Valve Konfirmasikan Kehadiran Keluarga Konsol Baru, Steam Box!

Setelah Nvidia dengan Project Shield, kali ini giliran Valve yang unjuk gigi dengan memamerkan prototype Steam Box-nya di arena CES 2013. Apa sih sebenarnya Steam Box? Simak detail selengkapnya dalam artikel ini!

Valve Konfirmasikan Kehadiran Keluarga Konsol Baru, Steam Box!

Valve Konfirmasikan Kehadiran Keluarga Konsol Baru, Steam Box!

Gong Consumer Electronic Show (CES) 2013 akhirnya ditabuh semalam, dan masing-masing exhibitor pun mulai menunjukkan kekuatan mereka masing-masing dalam perhelatan kali ini. Tak terkecuali dengan kemunculan konsol atau handheld game baru. Memang, kehadiran konsol atau handheld baru ini bukan dari tiga nama besar di industri tersebut (Sony, Microsoft, atau Nintendo) namun kehadiran nama-nama baru seperti Nvidia dengan Project Shield-nya cukup menarik untuk diikuti.

Kali ini giliran Valve yang unjuk gigi dengan konsol barunya. Bekerja sama dengan Xi3 Corporation, mereka menunjukkan sebuah prototype konsol baru yang mereka sebut dengan "Computer Game System" atau yang mungkin lebih familiar dengan Steam Box. Rumor pengembangan konsol ini sendiri sebenarnya sudah mulai beredar tahun lalu, dan di akhir tahun rumor semakin menguat setelah ditemukannya sebuah lowongan pekerjaan di posisi “Industrial Designer” yang sepertinya menunjuk pada desainer sebuah platform hardware game baru. Pada akhirnya, di CES 2013 ini mereka menunjukkan prototype dari hardware ini.

Valve Konfirmasikan Kehadiran Keluarga Konsol Baru, Steam Box!

Steam Box akan mendukung secara penuh penggunaan platform Steam termasuk beberapa fitur di dalamnya seperti Big Picture. Steam Box sendiri bukan nama dari satu hardware saja, melainkan nantinya akan banyak Steam Box lain yang dikembangkan Valve bekerja sama dengan pengembang lainnya. Untuk yang bekerja sama dengan Xi3 Corporation ini sendiri, Steam Box diberi kode Piston, dan Piston inilah yang dipamerkan selama ajang CES 2013 ini. Menurut Gabe Newell CEO dari Valve, mereka nantinya akan membuat Steam Box milik mereka sendiri yang menggunakan platform Linux. "Konsol tersebut akan menggunakan Linux, dan jika kamu ingin meng-install Windows, kamu bisa melakukannya," ungkap Gabe Newell seperti yang dikutip dari Polygon.

Untuk Steam Box yang menjadi milik Valve sendiri, mereka beri kode Bigfoot. Dalam interview-nya bersama dengan The Verge, Newell mengungkapkan bahwa Bigfoot ini tidak hanya bertindak sebagai PC, melainkan juga bisa menjadi server yang bisa mengakomodasi delapan televisi dan delapan kontroler secara bersamaan. Untuk kontroler-nya sendiri, Bigfoot tidak menggunakan fitur motion control. Namun sebagai gantinya, mereka mengkonfirmasikan penggunaan feedback biometrik seperti tatapan mata sebagai salah satu fitur utamanya.

Valve Konfirmasikan Kehadiran Keluarga Konsol Baru, Steam Box!

Lebih lanjut, dalam konfirmasi ini Valve juga menginginkan para gamer untuk berpartisipasi dalam membuat Steam Store milik mereka sendiri. "Beberapa orang akan membuat store milik tim mereka, beberapa orang akan membuat store game-game Sony, beberapa orang akan membuat store dengan game-game yang menurut mereka bagus. Namun ada juga beberapa orang yang nantinya akan membuat store yang berisi game-game terjelek yang ada di Steam. Jadi, itulah yang mendasari pemikiran kita untuk menerapkan fitur baru ini," ungkap Newell lebih lanjut.

Sekarang kita tinggalkan dulu Bigfoot, dan menyimak bagaimana spesifikasi Piston yang ditampilkan selama CES 2013 ini. Untuk mengintip spesifikasi lengkapnya, simak di halaman berikutnya.

Valve Konfirmasikan Kehadiran Keluarga Konsol Baru, Steam Box!

Tahun lalu, Xi3 sempat menampilkan sebuah proyek komputer modular di Kickstarter. Siapa sangka, akhirnya proyek tersebut mendapat dukungan penuh dari Valve, dan akhirnya diwujudkan dalam bentuk Piston yang menjadi Steam Box pertama ini. Piston diklaim bisa menjalankan platform Steam dengan baik, sekaligus dengan mode Big Picture yang dimilikinya. Piston dipersenjatai dengan Quad Core AMD APU, yang sepertinya berasal dari seri AMD Fusion (yang belum dikonfirmasikan berapa kecepatannya). Spesifikasi lain yang berhasil terkuak adalah Piston bisa mengakomodasi storage hingga 1 TB dan juga memiliki konsumsi daya yang sangat rendah, 40 Watt. Kamu bisa menyimak detail desain dari Piston ini, termasuk port apa saja yang disediakan lewat foto-foto yang dirilis Engadget berikut ini.

[nggallery id=299]

Karena menggunakan sistem modular, maka hardware ini di masa depan bisa kamu upgrade dengan komponen baru yang lebih canggih yang diperkenalkan oleh Valve. Piston dibungkus dengan casing aluminium yang diklaim Xi3 Corporation tahan panas dan aman jika dipegang saat digunakan. Founder dan CEO dari Xi3, Jason Sullivan pun sangat antusias dengan proyek Piston ini. "Hari ini menandai era baru untuk Xi3," ungkapnya seperti yang dikutip dari Siliconera. "Pengembangan produk baru ini akan membuat user bisa mendapatkan manfaat yang penuh dari TV HD mereka untuk pengalaman bermain game, " ungkapnya lebih lanjut.

Sayang detail spesifikasi lain masih belum diungkap baik oleh Valve maupun dari pihak Xi3. Namun, mengingat CES 2013 yang baru berjalan satu hari, tentu kita berharap dalam beberapa hari ke depan, mereka akan mengkonfirmasikan detail lain, atau bahkan memberikan demo bagaimana kemampuannya saat menjalankan platform Steam termasuk game-nya.

[Sumber: TheVerge , Siliconera , Engadget]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU