Google Siapkan Hadiah 1,5 Juta Dolar untuk Penemu Bug Google Pixel

Hadiah besar untuk mencegah bug jatuh ke tangan hacker jahat

Google Siapkan Hadiah 1,5 Juta Dolar untuk Penemu Bug Google Pixel

Di era digital saat ini, keamanan dan privasi menjadi hal yang sangat penting. Informasi penting bisa dicari dan dicuri dengan satu klik saja.

Ketika semua informasi penting itu tersimpan dalam sebuah ponsel, berbagai cara dan upaya dilakukan untuk membuat ponsel tersebut aman.

Perusahaan teknologi menciptakan berbagai teknologi canggih untuk mengamankan ponsel. Mulai dari scan sidik jari, scan wajah, hingga pelacak GPS untuk mengamankan informasi dalam ponsel. Meski demikian, tidak semua sistem sempurna. Karena itu, banyak perusahaan yang membayar orang untuk mencari celah keamanan tersebut.

1. Google siapkan hadiah beragam

Salah satu perusahaan yang siap mengucurkan uang untuk keamanan adalah Google. Mereka mempersiapkan uang yang sangat banyak bagi siapapun yang bisa menemukan celah keamanan di ponsel Google Pixel buatan mereka.

Google menyiapkan hadiah uang bervariasi, mulai dari $200 ribu untuk bug-bug biasa, hingga 1,5 juta Dolar bagi yang menemukan celah dalam chip pengaman Titan M. Untuk bisa menebus hadiah tersebut, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi.

Baca Juga: Awas, Bug di Google Camera Buat Hacker Bisa Ambil Gambar dan Lokasimu!

2. Google menantang hacker mencari celah keamanan mereka

Kenapa Google (dan perusahaan teknologi lainnya) berani membayar uang banyak bagi para penemu bug ini? Alasannya lagi-lagi berhubungan dengan keamanan.

Dengan menjanjikan hadiah kepada para penemu bug, para perusahaan berharap sang penemu akan melaporkan hal tersebut kepada mereka dan tidak kepada para penjahat. Tentunya akan sangat berbahaya jika celah keamanan ini jatuh ke tangan yang salah sehingga akan lebih baik jika bug tersebut diperbaiki oleh yang berwenang.

3. Ada pasar gelap yang menjual titik lemah gadget

Google Siapkan Hadiah 1,5 Juta Dolar untuk Penemu Bug Google Pixelcnbc.com

Meski demikian, banyak pengamat yang memandang skeptis langkah Google ini. Alasannya, para penjahat juga siap membeli celah keamanan ini dengan harga yang tak kalah kompetitif.

"Sebagaimana Apple yang menaikkan hadiah untuk para penemu bug menjadi $1 juta, keputusan Google ini tidak akan bisa bersaing dengan pasar gelap yang juga bisa menaikkan harga mereka," ungkap Katie Moussouris, chief executive dari Luta Security.

Gimana, apa kamu tertarik mencari bug di Google Pixel sebelum keduluan para hacker?

Baca Juga: Ahli Keamanan Cyber Inggris, Sulap Charger Apple Jadi Sarang Virus

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU