Benchmark GTX 1170 Bocor! Hoax atau Bukan?

Lebih kencang dari GTX 1080 Ti! Eh tunggu sebentar, ini bocoran asli atau hoax sih?

Benchmark GTX 1170 Bocor! Hoax atau Bukan?

Masih penasaran dengan performa kartu grafis terbaru yang akan dirilis oleh Nvidia? Kali ini, sebuah bocoran datang dari sebuah forum di Polandia. Dari foto yang dipertanyakan, terlihat hasil benchmark GTX 1170 yang disebut-sebut sebagai "GTX 1080 Ti Killer".

Dengan sebegitu banyaknya rumor mengenai lini kartu grafis terbaru milik Nvidia, pengguna mulai selektif dalam menjaring berita. Pasalnya, banyak sekali bocoran yang meragukan yang datang dari sumber asal-asalan, dan ada juga yang merupakan bocoran kredibel.

Banyaknya bocoran-bocoran yang bertebaran tentu sudah dianggap wajar mengingat kartu grafis merupakan salah satu dapur pacu penting dalam segmen gaming. Ditambah lagi, topik yang dibicarakan merupakan lini terbaru milik Nvidia yang masih hangat dibicarakan oleh netizen.

Dilansir dari Wccftech, penemuan ini berasal dari sebuah forum di negeri Polandia. Dari forum tersebut, terlihat seorang user yang mengunggah sebuah foto yang menampilkan hasil dari 3DMark Firestrike.

Benchmark GTX 1170 Bocor! Hoax atau Bukan? Tangkapan yang berasal dari sebuah forum di Polandia, sumber: Wccftech.[/caption]

Menariknya, foto tersebut ternyata merupakan sebuah benchmark GTX 1170, kartu grafis terbaru yang hadir sebagai salah satu entri dari GTX 11 series.

Hasil yang didapat pun terlihat cukup menarik, dibekali dengan memory interface sebesar 256-bit dan memori sebanyak 16GB GDDR6, hasil benchmark GTX 1170 berhasil melampaui kartu grafis GTX 1080 Ti.

Clock speed yang dimiliki juga tercatat sangat tinggi dibandingkan kartu grafis sebelumnya yang ditenagai oleh Pascal maupun Volta. Bayangkan saja, kecepatan hingga 2,5Ghz berhasil tercatat sebagai kartu grafis dengan kecepatan tertinggi untuk para gamer.

Hasil yang ditampilkan dianggap meragukan oleh beberapa pengguna forum, termasuk pihak Wccftech sendiri. Pasalnya, 3DMark Firestrike mendeteksi kartu yang digunakan sebagai Nvidia Geforce GTX 1170 yang seharusnya tertulis sebagai Generic VGA.

Benchmark GTX 1170 Bocor! Hoax atau Bukan? Hasil benchmark yang didapatkan untuk GTX 1170, sumber: Wccftech.[/caption]

Ditambah lagi, pihak Wccftech juga telah mengkonfirmasikan bahwa hasil yang didapat dari sang GTX 1170 tidak dapat ditemukan pada database resmi milik 3DMark. Pertanyaannya, apakah hasil yang diunggah oleh pengguna ini asli atau ternyata dipalsukan agar viral?

Mengingat hasil seperti ini cukup mudah untuk dipalsukan terutama dengan menggunakan program seperti Adobe Photoshop, netizen diharapkan untuk berhati-hati dan tidak mudah termakan bocoran seperti ini.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU