LG dan Samsung Juga Kebagian Update Android Marshmallow

Smartphone HTC, LG dan Samsung Juga Kebagian Update Android Marshmallow

[read_more id="225947"]

Google resmi mengkonfirmasikan Android 6.0 Marshmallow pertengahan Agustus 2015 lalu, dan yang dipastikan mendapatkannya terlebih dahulu adalah keluarga Android-nya Google, yaitu Nexus. Dua Nexus terbaru Google, Nexus 6P dari Huawei dan Nexus 5X dari LG juga telah diluncurkan akhir September kemarin, dan keduanya langsung hadir di pasaran menjalankan OS Android paling canggih tersebut. Sedangkan untuk keluarga Nexus lainnya, yang Smartphone HTC, LG dan Samsung Juga Kebagian Update Android Marshmallow

[read_more link="https://static.duniaku.net/2015/10/Android-Marshmallow-6.jpg">Smartphone HTC, LG dan Samsung Juga Kebagian Update Android Marshmallow

Sedangkan untuk Samsung, kami mendapatkan informasi melalui operator Amerika T-Mobile, Galaxy apa saja yang bakal mendapatkan update Android Marshmallow. Memang seperti LG, Samsung belum memberikan keterangan resmi. Namun keterangan operator seluler biasanya cukup valid apalagi jika itu juga mereka posting melalui laman resminya. Menurut T-Mobile, Galaxy Samsung yang bakal mendapatkan update Android Marshmallow antara lain sebagai berikut:

  • Smartphone HTC, LG dan Samsung Juga Kebagian Update Android Marshmallow

    Android Marshmallow bakal menawarkan fitur baru, seperti mode penghematan baterai yang lebih baik, yang disebut Doze serta manajemen App Standby. Skema manajemen tenaga tersebut aktif saat kalian menggunakan Android dengan tenaga baterai, dan fungsinya mengurangi aktivitas aplikasi di background ketika sensor gerakan Android tersebut mendeteksi jika sensornya tidak sedang digunakan oleh pengguna (atau singkatnya, ketika OS mendeteksi kalian tidak menggunakannya, maka langsung masuk ke kondisi low-power). Selain itu, dalam kondisi tersebut, konektivitas melalui GSM dan proses di background juga dibatasi, hanya notifikasi yang prioritasnya tinggi saja yang diproses.

    Smartphone HTC, LG dan Samsung Juga Kebagian Update Android Marshmallow

    Versi baru Android ini mendesain ulang perijinan dalam OS Android, dan kini hanya ada 8 kategori permission, dan aplikasi kini juga tidak lagi otomatis mendapatkan ijin pada permission tertentu selama kalian meng-installnya. Ya, memang opsi notifikasi agar kita bisa memilih permission apa saja yang diberikan selama meng-install aplikasi sudah banyak diterapkan vendor smartphone Android melalui software racikan mereka sendiri. Namun kini Google membuatnya menjadi fungsi dasar Android Masrhmallow. Google menerapkan opsi dalam sistemnya, sehingga kalian mendapatkan opsi system, dimana kalian bisa memberikan atau menolak aplikasi mendapatkan ijin menggunakan fitur tertentu dari Android.

    Smartphone HTC, LG dan Samsung Juga Kebagian Update Android Marshmallow

    Mengenai sensor sidik jari, Android Marshmallow memberikan dukungan bawaan untuk pengenalan sidik jari, memungkinkan kalian menggunakan fingerprint untuk membuka kunci perangkat Android yang memang memiliki sensor tersebut, dan bisa juga digunakan sebagai otentikasi pembelian melalui Play Store and Android Pay. Google pun menyediakan API standar agar developer bisa mengimplementasikan otentikasi berbasis fingerprint untuk aplikasi mereka.

    Android Marshmallow juga mendukung pengoperasian USB Type-C, termasuk itu kemampuan untuk memerintahkan perangkat yang memiliki USB Type-C untuk men-charge perangkat lainnya melalui USB. Dan terakhir, yang masuk dalam standar keamanan Android Marshmallow, kini dikenalkan “verified links” yang bisa dikonfigurasi agar langsung terbuka melalui aplikasi yang memang sudah kalian atur sebelumnya, tanpa perlu meminta persetujuan penggunanya lagi, untuk menghemat waktu.

Review

Latest